Agar Para Milenial Bertahan Pada Perusahaan Anda

Back to Blog
KARYAONE - Agar Para Milenial Bertahan Pada Perusahaan Anda

Milenial dikenal sebagai generasi yang cukup mudah untuk berganti-ganti pekerjaan. Padahal generasi milenial ini punya banyak ide cemerlang yang dapat membantu Anda untuk berinovasi dalam berbisnis.

Sayangnya, sekalipun diberi gaji yang tinggi pun mereka terkadang memilih untuk pindah jika sudah merasa tidak nyaman. Agar perusahaan Anda tetap bisa mempertahankan para milenial ini, tips-tips berikut ini bisa membantu Anda.

Berikan kesempatan untuk mengembangkan diri

Sebanyak 87% karyawan milenial menilai bahwa kesempatan untuk mengembangkan diri demi kemajuan karier mereka secara pribadi merupakan hal yang menjadi pertimbangan terpenting dalam bekerja. Beberapa yang telah mendapat kesempatan tersebut, mengaku ingin bekerja di perusahaan tersebut setidaknya dalam satu hingga dua tahun ke depan.

Apabila perusahaan Anda masih kesulitan untuk memberi kesempatan belajar dan berkembang untuk para karyawan, maka cobalah untuk selalu melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan untuk strategi pemasaran yang akan dilakukan perusahaan.

Ide-ide segar dari mereka bisa jadi menguntungkan untuk perusahaan. Jangan ragu memberikan fasilitas pelatihan atau seminar yang dapat membuat mereka belajar dengan semakin baik.

Ciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan

Perlu diketahui jika generasi millennial tidak melulu memikirkan persoalan gaji untuk bertahan di sebuah perusahaan, kenyamanan serta lingkungan kerja yang menyenangkan bagi mereka justru menjadi dasar keputusan mereka untuk bertahan pada perusahaan Anda.

Baca juga:  Cara Menghitung ROI dari Sistem Payroll Anda

Umumnya, mereka yang sudah merasa nyaman dengan lingkungan kerja tersebut akan sulit berpindah hati dan membuktikan loyalitasnya bagi perusahaan tersebut.

Anda dapat menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan dengan menyediakan fasilitas ruang bermain, ruang bersantai dan juga desain ruang kerja yang terbuka yang nyaman. Jika ada kelebihan anggaran dana, Anda bisa mengajak mereka untuk berwisata atau sekadar outbond di di taman kota yang dekat dengan perusahaan.

Tawarkan fleksibilitas waktu kerja

Bukan berarti Anda membiarkan karyawan untuk tidak disiplin dalam bekerja, namun fleksibilitas waktu kerja ini justru mengacu pada jam kerja yang fleksibel agar mereka mampu terus mengembangkan dirinya di luar bidang pekerjaan, entah untuk berseni, atau melakukan kegiatan-kegiatan lain yang membuat mereka jauh dari kebosanan sehingga tetap produktif.

Tawaran ini biasanya hanya ditemukan pada perusahaan Startup. Beberapa perusahaan Startup bahkan tidak mengatur jam masuk dan pulang kerja, atau memberikan fasilitas work remotely beberapa waktu dalam satu bulan. Meski gaji tidak begitu besar, namun waktu kerja yang fleksibel menjadi highlight bagi para karyawan millennial.

Punya visi dan misi yang jelas

Karyawan millennial tergolong orang-orang yang visioner sehingga segala sesuatu yang dikerjakan haruslah berpusat pada tujuan yang jelas. Untuk itu sudah seharusnya perusahaan memiliki visi dan misi yang jelas sehingga karyawan millennial tidak kesulitan saat beradaptasi dengan sistem kerja yang berlaku di perusahaan Anda.

Baca juga:  Cara Memilih Aplikasi Penggajian untuk UKM

Bahkan, 71% karyawan millennial yang memahami tujuan perusahaan merasa ingin bertahan di pekerjaan sekarang setidaknya selama dua tahun ke depan.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar karyawan millennial bertahan pada perusahaan Anda untuk waktu yang cukup lama. Ingat, tidak semua karyawan millennial memiliki sikap ‘kutu loncat’ yang memiliki kecenderungan untuk meninggalkan perusahaan dalam waktu singkat.

Semua keputusannya bergantung dari bagaimana perusahaan memberikan treatment untuk mereka. Semakin baik Anda memperlakukan karyawan millennial, maka mereka tidak segan untuk menunjukkan loyalitas yang lebih besar pada perusahaan.

Source : Millennials at work: five stereotypes – and why they are (mostly) wrong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog