10 Alasan Menjadi HRD Itu Menyenangkan

alasan menjadi hrd itu menyenangkan

Banyak orang bertanya mengapa ada orang yang ingin bekerja di bidang Human Resource (HR)? Di samping banyaknya tugas yang harus dikerjakan, menjadi seorang praktisi HR ternyata bisa membuat seseorang terus merasa semangat bekerja dan terlibat lebih jauh dengan keberhasilan perusahaan.

Setidaknya ada 10 alasan menjadi HRD adalah hal menyenangkan untuk dilakukan:

1. Banyak Hal yang Bisa Dilihat dan Dikerjakan

Selain banyaknya jenis tugas HRD, ada banyak hal menarik ketika Anda terjun dalam dunia HR. Salah satunya adalah menemui banyak orang (pelamar) dengan kepribadian dan budaya yang berbeda-beda. Anda bisa belajar hal-hal dan mengetahui informasi baru dari banyak sekali orang yang Anda temui.

2. Tidak Ada Hari yang Membosankan

Karena ada banyak hal baru yang bisa Anda temui dan rasakan setiap harinya dalam pekerjaan Anda, maka tidak ada hari yang membosankan di dunia HR.

3. Perkembangan yang Berkelanjutan

Semangat yang selalu dipegang erat oleh praktisi HR (dan praktisi lain tentunya) adalah perkembangan dan mengubah banyak hal menjadi lebih baik.

Hal itu termasuk perkembangan tim, proses perekrutan, perencanaan strategi, penggunaan teknologi terbaru HR dan sebagainya. Semua elemen tersebut selalu dinantikan untuk membawa perusahaan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca juga:  3 Cara Mempercepat Proses Rekrutmen Karyawan

4. Selalu Terjadi Perubahan (Positif)

Profesi sebagai HRD tidak pernah statis karena berurusan dengan banyak SDM dan sistem atau program yang saling mempengaruhi satu sama lain. Di samping itu, Anda harus ingat bahwa manusia (dalam hal ini SDM) adalah makhluk hidup yang dinamis dan selalu mengalami perubahan.

5. Bisa Menggunakan Teknologi HR Terbaru

Sebagai praktisi HR, Anda berkesempatan untuk menggunakan software atau aplikasi HR untuk mempermudah pekerjaan Anda. Selain membantu, penggunaan teknologi HR juga menarik untuk dilakukan karena Anda mempelajari sesuatu yang baru dan meninggalkan cara tradisional untuk mengelola karyawan.

6. Mempelajari Hal Baru Terkait HR Setiap Hari

Masalah di kantor, tugas baru, perkenalan dan penyesuaian dengan setiap karyawan yang baru masuk dan sebagainya merupakan hal-hal yang setiap waktunya yang dialami oleh divisi HR.

Setiap praktisi atau tim HRD harus dan akan mempelajari kasus, sistem atau program baru setiap waktunya terkait dunia HR.

7. Memberikan Timbal Balik Bagi Perusahaan

Walaupun tidak secara langsung memberikan timbal balik atau keuntungan bagi perusahaan seperti tim marketing, namun divisi HR merupakan salah satu aspek atau orang di balik layar suksesnya sebuah perusahaan.

Baca juga:  9 Skill Penting Human Resources Management

Merekalah yang memastikan perusahaan memiliki karyawan terbaik yang bisa membantu perusahaan mencapai tujuan.

8. Membantu Orang Lain

Divisi yang akan dicari ketika karyawan memiliki masalah (di bidang kepegawaian) adalah HRD. Di sinilah Anda bisa berperan untuk membantu setiap karyawan yang membutuhkan bantuan.

9. Inovasi

Tidak seperti inovasi lain yang biasanya membuat sesuatu, inovasi di sini diartikan dengan berpikir out of the box. Ketika tim HRD dihadapkan dengan berbagai macam kepentingan perekrutan, pemegang saham, permasalahan antara pegawai dan sebagainya, mereka harus berpikir kreatif dan berinovasi untuk mendapatkan solusi terbaik.

10. Masuk ke Dalam Dunia HR yang Lebih Besar

Tidak sedikit ada perkumpulan atau organisasi dan komunitas HR. Di sana, semua praktisi HR dapat bertemu dan berkumpul untuk saling berbagi cerita, pengalaman hingga mencari solusi akan masalah yang dihadapi masing-masing divisi HR perusahaan.

Sumber:
WorkOlogy: 10 Reasons Why I Love Being an HR Professional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *