Bill of Materials untuk Produksi Lebih Efisien

bill of materials

Perusahaan berbasis manufaktur, atau ritel yang memiliki warehouse untuk produksi mandiri entah yang sudah mapan ataupun yang sedang merintis, anda harus sepakat bahwa Bill of Materials (BOM) jadi instrumen penting yang memastikan produktivitas produksi didukung oleh efisiensi dana yang sepadan dan sesuai dengan perencanaan.

Penting karena BOM ini adalah berkas utama yang memuat informasi komprehensif seputar produksi pabrikan.

Mula dan akhir dari proses produksi berpusat pada data BOM. Berkas BOM harus dipastikan rinci dan akurat, karena satu kesalahan kecil bisa jadi mengganggu keseluruhan proses kerja.

Banner KaryaOne - Payroll Software Indonesia

Definisi Bill of Materials

BOM ini adalah daftar panjang komponen-komponen yang dibutuhkan oleh perusahaan anda untuk melakukan produksi.

Isinya persis seperti resep masak; terdiri dari bahan-bahan mentah serta alat yang akan digunakan selama proses produksi.

Tidak hanya digunakan untuk membuat, tapi juga merakit, dan memperbaiki produk akhir yang hendak dihasilkan.

Biasanya BOM ini disajikan dalam format table dengan hirarki kategori. Dimulai dari level tertinggi yang sifatnya lebih general ke yang lebih spesifik di level terbawah.

Level Bill of Materials

  • Level nol, dimana ini adalah produk yang masuk dalam daftar namun tidak dipakai sebagai komponen pembentuk dari produk lain.
  • Level satu, bisa berupa bahan mentah atau produk jadi. Komponen di level ini adalah bahan pembentuk dari produk yang berada di level nol. Contoh sederhananya seperti lampu kendaraan, yang bisa jadi produk tunggal, sekaligus produk untuk pembuatan/perakitan kendaraan.
  • Level dua, komponen di level ini adalah pembentuk langsung dari komponen di level satu dan nol, sekaligus menjadi produk tunggal sendiri. Begitu seterusnya sitem level yang diterapkan dalam BOM. Semakin tinggi levelnya, semakin kompleks fungsinya dalam skema produksi.

Jenis Bill of Materials

Tidak hanya ada satu pakem format untuk membuat Bill of Materials tentu saja. Ini tergantung pada fungsi dan tujuan dari produksi itu sendiri. Berikut beberapa jenis BOM yang perlu anda ketahui.

Bentuknya pun tidak selamanya dalam daftar rigid yang ditulis di tabel, bisa jadi BOM dikemas dalam bentuk diagram yang lebih kompleks dengan gambaran yang jelas seperti apa akhir dari proses produksi tersebut.

Jenis BOM yang pertama ini berguna dalam aktivitas produksi tertentu yang produknya dihasilkan dalam tampilan yang sama, namun tidak menutup kemungkinan akan adanya kustomisasi untuk produk-produk tertentu.

Configurable Bill of Materials (CBOM) adalah jenis BOM yang memungkinkan produksi untuk versi berbeda dari pakem tertentu dilakukan.

Sementara untuk BOM dengan fungsi untuk mendata keperluan maintenance produk selama produk ini masih diproduksi dikelola dalam format Service Bill of Materials (SBOM).

Dua lainnya adalah Manufacturing Bill of Materials (MBOM) dan Engineering Bill of Materials (EBOM).

MBOM ini dirancang sebagai daftar lengkap seluruh komponen yang dibutuhkan untuk membangun produk yang lengkap dan dapat dikirinkan dan dikonsumsi/pakai.

Sementara EBOM adalah BOM berdasarkan design ahli mesin yang terlibat dalam proses produksi. Bisa jadi tidak berbentuk daftar dalam tabel, tapi berbentuk diagram yang menyertakan komponen produksi.

Manfaat Bill of Materials

Manajemen yang baik dan fokus bisa menghasil BOM yang sempurna dan mengurangi kebingungan serta menajamkan ketepatan selama proses produksi berlangsung.

Ini berarti BOM juga berfungsi sebagai tolok ukur untuk menentukan harga jual pasca produksi yang sesuai.

Perhitungan BOM yang tepat akan menentukan sebarapa besar margin keuntungan dan kerugian yang bisa diperoleh selama masa produksi berlangsung.

BOM juga mempengaruhi efisiensi pengeluaran produksi, yang dapat ditelaah dari daftar level komponen dan bahan mentah yang dibutuhkan selama produksi.

Keputusan-keputusan seperti apakah lebih baik membeli bahan mentah untuk produksi, atau membeli komponen di level yang lebih tinggi untuk mengurangi waktu produksi tahap awal.

Ini akan sangat berpengaruh tidak hanya bagi pendanaan tapi juga bagi kinerja selama proses produksi berlangsung.

Sumber : ups.com

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *