Alasan Penting Mengapa Perusahaan Perlu Manajemen Kinerja

Back to Pos
alasan perlu manajemen kinerja (1)

Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan utama, baik itu dari segi keuntungan maupun tujuan pengembangan sumber daya manusia.

Maka dari itulah, perusahaan membutuhkan sebuah manajemen kinerja terpadu untuk melihat sejauh mana perusahaan berkembang sesuai yang telah ditargetkan.

Secara garis besar, jika dirangkum kembali, manajemen kinerja memiliki tiga tujuan utama. Berikut ketiganya yang perlu Anda ketahui sebagai seorang pimpinan perusahaan.

Banner KaryaOne - Software Talent Management Terbaik

Alasan Penting Mengapa Perusahaan Perlu Manajemen Kinerja

  • Sebagai Sarana Mencapai Langkah Strategis

Tujuan yang pertama adalah sebagai salah satu sarana untuk mencapai tujuan yang telah dibuat. Dalam mencapai tujuan, memang dibutuhkan sebuah langkah strategis.

Dengan adanya manajemen kinerja, pelaksanaan dan pencapaian target dapat dilakukan secara optimal. Sebab, dalam manajemen perusahaan, langkah strategis ini bisa diukur dari mengetahui perilaku karyawan, manajemen, dan berbagai faktor lain.

Dari sini, nantinya baik karyawan dan pimpinan perusahaan dapat melakukan evaluasi berdasarkan hasil umpan balik yang dilakukan.

  • Fungsi untuk Tujuan Administratif

Kedua, alasan perlu manajemen kinerja bagi sebuah perusahaan ialah untuk keperluan administratif. Bisa dibilang, permasalahan mengenai administratif ini memang bukanlah sesuatu yang mudah.

Hal tersebut dikarenakan sistem administratif melibatkan banyak aspek yang saling berhubungan di perusahaan.

Misalnya saja untuk mengkaji promosi yang dilakukan perusahaan atau isu penting lain seperti pemutusan hubungan kerja.

  • Sebagai Pengembangan Perusahaan

Tujuan ketiga dan alasan perlu manajemen kinerja ialah sebagai sarana dalam meningkatkan kapasitas kayawan. Terutama untuk karyawan yang memiliki potensi dan prestasi di bidang yang sedang dijalaninya.

Langkah ini bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan untuk pegawai yang memiliki kinerja kurang baik. Adanya manajemen kinerja ini dapat menjadi salah satu pedoman pengukuran pelaksanaan kinerja.

Manfaat Jika Menerapkan Manajemen Kinerja Pada Perusahaan

Selain hal-hal di atas, alasan perlu manajemen kinerja ialah perusahaan dapat memperoleh manfaat secara keseluruhan.

Manfaat tersebut dapat dirasakan oleh pimpinan perusahaan, karyawan, dan perusahaan itu sendiri. Berikut beberapa di antaranya.

  • Bagi Pimpinan Perusahaan

Bagi seorang pimpinan perusahaan, memiliki rencana strategis yang matang adalah hal penting. Namun, pengukuran rencana strategis membutuhkan sebuah manajemen kinerja yang sudah tersusun dengan baik.

Adapun tujuan manajemen kinerja tersebut bagi pimpinan perusahaan ialah membantu klasifikasi kinerja tim maupun individu.

Manajemen perusahaan juga bisa dijadikan sebagai upaya ketika memberikan penghargaan non-finansial kepada karyawan yang berprestasi.

Dengan demikian, rencana dan tujuan perusahaan dapat berjalan dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya dalam proses rekrutmen untuk menjaring karyawan sesuai dengan kriteria.

  • Manfaat dan Pentingnya Bagi Perusahaan

Manfaat dan alasan perlu manajemen kinerja yang kedua pada dasarnya memberikan manfaat bagi perusahaan. Salah satunya sebagai upaya perbaikan dalam pengembangan secara berkesinambungan. Manajemen kinerja juga berfungsi sebagai basis perencanaan karier bagi seorang karyawan.

Di sisi lain, perusahaan tentu tidak ingin kehilangan karyawan terbaiknya. Maka, dengan menerapkan manajemen kinerja yang tepat, ini bisa jadi landasan dalam mempertahankan karyawan berkualitas Anda dalam mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan.

  • Manfaat Dilihat dari Segi Pegawai

Manajemen kinerja sebenarnya juga memiliki manfaat penting bagi pegawai di kantor Anda. Manajemen kinerja memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh karyawan.

Adanya kriteria tersebut membuat para karyawan lebih fokus. Selain itu juga membantu mengembangkan kinerja maupun kemampuan karyawan.

Setidaknya itulah alasan perlu manajemen kinerja bagi sebuah perusahaan. Bisa disimpulkan jika manajemen kinerja memberikan dampak yang cukup besar tidak hanya dari segi keuangan saja, melainkan juga dari segi sumber daya manusia.

Referensi : Mckinsey

____________

KaryaOne adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos