Cara Memilih Aplikasi Penggajian Perusahaan Besar

aplikasi penggajian perusahaan

Bagi perusahaan besar atau korporasi, menggunakan software dan aplikasi HR untuk mengelola karyawan adalah hal yang tepat untuk dilakukan demi menghindari kesalahan apalagi terkait dengan payroll atau penggajian.

Namun kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda, mungkin saja tidak cocok dengan layanan yang diberikan oleh aplikasi penggajian tertentu. Agar tidak salah memilih aplikasi penggajian perusahaan, perhatikan cara berikut ini:

1. Perhatikan Kebutuhan Perusahaan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, baik perusahaan besar maupun kecil, akan mencapai tujuan dan mendapat keuntungan jika mereka terlebih dulu mengevaluasi kebutuhan perusahaan dan mengumpulkan informasi sebelum melihat berbagai aplikasi penggajian.

Anggaran yang dialokasikan untuk membeli dan mengelola aplikasi penggajian merupakan hal yang harus dipertimbangkan ketika menyeleksi beberapa aplikasi.

Selain itu, bandingkan fitur dan kemudahan masing-masing payroll software yang ada, karena akan berdampak langsung kepada perusahaan. Misalnya saja seperti pengarsipan pajak, inetgrasi SDM, keterangan detail setiap karyawan dan sebagainya.

2. Kemudahan Saat Digunakan

Perusahaan besar biasanya sudah memiliki sistem penggajian sendiri yang sudah diterapkan sejak lama. Namun ketika perusahaan semakin berkembang, maka menggunakan aplikasi penggajian perlu kembali disesuaikan untuk menunjang sistem yang sudah ada agar semakin efisien.

Baca juga:  The Operate On Order Essay Totally exposed. The Candid to Goodness Actual facts on Purchase Essay

Aplikasi penggajian yang kurang efisien (yang sudah digunakan sebelumnya) juga merupakan alasan lain mengapa perusahaan harus mencari aplikasi penggajian karyawan yang baru.

Ketika memilih aplikasi penggajian yang tepat, Manajer harus melihat pada kemudahan penggunaannya dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

  • Apakah data perusahaan di sistem yang ada bisa dipindahkan secara langsung atau manual
  • Apakah vendor menawarkan layanan jasa konsultasi atau tidak
  • Berapa teknisi yang diperlukan dan biaya yang akan dikeluarkan untuk sistem yang baru
  • Apakah sistem dari aplikasi yang baru bisa kompatibel dengan sistem yang lama atau tidak

3. Ketersediaan Support Service

Kualitas dan ketersediaan support service dapat mempengaruhi efisiensi dan keberhasilan penerapan aplikasi penggajian. Aplikasi yang menyediakan layanan dan dukungan selama 24 jam sangat membantu user dan klien yang mungkin saja mengalami kesulitan dalam penggunannnya.

Perusahaan penyedia aplikasi yang memiliki banyak kantor cabang di setiap kota juga akan menguntungkan perusahaan, karena Anda tak harus pergi jauh untuk pergi ke kantor pusat mereka jika membutuhkan sesuatu. Kondisi ini juga akan memperkuat hubungan personal antar perusahaan yang bisa menguntungkan di masa depan.

Baca juga:  10 Tipe Recruiter, Anda Termasuk yang Mana?

4. Referensi dan Track Record

Karyawan adalah aset terbesar perusahaan sehingga upah adalah hal yang penting dan sangat berdampak besar bagi mereka. Perusahaan tidak boleh asal untuk memilih aplikasi penggajian melainkan memilih penyedia aplikasi yang memiliki jejak rekam baik.

Gali informasi dan referensi dari banyak orang atau bahkan perusahaan lain yang menggunakan aplikasi penggajian tersebut. Lihat penilaian masing-masing penyedia aplikasi yang akan Anda pilih dan tentukan aplikasi penggajian mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber:
HRPayrollSystems: How to Choose the Best Payroll Software for Larger Companies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *