Apa Itu HRIS (Human Resource Information System)?

apa itu hris

HRIS (Human Resource Information System) dapat dilihat sebagai sebuah cara untuk menyelesaikan beragam aktivitas bisnis termasuk pengelolaan SDM, absensi hingga payroll melalui perangkat lunak (software).

Dengan HRIS, perusahaan dapat menekan biaya administrasi SDM sekecil mungkin dan mengelolanya tanpa repot, tanpa memerlukan banyak staff HRD (Human Resource Development) dalam perusahan.

Apa itu HRIS?

HRIS atau sistem manajemen sumber daya manusia (SDM) adalah hubungan antara SDM dan teknologi informasi yang disatukan melalui perangkat lunak atau aplikasi HR, seperti KaryaONE.

Hal ini memungkinkan HRD untuk menyederhanakan proses administrasi SDM dan pengelolaan absensi serta penggajian karyawan secara sistematis dan digital.

Solusi yang Ditawarkan Sistem HRIS

Ada sejumlah solusi yang ditawarkan kepada perusahaan yang mengadopsi HRIS. Diantaranya adalah mengenai absensi, manajemen cuti atau izin, pendataan karyawan dan juga penggajian (payroll).

Mayoritas sistem HRIS akan menampilkan database yang terintegrasi dengan berbagai fitur yang tersedia. Idealnya, sistem HRIS akan menyertakan pilihan untuk menganalisis informasi atau membuat laporan dengan cepat dan akurat.

Melalui keuntungan efisiensi yang diberikan oleh sistem HRIS, tim HRD bisa memiliki lebih banyak waktu mengerjakan banyak tugas lainnya selain pengelolaan administrasi karyawan.

Baca juga:  4 Tanda Karyawan Akan Segera Resign dari Pekerjaan

Sistem HRIS juga memungkinkan karyawan untuk mengajukan izin atau cuti kepada atasan tanpa perlu lagi mengisi formulir kertas.

Proses pengajuan bisa dilakukan kapanpun dan di mana pun melalui sistem yang terhubung ke jaringan internet. Atasan kemudian bisa memberikan respon, baik menerima atau menolak pengajuan itu secara langsung dari sistem.

Manajemen SDM dan Payroll

Ketika sebuah perusahaan menggunakan sistem atau aplikasi HRIS, secara langsung perusahaan tersebut mampu mengerjakan dua tugas utama dengan sangat mudah, yaitu mengatur administrasi HRD dan penggajian karyawan.

Produktivitas perusahaan akan meningkat, mulai dari pengalaman, talenta dan kemampuan yang dimiliki oleh semua karyawan.

Fitur Populer HRIS

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh penyedia sistem HRIS. Dalam hal ini, Software HR Indonesia, KaryaONE, memiliki beberapa fitur unggulan seperti fitur manajemen absensi, cuti, izin, penggajian, BPJS sampai PPh 21 karyawan.

Selain itu, masih ada banyak fitur penting yang bisa Anda coba dari aplikasi KaryaONE.

Kesimpulan

Pada dasarnya, penting bagi perusahaan untuk memilih HRIS yang tepat dan berguna bagi perusahaan dan juga karyawan. Ini merupakan sebuah investasi jangka panjang perusahaan dalam mencapai tujuan, misi dan nilai-nilai untuk kesuksesan di masa depan.

Baca juga:  Kapan Waktu yang Tepat untuk Menambah Pegawai?

Sumber:
HRPayrollSystems: What is HRIS?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *