Apa itu Analisis SWOT dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Analisis SWOT adalah sebuah model analisis yang bisa membantu Anda menyusun strategi bisnis berdasarkan kondisi internal dan eksternal perusahaan.

Dalam menjalankan bisnis, tentunya analisa SWOT digunakan untuk menyusun strategi agar perusahaan dapat mencapai tujuannya.

Setelah membaca artikel ini Anda akan memahami pengertian analisa SWOT, cara mengidentifikasi SWOT dan teknis cara melakukan analisa SWOT bersama tim kerja Anda.

Pengertian Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats)

Analisis SWOT merupakan teknik perencanaan strategi yang membantu perusahaan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perusahaan, peluang dan tantangan yang harus dihadapi perusahaan.

Bagaimana secara teknis melakukan analisa SWOT?

Sederhananya ada 4 hal yang perlu Anda cari saat melakukan analisa SWOT yaitu strength, weakness, opportunity dan  threat.  Penjelasan keempat hal tsb. adalah sbb.

 

banner_karyaone

Apa itu strength dan bagaimana cara mengidentifikasinya?

Strength adalah kelebihan atau kekuatan yang dimiliki perusahaan. Misalnya perusahaan frozen food A memiliki kelebihan di produk lele fillet bekunya, sedangkan perusahaan frozen B memiliki kelebihan di cara promosinya.

Kelebihan perusahaan dapat dilihat dari berbagai sisi, seperti produk, harga, budaya perusahaan, lokasi, modal, teknologi  dan brand perusahaan.

Untuk memudahkan, silahkan lihat beberapa contoh pertanyaan di bawah ini sebagai panduan.

– Apa kekuatan yang dimiliki oleh bisnis Anda?
– Apa yang bisa dilihat dari pasar Anda sebagai kekuatan Anda?
– Apa yang Anda lakukan supaya bisa lebih baik daripada orang lain?
– Apa faktor yang bisa membuat Anda memperoleh penjualan yang baik?
– Sumber daya unik atau berbiaya rendah seperti apa yang bisa Anda dapatkan, yang orang lain tidak bisa mendapatkannya?

Contoh-contoh pertanyaan di atas bisa mendapatkan jawaban atas kekuatan yang Anda miliki. Selain itu, Anda tidak hanya melihat kekuatan dari sudut pandang perusahaan/pribadi saja, tapi coba lihat juga sudut pandang pelanggan dan orang-orang yang ada di pasar Anda.

Ketika Anda bingung untuk menyebutkan kekuatan apa yang dimiliki, boleh menulis beberapa karakteristik perusahaan Anda sehingga di antaranya ada yang bisa masuk sebagai kekuatan. Jangan lupa kaitkan kekuatan ini dengan pesaing Anda sehingga menjadi pembeda.

Apa itu weakness dan bagaimana cara mengidentifikasinya?

Weakness adalah kekurangan perusahaan, hal yang membuat perusahaan terhambat untuk maju. Contohnya yaitu kurangnya modal, kurang SDM, variasi produk masih sedikit, bisnis baru yang belum memiliki kekuatan brand.

Sama halnya seperti strength, kekurangan perusahaan bisa dilihat dari berbagai sisi. Jika Anda bingung, Anda bisa menggunakan contoh-contoh pertanyaan di bawah ini untuk mengidentifikasi weakness perusahaan.

– Apa saja yang bisa Anda perbaiki?
– Apa yang seharusnya Anda hindari?
– Faktor-faktor apa saja yang bisa membuat Anda kehilangan penjualan?
– Apa yang mungkin dilihat orang lain sebagai kelemahan dalam pasar Anda?

Jangan lupa, tetap melihat kelemahan dari sudut pandang perusahaan dan juga pihak di luar perusahaan (pesaing ataupun konsumen).

Tapi Anda juga harus tetap berpikir realistis sejak dini karena lebih baik menghadapi kebenaran sesegera mungkin walaupun itu adalah sesuatu hal yang buruk.

 

Apa itu opportunities dan bagaimana cara mengidentifikasinya?

Peluang merupakan hal-hal di luar perusahaan yang dapat membantu perusahaan menjual lebih banyak. Hal yang Anda lihat lebih banyak. Ini membutuhkan wawasan, dan kepekaan Anda. Beberapa pertanyaan berikut dapat membantu Anda menemukan peluang:

– Masalah apa yang dihadapi oleh masyarakat sekarang ini?

– Tren menarik apa yang Anda ketahui dan bisa dimanfaatkan?

– Apa solusi yang bisa Anda tawarkan untuk mengurangi jarak antara apa yang dicari masyarakat dengan produk yang tersedia sekarang ini?

Selain itu, beberapa peluang bagus juga bisa hadir dari beberapa hal sebagai berikut:

– Perubahan teknologi dan pasar, bisa dalam skala luas dan sempit.
– Perubahan kebijakan pemerintah yang terkait dengan bidang Anda.
– Perubahan kehidupan sosial, populasi, gaya hidup dan lainnya.
– Peristiwa lokal yang bisa membantu perusahaan Anda.

 

Apa itu threats dan bagaimana cara mengidentifikasinya?

Tantangan adalah hal-hal eksternal yang menghambat kemajuan perusahaan.  Hal-hal ini bisa berupa regulasi pemerintah yang baru, perubahan gaya hidup dan value masyarakat hingga kondisi politik negara.

Ini beberapa pertanyan yang dapat membantu Anda mengidentifikasi tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan.

– Masalah apa saja yang Anda hadapi?
– Langkah-langkah apa yang bisa dilakukan oleh pesaing Anda?
– Apakah ada perubahan dalam kualitas, pekerjaan, produk, atau layanan Anda?
– Apakah perubahan teknologi bisa mengancam posisi Anda?
– Apakah Anda memiliki utang atau masalah keuangan?
– Apakah kelemahan Anda bisa mengancam bisnis secara serius?

Keempat hal di atas bisa disebut saling berkesinambungan. Jadi, Anda bisa mencari cara bagaimana kekuatan Anda bisa membuka peluang. Begitu juga Anda bisa melihat apakah kelemahan yang ada bisa membuka peluang dengan cara menghilangkan kelemahan itu.

Dan dalam perusahaan, masalah kepegawaian juga merupakan suatu hal yang terkadang menyulitkan sekaligus membingungkan. Ketika Anda tidak bisa menghadirkan sebuah sistem yang baik, maka akan muncul masalah-masalah yang menyangkut pegawai sehingga merugikan Anda.

 

Cara Melakukan Analisa SWOT dalam Tim Kerja

Bagaimana membuat analisis SWOT dengan baik bersama Tim Kerja Anda?

Ajak sekelompok pihak yang memiliki perspektif berbeda tapi memiliki kepentingan yang sama di perusahaan Anda untuk melakukan brainstorming. Contohnya departemen penjualan, departemen pemasaran dan departemen operasional.

Dengan menyatukan tim ini dan Anda akan mendorong partisipasi mereka sehingga perusahaan akan mendapatkan hasil yang lebih menyeluruh.

Dalam diskusi tersebut, identifikasi faktor-faktor di masing-masing dari empat kategori SWOT.  Saat tim Anda berusaha mengisi setiap kategori, biarkan setiap anggota menyampaikan sudut pandangnya terlebih dahulu tanpa difilter.

Setelah selesai, pilih pandangan analisis SWOT yang diprioritaskan, dengan mencantumkan faktor-faktor di setiap kategori dalam urutan prioritas tertinggi di atas hingga prioritas terendah di bagian bawah.

Tonton juga video berikut dari Inti Jasa Kreatif untuk penjelasan tentang analisis SWOT

Mandegnya kinerja perusahaan, kerugian yang menghantam perusahaan, dan pesaing yang semakin maju pesat harusnya tidak akan terjadi ketika Anda menggunakan KaryaOne, software HR yang bisa memudahkan Anda dalam mengatur segala macam urusan mengenai kepegawaian. Dengan manajemen sistem yang baik, permasalahan gaji, BPJS serta PPh 21, absensi, perhitungan lembur, serta jalur karier yang bisa KaryaOne nilai, membuat software ini wajib Anda gunakan demi memperlancar perusahaan Anda dalam meraih target yang diinginkan.

Sumber : Mindtools.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *