7 Tanda Karyawan Anda Stres

Back to Blog
KARYAONE - 7 Tanda Karyawan Anda Stres

Stres merupakan permasalahan karyawan yang harus segera ditemukan solusinya oleh tim HR di sebuah perusahaan. Pasalnya, salah satu penyebab perusahaan Anda tak bisa produktif adalah karyawan yang stres.

Sebelum terlambat, ada baiknya jika Anda mulai mengenali gejala stres mereka sebelum terlambat agar perusahaan Anda bisa tetap maju. Berikut 7 tanda bahwa karyawan Anda stres!
Sulit berkonsentrasi

Umumnya, karyawan yang merasa tertekan dengan pekerjaan yang harus diselesaikan lebih sulit berkonsentrasi terlebih dalam jangka waktu yang cukup panjang. Hal ini menyebabkan otak dan tubuh tidak fokus saat melakukan berbagai hal, bahkan jika semakin parah karyawan Anda justru akan melakukan kesalahan pada pekerjaan yang tergolong mudah.

Untuk mengatasi stress, coba ajaklah karyawan tersebut berbicara dari ke hati agar beban pikirannya bisa terlepaskan.

Mudah merasa lelah

Stres terhadap beban atau tanggung jawab kerja yang terlalu tinggi membuat karyawan Anda mudah merasa letih sekalipun tidak melakukan aktivitas berat. Hal tersebut terjadi karena mereka merasa kelelahan secara emosional.

Tak jarang karyawan tersebut jatuh sakit dan mengajukan cuti sehingga mempengaruhi produktivitas perusahaan Anda sendiri. Mulai dari sekarang cobalah untuk membagi tugas dengan baik dan bijaksana agar beban tidak hanya dipikul oleh satu karyawan saja.

Cepat tersulut emosinya

Di saat merasa tertekan seseorang akan lebih cepat marah, bahkan untuk hal-hal sepele. Termasuk karyawan Anda yang tengah mengalami stres. Mereka akan lebih mudah tersulut emosinya dan terlibat konflik dengan rekan kerja atau bahkan atasannya.

Baca juga:  Persiapan Pensiun: 12 Cara Menghadapi Masa Pensiun

Selain itu, karyawan Anda pun menjadi cepat tersinggung dan sering menyalahkan orang lain atas segala sesuatu yang buruk menimpa dirinya.

Menunjukkan sikap pesimis

Selain sering menyalahkan orang lain, karyawan di perusahaan Anda yang sedang stres berat terhadap karir ternyata juga kerap meragukan diri sendiri. Sikap pesimis tersebut diakibatkan oleh rasa tertekan yang perlahan mengikis rasa percaya diri atas kemampuan pribadi.

Persaingan bukan lagi sesuatu yang menarik untuk karyawan tersebut. Tentu saja, Anda harus segera bertindak dengan memotivasi karyawan ini agar dapat bangkit dan kembali menemukan rasa percaya dirinya.

Selalu berprasangka buruk

Sikap pesimis yang ditunjukkan oleh karyawan Anda yang stress biasanya dibarengi dengan prasangka-prasangka buruk. Hal ini terlihat dimana karyawan tersebut bersikap terlalu sinis terhadap segala sesuatu, termasuk rekan kerja dan atasan, yang mendekatkan diri padanya.

Dikutip dari situs Dailyworth, prasangka buruk tentu harus ‘disembuhkan’ karena bisa merusak reputasi serta kepercayaan terhadap perusahaan dan tim yang ada di dalamnya.

Mendapat keluhan dari karyawan lain

Mungkin Anda kurang peka dan tidak bisa melihat langsung tanda-tanda karyawan yang sedang stres. Namun, Anda bisa saja mendengar keluhan dari karyawan yang lain. Jika ada seseorang yang tidak melakukan tugas dengan baik, maka akan berimbas pada kerja tim.

Baca juga:  Cara Mengatur Waktu Agar Lebih Produktif Bekerja

Hal ini bisa dirasakan oleh semua karyawan yang ada di dalam satu divisi. Bahkan beberapa orang mengeluh karena mendapat tugas yang seharusnya menjadi pekerjaan orang lain.

Apabila ada pengaduan terkait perilaku buruk karyawan lain, Anda bisa menggunakannya sebagai dasar penyelidikan untuk menemukan kebenarannya pada staf lain atau memeriksa sendiri laporan hasil kerja karyawan yang bersangkutan.

Mengajukan pengunduran diri

Puncak kejenuhan karyawan berada pada surat pengunduran diri yang dilayangkan di atas meja kerja Anda. Umumnya, hal ini terjadi ketika karyawan tersebut tak kunjung menemukan solusi atas beban pikiran yang menyerang dirinya dalam kurun waktu tertentu. Jika sudah begitu, Anda akan kesulitan untuk mencegahnya mengundurkan diri dari perusahaan.

Dengan mengenali tanda-tanda karyawan yang sedang stres di perusahaan, Anda dapat segera mencari jalan keluar dengan menyelesaikan permasalahan dari akarnya. Tidak sekadar menyelesaikan apa yang nampak di luar saja. Semoga bermanfaat!

Source : 7 Tanda Karyawan Stres karena Beban Pekerjaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog