4 Alasan Anda Harus Menggunakan Aplikasi Absensi Karyawan

aplikasi absensi karyawan

Dari sekian banyak hal yang harus diurus di perusahaan, absensi karyawan mungkin terdengar sepele. Dengan anggapan seperti ini, tidak mengherankan apabila masih banyak perusahaan yang menggunakan cara manual untuk mencatat absensi karyawan, begitu juga saat mereka mengajukan cuti.

Padahal, cara manual memiliki risiko eror yang cukup besar, mulai dari salah memasukkan data hingga risiko keamanan. Di sisi lain, absensi karyawan pun sebenarnya dapat memberi efek yang cukup signifikan terhadap level produksi dan profitabilitas perusahaan.

Aplikasi absensi karyawan mampu membantu untuk meningkatkan level tersebut. Anda akan merasakan sendiri berbagai manfaatnya di bawah ini.

Otomatisasi Tingkatkan Akurasi dan Efisiensi

Tidak hanya rawan risiko, metode manual dalam mencatat absensi karyawan juga menghabiskan banyak waktu. Kabar baiknya, Anda bisa menghemat waktu tersebut dengan menggunakan aplikasi khusus.

Data dapat diimpor secara otomatis dari mesin absensi seperti fingerprint scanner. Artinya, Anda tak perlu lagi mengolah data secara manual dari mesin fingerprint scanner ke data laporan bulanan atau tahunan.

Beberapa aplikasi absensi karyawan bahkan juga dilengkapi fitur untuk pengajuan cuti, misalnya seperti KaryaONE. Karyawan bisa langsung mengajukan cuti atau izin tanpa harus meminta dan mengisi formulir terlebih dulu.

Baca juga:  Cara Memilih Aplikasi Penggajian untuk UKM

Nantinya, Anda juga dapat langsung menyetujui atau menolak pengajuan cuti melalui platform yang sama. Adanya otomatisasi seperti ini tentu akan meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Data Up-to-date untuk Pengambilan Keputusan Strategis

Umumnya, aplikasi absensi karyawan memiliki basis cloud. Artinya, seluruh data yang Anda masukkan pada aplikasi akan tersimpan di cloud. Selama Anda memiliki koneksi internet yang memadai, Anda pun bisa mengakses data tersebut dari mana pun dan kapan pun.

Tidak hanya itu, sistem cloud ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki data yang real-time dan up-to-date. Dengan data yang akurat, Anda pun bisa mengambil keputusan yang strategis.

Misalnya, melalui aplikasi Anda mengetahui bahwa karyawan A mengajukan cuti selama beberapa hari pada dua minggu lagi. Berkat sistem yang up-to-date, Anda bisa mengetahui informasi tersebut secepat mungkin.

Anda pun dapat segera menentukan langkah yang harus dilakukan selama karyawan A tersebut cuti nanti. Persiapan yang dilakukan sejak jauh-jauh hari tentu akan membuat Anda lebih tenang.

Manfaatkan Data Analisis untuk Mendeteksi Adanya Ketidakberesan.

Dengan seluruh data yang terpusat pada satu sistem, Anda punya kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih strategis. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk segera mengetahui apabila terjadi ketidakberesan terkait absensi karyawan.

Baca juga:  Apa Itu HRIS (Human Resources Information System)?

Contohnya, dari data yang dihasilkan aplikasi, terlihat bahwa karyawan pada divisi X punya tingkat absen lebih tinggi dari divisi lainnya. Anda juga bisa mengetahui alasan apa yang paling banyak mendasari karyawan saat harus mengajukan absen.

Hasilnya, Anda bisa mengambil tindakan yang lebih proaktif untuk menangani adanya ketidakberesan tersebut.

Bantu Menciptakan Lingkungan Kerja yang Produktif

Pada dasarnya, aplikasi absensi karyawan bertujuan untuk membantu Anda mempersingkat proses yang tidak perlu sehingga dapat menghemat waktu. Tidak hanya terkait absensi, tapi juga hal-hal lain seperti pengajuan cuti, rekapitulasi data kehadiran, dan sebagainya.

Nah, dengan begini, Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal lain yang bersifat lebih produktif. Hal ini tidak hanya berlaku untuk divisi HR, tapi juga bagi seluruh karyawan di perusahaan yang menggunakan aplikasi tersebut.

Alhasil, seiring berjalannya waktu pun Anda bisa menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Tentu hal ini akan berdampak baik terhadap pengembangan bisnis Anda.

Mengembangkan suatu bisnis dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melalui penghematan waktu. Sistem otomatisasi berbasis cloud pada aplikasi absensi karyawan akan membantu Anda untuk mewujudkan hal tersebut. Tertarik untuk mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *