3 Kategori Biaya Overhead yang Harus Anda Tahu

Biaya Overhead

Dalam dunia akuntansi, istilah overhead pasti sering Anda dengar. Namun, apa sebenarnya biaya overhead (overhead expenses) itu? Biaya overhead adalah biaya tambahan atau biaya lain yang sering muncul di luar perkiraan atau perencanaan sebelumnya.

Biaya overhead biasa muncul sebab ada beban lain yang tidak berkaitan langsung dengan proses bisnis serta produksi yang dilakukan.

Sebagai contoh, biaya perawatan mesin, biaya sewa gedung, atau bisa juga anggaran pengeluaran harian yang tidak berhubungan langsung dengan urusan produksi.

Biaya overhead sendiri dibagi lagi dalam tiga kategori. Apa saja itu? Simaklah ulasannya di bawah ini!

Banner KaryaOne - Payroll Software Indonesia

Biaya Overhead Tetap (Fixed Expenses)

Kategori pertama yang perlu kamu tahu adalah biaya overhead tetap (Fixed expenses)/overhead expenses. Overhead expenses tetap memiliki sifat yang tetap dan harus dipenuhi per bulannya.

Pemenuhan tetap tersebut harus terus dibayarkan oleh perusahaan tanpa memandang berapa volume penjualan atau keuntungan yang diperoleh. Ada beberapa contoh yang biasanya dibayarkan oleh perusahaan.

Beberapa contoh fixed expenses termasuk pembayaran sewa atau hipotek, depresiasi aset tetap seperti mobil dan peralatan kantor, biaya atau gaji tenaga kerja yang meliputi manajer hingga karyawan.

Pada dasarnya, biaya ini diberikan kepada karyawan selain yang berhubungan secara langsung dengan kegiatan produksi.

Selain contoh di atas, ada juga fixed expenses yang termasuk dalam beban asuransi seperti asuransi kesehatan karyawan, iuran keanggotaan termasuk keanggotaan koperasi perusahaan, hingga biaya jasa hukum, konsultasi akuntansi atau konsultasi bisnis yang pihak eksternalnya tidak memiliki keterlibatan langsung pada proses produksi.

Fixed expenses tidak berubah dan pastinya terlepas dari naik atau turunnya kegiatan penjualan pada perusahaan.

Biaya Overhead Variabel

Biaya overhead variabel adalah kategori biaya overhead kedua yang harus kamu tahu. Kategori biaya overhead satu ini selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Perubahan itu bergantung pada volume aktivitas penjualan atau faktor-faktor lain. Faktor-faktor tersebut meliputi perubahan musim, promosi, hingga kondisi ekonomi suatu negara.

Pastinya, biaya overhead variabel adalah sebuah biaya yang tidak bisa diperkirakan secara tetap seiring berjalannya waktu. Jadi, sudah pasti akan ada perubahan dan akan selalu berbeda jumlah angkanya dalam satu periode akuntansi.

Contoh dari biaya overhead variabel adalah anggaran pemasaran, anggaran untuk alat tulis kantor, biaya telepon, dan hal-hal yang semacam itu.

Oleh karena itu, biaya yang memiliki karakteristik seperti itu dianggap sebagai beban yang tak terduga serta selalu mengalami perubahan.

Biaya Overhead Semi-variabel (Variable Expenses)

Berbeda dari kategori biaya overhead sebelumnya, variable expenses adalah biaya yang memiliki sifat lebih fleksibel.

Pasalnya, biaya overhead semi-variabel tidak mengalami perubahan sepanjang waktu dan tidak harus selalu dibayarkan. Bahkan, bisa terjadi dengan tetap dalam kurun waktu tertentu.

Meskipun demikian, biaya overhead semi-variabel bisa berubah pada masa mendatang. Hal tersebut terjadi jika ada faktor eksternal atau kegiatan operasional perusahaan yang mengalami peningkatan atau penurunan.

Contohnya, pembelian kertas untuk kegiatan cetak di kantor. Karyawan di kantor kadang harus menggunakan kertas lebih banyak dalam beberapa waktu di akhir tahun untuk kegiatan tutup buku.

Maka dari itu, sangat mungkin karyawan di kantor akan menggunakan kertas lebih daripada bulan-bulan sebelumnya.

Pemahaman akan kategori yang ada dalam variable expenses sangat penting dalam urusan akuntansi keuangan di perusahaan.

Biaya overhead memiliki perbedaan kategori masing-masing sehingga Anda harus tahu mana pembagiannya yang tepat.

Sumber : entrepreneur.com

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *