Agribisnis: Pengertian dan Peluang Usaha di Indonesia

agribisnis adalah

Secara garis besar, agribisnis adalah aktivitas menghasilkan uang yang berhubungan dengan pertanian. Belakangan ini, istilah agribisnis mulai populer di masyarakat. Dari yang ingin membuka usaha hingga yang berniat mengambil jurusan agribisnis.

Anda ingin terjun di bidang agribisnis? Kuliah di jurusan agribisnis atau ingin langsung berbisnis. Dalam artikel ini akan belajar lebih detail mengenai agribisnis. Dengan demikian Anda bisa mengambil keputusan apakah agribisnis cocok sebagai masa depan Anda atau tidak.

Banner KaryaOne - Payroll Software Indonesia

Apa itu Agribisnis, Agrobisnis, Agroteknologi, Agroindustri?

Istilah pertanian yang mirip tapi berbeda ini memang membingungkan. Apa perbedaan antara keempat istilah tersebut? Mana yang paling memberikan manfaat untuk anda. Pengertian keempat istilah tsb dapat dilihat di bawah ini.

Agribisnis adalah…

Agribisnis atau agribusiness dalam bahasa Inggris, merupakan sebuah usaha di bidang budidaya dan pertanian yang memiliki tujuan komersial.

Dapat dikatakan, agribisnis adalah kegiatan ekonomi yang menggunakan cara pertanian.

Agribisnis juga dapat didefinisikan sebagai cara untuk menentukan strategi dalam mendapatkan keuntungan, tapi menggunakan metode pertanian.

Agrobisnis adalah…

perbedaan agribisnis vs agrobisnis

Kata agrobisnis merupakan sinonim dari agribisnis. Menurut collinsdictionary.com, agrobisnis merujuk pada macam-macam bentuk agribisnis, sedangkan agribisnis adalah berbagai macam bisnis yang memproses, mendistribusikan dan hal lainnya yang terkait dengan produk pertanian/peternakan.

Jadi, Anda dapat menggunakan kedua istilah itu untuk definisi kegiatan ekonomi yang terkait dengan pertanian. Meskipun demikian agribisnis lebih umum digunakan.

Agroteknologi adalah…

Teknologi yang digunakan untuk perkembangan agrikultur.  Agroteknologi lebih tentang cara, metode atau sistem bertani yang lebih baik, lebih cepat, lebih efisien dan lebih menguntungkan.

Agroindustri adalah…

Berdasarkan definisi dari dictionaty.cambridge.org agroindustri adalah bagian dari perekonomian yang terkait dengan pertanian. Secara sederhananya adalah industri pertanian. Beberapa hal yang termasuk didalamnya adalah para petani, importir/eksportir pertanian dan pabrik yang terkait dengan agrikultur.

Menjadi Lulusan Jurusan Agribisnis?

Agribisnis merupakan sektor yang mempengarui perekonomian. Saat ini agribisnis menjadi semakin populer. Orang-orang mulai memberikan perhatian lebih pada makanan organik. Hal ini tentunya meningkatkan kebutuhan akan lulusan agribisnis.

Agribisnis merupakan sektor yang mempengarui perekonomian. Saat ini agribisnis menjadi semakin populer. Orang-orang mulai memberikan perhatian lebih pada makanan organik. Hal ini tentunya meningkatkan kebutuhan akan lulusan agribisnis.

Apa skill yang akan Anda dapatkan setelah lulus urusan agribisnis?

1. Mengembangkan produk dan jasa baru di bidang pertanian
2. Cara meningkatkan keuntungan
3. Membuat rencana dan investasi agrikultur
4. Bekerja dengan alat analisa kuantitatif
5. Menyelesaikan masalah perencanaan dan pengelolaan yang terkait dengan agrikultur

Salah satu UN Sustainable Development Goals adalah Zero Hunger. Goal ini mencoba menangani masalah wasted food, kurangnya bantuan pada petani lokal, kekurangan gizi, memenuhi kebutuhan makanan di komunitas-komunitas yang lemah.

Sebagai lulusan agribisnis, Anda bisa bekerja di perusahaan agribisnis, menjadi pengusaha atau bekerja di NGO.

Jurusan agribisnis belajar apa?

Semua tentang bisnis pertanian/pangan, seperti ; perencanaan, pemasaran agrikultur, keuangan agrikultur, ekonomi lingkungan (efisiensi bisnis agrikultur tanpa memberikan efek negatif pada lingkungan), perdagangan agrikultur internasional.

Jika ingin belajar ke luar negeri, negara yang populer dengan jurusan agribisnisnya yaitu: Belanda, Italia, Australia, Amerika Serikat, Kanada.

Agar lebih tahu tentang bagaimana sebenarnya jurusan agribisnis di Indonesia, silahkan tonton video wawancara bedah jurusan manajemen agribisnis dari Event Hunter Indonesia sbb.

Peluang Usaha dari Agribisnis

Agribisnis sendiri memiliki dua komponen penting yaitu agrobisnis hulu dan agro-input. Kedua aspek ini mencakup aktivitas perencanaan produk, distribusi produksi usaha hasil pertanian, serta tenaga kerja yang dibutuhkan untuk terlibat di dalamnya.

Dengan demikian, sudah jelas ada peluang usaha dari aktivitas agribisnis. Ada produk hasil pertanian yang kemudian dijual kepada pihak lain, dengan melibatkan para pekerja. Di sinilah aktivitas ekonomi terjadi.

Jika dilakukan dengan benar dan tepat, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari kegiatan Agribisnis. Berikut adalah beberapa jenis usaha Agribisnis yang bisa Anda lakukan.

Sayuran Hidroponik

Anda tentu pernah mendengar istilah sayuran hidroponik. Sayuran hidroponik mengacu pada proses pembudidayaan tanaman secara mandiri.

Jika Anda terbiasa membeli sayuran di supermarket, Anda bisa perlahan meninggalkannya dengan menanam sendiri sayuran hidroponik.

Cukup menanam tanaman sayur yang mudah dirawat seperti bayam dan kangkung di pekarangan rumah.

Peluang bisnis juga ada pada budidaya sayuran hidroponik. Mengapa demikian? Sayuran hidroponik yang Anda tanam dan rawat sendiri akan memberikan jaminan keamanan. Ini berbeda dengan sayuran yang dijual bebas.

Ketidaktahuan apakah sayuran telah diberi bahan pengawet sehingga bisa bertahan lama, seringkali berhasil mengelabuhi para pembeli. Dengan menanam dan merawat sendiri, ada kepastian keamanan dari sayuran tersebut.

Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias kian digandrungi, karena semakin banyak peminatnya.

Jika Anda menyempatkan diri berkunjung ke pasar tanaman hias, Anda bisa memperkirakan berapa keuntungan yang akan didapat dari satu pot tanaman hias dengan tali penggantung.

Ini belum termasuk tanaman segara berukuran besar yang memiliki nilai jual sangat tinggi. Tertarik mencoba?

Obat Herbal

Masyarakat Indonesia masih memegang teguh prinsip tradisional yang kental. Salah satunya adalah dalam urusan pengobatan.

Pengobatan herbal saat ini masih dipercaya sebagian masyarakat nusantara sebagai metode penyembuhan. Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis yang satu ini.

Anda bisa menanam beberapa tanaman obat seperti jahe, jahe merah, kunyit, sampai temulawak. Tanaman-tanaman obat tersebut tidak memerlukan lahan yang luas.

Anda bisa menanamnya di pekarangan atau halaman rumah Anda. Rawat dengan baik, hingga buahnya dapat dijadikan instrumen peluang usaha.

Jika Anda memiliki pekarangan yang cukup luas, sudah pasti ini akan menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Penuhi lahan yang berada di depan atau belakang rumah Anda dengan berbagai tanaman obat. Selain untuk dijual, Anda bisa menggunakannya sendiri saat membutuhkan. Sangat bermanfaat, bukan?

Memulai Usaha Agribisnis

Setelah mengetahui definisi dari Agribisnis dan berbagai peluang usaha yang bisa didapat, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk berpikir mengambil keputusan.

Mulai lah membuka usaha dengan skala kecil, dan terus jaga konsistensi. Seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin Anda akan mendirikan perusahaan sendiri dari kegiatan Agribisnis yang dilakukan. Selamat mencoba!

Sumber : thebalancesmb.com

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *