Bisnis Model Canvas dalam Perancangan Bisnis

Bisnis Model Canvas

Bisnis Model Canvas – Dalam setiap bentuk bisnis, pasti ada beberapa orang yang bertugas untuk mengoperasikan agar kegiatan usaha bisa terus berjalan.

Dalam sebuah bisnis, pembentukan strategi, manajemen, atau pun sistem mampu mempermudah orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk bekerja dengan efektif.

Hal tersebut bisa membuat mereka mencapai target yang dimiliki perusahaan. Untuk mencapai hal tersebut, maka sebuah bisnis model canvas sering digunakan oleh banyak bisnis.

Apa itu bisnis model canvas? Jika Anda masih belum kenal dengan istilah tersebut, simak ulasannya di bawah ini!

Banner KaryaOne - Payroll Software Indonesia

Apa itu Bisnis Model Canvas?

Bisnis model canvas adalah sebuah perlengkapan dalam strategi manajemen untuk menerjemahkan sebuah konsep, konsumen, infrastruktur, hingga keuangan perusahaan ke dalam bentuk visual.

Konsep bisnis model ini berfokus pada gambar-gambar ide sehingga semua orang mempunyai pemahaman yang sama dan riil dalam tipe-tipe konsumen, pengeluaran, hingga cara kerja perusahaan.

Keuntungan Apa yang Bisa Didapat Dalam Menerapkan Bisnis Model Canvas?

Penggunaan bisnis model canvas dapat memberikan keuntungan yang signifikan dalam perkembangan sebuah bisnis.

Pasalnya, bisnis model canvas bekerja dengan membagi hal-hal penting ke dalam beberapa area fokus yang lebih jelas.

Hasilnya, hal tersebut memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis dalam segala aspek dan bisa juga digunakan oleh perusahaan baik perusahaan berskala besar maupun berskala kecil.

Bagaimana Cara Menerapkan Sebuah Bisnis Model Canvas Dalam Bisnis Anda?

Dalam penerapannya ada sembilan elemen penting untuk penentuan sistem kerja bisnis serta memeriksa jalannya aktivitas perusahaan berdasarkan rencana. Berikut ini adalah sembilan elemen tersebut:

Value Proposition

Value proposition adalah nilai jual produk atau jasa dalam sebuah bisnis sehingga konsumen bisa memilih bisnis yang Anda kelola daripada kompetitor.

Customer Segments

Customer segments dan value proposition memiliki hubungan yang erat satu sama lain. Consumer segments bisa dibagi dalam beberapa segmen sesuai keperluan, seperti, usia, hobi, gender, ataupun tingkat konsumerismenya.

Customer Relationship

Dalam sebuah customer relationship, Anda dapat merencanakan beberapa cara efektif untuk bisa berinteraksi dengan konsumen atau calon konsumen Anda.

Dalam hal ini, Anda menentukan langkah-langkah apa yang bisa Anda gunakan untuk pendekatan sesuai dengan minat konsumennya.

Channels

Channels adalah sebuah tempat bagi Anda untuk bertemu dengan konsumen. Dalam elemen ini Anda mencari informasi-informasi tentang calon konsumen yang Anda cari.

Oleh karena itu, dengan pertemuan secara langsung seperti ini, Anda bisa mengiklankan bisnis Anda.

Key Activities

Key activities adalah sebuah aktivitas dalam bisnis yang dilakukan sehari-hari agar bisa mencapai sebuah value proposition.

Dalam hal ini, Anda harus mengetahui aktivitas bisnis apa yang bisa diterapkan agar memberikan kepuasan pada konsumen, produk atau jasa apa yang diproduksi, dan tenaga ahli untuk menjalankan kegiatan bisnis sehari-hari.

Key Resources

Sumber daya yang tepat mampu memberikan dampak positif pada tingkat kompetitif bisnis Anda. Pasalnya, sumber daya yang tepat adalah aset yang mampu mendukung aktivitas perusahaan.

Key Partners

Adanya partner kerja yang tepat dalam sebuah bisnis adalah hal yang penting. Oleh karena itu, Anda perlu partner kerja yang bisa membantu Anda menggapai value proposition Anda.

Key partners dalam bisnis Anda harus bisa menjaga kualitas dari barang atau jasa yang Anda jual.

Cost Structures

Cost structure adalah sebuah skema finansial yang mendanai operasional perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus menentukan jumlah uang yang harus dikeluarkan per harinya, jumlah dana untuk sumber daya yang digunakan, hingga harga pemasaran produk tersebut.

Revenue Streams

Semua perusahaan memerlukan aliran pendapatan agar tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. Revenue streams adalah sumber penghasilan perusahaan dari beragam sumber, seperti dividen, hasil penjualan, dan lain-lain.

Bisnis model canvas adalah teknik yang sangat efektif untuk digunakan dalam perusahaan. Pasalnya, teknik ini mampu memetakan bisnis Anda dengan terstruktur.

Anda bisa menerapkan bisnis model ini untuk mencapai ide-ide dalam bisnis Anda. Selamat bekerja!

Sumber : medium.com

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *