7 Aplikasi untuk Membuat Jadwal Shift

aplikasi-pembuat-jadwal-shift

Beberapa tipe bisnis seperti restoran, pabrik atau toko yang memiliki jam operasional lebih dari 8 jam hingga 24 jam menuntut pemilik usaha untuk membuat jadwal shift yang sesuai.  Tidak menyebabkan karyawan lelah bekerja tapi mampu menjawab kebutuhan operasional bisnis.

Keberadaan aplikasi pembuat jadwal shift saat ini menjadi solusi yang memudahkan perusahaan.  Terutama dalam hal memantau karyawan bekerja sesuai dengan jadwal shift-nya atau tidak.

Beberapa aplikasi pembuat jadwal shift ini, baik di PC maupun smartphone, bisa Anda maksimalkan fungsinya untuk membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

Aplikasi-aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan juga bisa melibatkan banyak akun beberapa kontributor di dalamnya. Mari berkenalan dengan aplikasi pembuat jadwal shift berikut ini:

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

1. Google Calendar (PC, Android, dan iOs gratis)

Salah satu aplikasi pembuat jadwal shift yang bisa Anda manfaatkan adalah Google Calendar. Selain berfungsi sebagai kalender, Anda bisa menjadwalkan tugas beberapa orang sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan.

Namun, Google Calendar hanya terbatas untuk kerja tim sebanyak 5 orang saja karena Anda akan kesulitan melacak schedule yang telah dibuat jika lebih dari 5 orang.

2. KaryaOne (PC, Android, dan iOS berbayar)

Tidak hanya membuat jadwal shift, tapi Anda juga memantau apakah karyawan Anda masuk kerja sesuai jadwal shift-nya atau tidak.  Aplikasi HRIS ini dapat Anda akses dari PC maupun mobile phone.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini gratis selama 1 bulan pertama.  Dan karena ini adalah aplikasi HRIS, tentunya data kehadiran karyawan juga terintegrasi dengan payroll sehingga Anda tidak bingung dalam menghitung gaji bulanan karyawan.

3. Microsoft Outlook (PC, Android, iOs gratis)

Jika Anda mengutamakan kepraktisan dalam bekerja, memasukkan email, tautan, kontak, dan kalender dalam satu aplikasi untuk memudahkan pekerjaan Anda, maka Microsoft Outlook adalah jawaban Anda untuk aplikasi pembuat jadwal shift.

Dengan Microsoft Outlook, Anda bisa mengintegrasikan aplikasi Exchange, Office 365, Outlook.com, Gmail, Yahoo Mail, iCloud email dengan akun yang punya dengan mudah.

4. Trello (Android dan iOs gratis)

Trello merupakan aplikasi pembuat jadwal shift yang berbentuk digital buletin yang disesuaikan dengan jumlah kontributor dan jumlah task yang akan dimasukkan.

Anda bisa membuat mulai dari to do lists, tasks, notes dan lainnya. Pengguna bisa membuat “lists” yang berisikan banyak “cards” yang merupakan tasks, notes, ideas, pictures dan lain sebagainya dan bisa Anda ubah dan pindahkan ke mana saja.

Lists ini bisa Anda bagikan ke beberapa kontributor yang bisa saling mengomentari dan memberi tugas ke satu sama lain.

5. Teamweek (Android dan iOs gratis)

Aplikasi pembuat jadwal shift ini terinspirasi dari Gantt charts yang dapat membantu tim memvisualisasikan kontributor mana yang menyelesaikan tugas apa.

Aplikasi ini juga mudah dalam penggunaannya karena team leader bisa menyeret dan melepaskan jadwal yang dibuat dan dibagikan.

Pengguna juga bisa membuat dan menugaskan tasks berdasarkan warna dalam kalender yang dibagikan bersama untuk jadwal yang lebih memudahkan dilihat.

6. Asana (Pc, Android, dan iOs gratis)

Jika anda mencari jalan keluar dari email yang bertumpuk antar tim atau ke klien, Anda bisa menggunakan Asana. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengkoordinasi email yang berantakan.

Pengguna Asana juga dapat membuat projects, menugaskan tasks, menjadwalkan deadlines, comments, requests, dan lain sebagainya.

Asana akan memudahkan Anda melihat siapa yang mengerjakan tugas apa dan apa saja yang telah selesai. Asana bisa Anda gunakan secara gratis untuk tim berjumlah 15 orang.

Dalam Asana juga, Anda bisa saling mengomunikasikan projects antar anggota tim lewat aplikasi ini dari jarak jauh.

Dengan menggunakan Asana, Anda tidak lagi ribet menggabungkan email dan tugas antar anggota tim atau kontributor.  Dengan aplikasi ini koordinasi antar anggota Tim akan lebih mudah.

7. Toggl (Android and iOs, gratis)

Toogle merupakan aplikasi pembuat jadwal shift yang bisa melacak jam kerja antar anggota tim atau kontributor yang sedang remote work atau freelance.

Dalam Toggl, Anda bisa melacak berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu project atau task.

Selain itu, waktu yang dihabiskan oleh pengguna atau kontributor bisa disusun, diubah, disatukan, dan ditautkan untuk memudahkan dalam pemeriksaan dan pelaporan.

Itulah beberapa aplikasi pembuat jadwal shift yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam ranah digital.

Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi di atas, Anda bisa dengan mudah bekerja dengan beberapa kontributor atau anggota tim sekaligus hingga bisa berkomunikasi dalam satu app saja.

Sumber : getsling.com

____________

KaryaOne adalah aplikasi HR, payroll dan manajemen kinerja berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

aplikasi skema lembur karyawan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *