Serba-serbi tentang BPJS Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

Back to Blog

Belakangan ini pemerintah Indonesia sedang menggencarkan peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi masyarakat. Meski banyak yang telah bergabung menjadi peserta dari program ini, ternyata masih banyak juga yang belum terlalu memahami cara kerjanya. Untuk lebih mengenal seputar BPJS Kesehatan, Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

 

banner payroll karyaone

 

Pengertian BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah sebuah Badan Hukum Publik (BPH) yang menjalankan fungsi penyelenggaraan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia. Program ini dirancang oleh pemerintah sebagai sebuah versi upgrade Asuransi Kesehatan (ASKES) yang telah melayani masyarakat sejak dari tahun 1992 lalu.

Program ini ada dalam sebuah kesatuan dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Mulai beroperasi sejak dikeluarkannya UU No. 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Secara garis besar, fungsi utamanya adalah untuk menjamin kesejahteraan masyarakat Indonesia secara menyeluruh dan lebih intensif.   

Bagaimana menjadi peserta BPJS Kesehatan?

Dalam Pasal 14 UU BPJS disebutkan bahwa setiap warga negara Indonesia (WNI) dan juga warga negara asing (WNA) yang telah bekerja di Indonesia setidaknya selama enam bulan wajib untuk menjadi peserta BPJS sesuai dengan program Jaminan Sosial yang diikuti. Lalu, bagaimanakah cara untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan?

Anda bisa mendatangi kantor BPJS Kesehatan di tingkat kabupaten atau provinsi. Petugas akan mengarahkan Anda untuk mengisi formulir. Jangan lupa untuk membawa tanda pengenal seperti KTP, SIM, Kartu Keluarga, atau paspor. Untuk kebutuhan pembayaran iuran, petugas akan memberikan akses untuk virtual account.

Selain mendaftar secara mandiri, Anda juga bisa mendaftar kolektif melalui perusahaan. Perwakilan dari perusahaanlah yang nanti akan mendaftarkan Anda sebagai peserta BPJS Kesehatan. Pembayaran iuran juga akan dilakukan oleh pihak perusahaan sesuai dengan kelas yang telah didaftarkan.

Hak kelas BPJS Kesehatan bagi karyawan

BPJS Kesehatan memiliki tiga tingkatan kelas yang berbeda, yaitu kelas I, kelas II, dan kelas III. Ketiga kelas ini memiliki biaya iuran dan fasilitas yang berbeda-beda. Karyawan perusahaan berhak atas BPJS Kesehatan golongan Pekerja Penerima Upah (PPU). Biaya iuran BPJS golongan ini akan dibebankan pada pihak perusahaan.

Bagi karyawan yang terdaftar dalam BPJS golongan ini, ia tidak bisa memilih kelas. Tingkat kelas yang diperoleh akan bergantung pada besar gaji pokok dan tunjangan yang diterima. Dari ketiga kelas yang ditawarkan pemerintah, karyawan perusahaan berhak atas dua kelas, yakni kelas I dan II. Berikut ini rinciannya:

  • Karyawan dengan gaji di atas atau sama dengan Rp5.000.000, berhak atas kelas I
  • Karyawan dengan gaji di bawah Rp5.000.000, berhak atas kelas II

Untuk naik ke kelas yang lebih tinggi, Anda bisa beralih menjadi peserta BPJS mandiri dengan biaya iuran yang juga dibayarkan secara mandiri.

Apa saja yang tercakup dalam BPJS Kesehatan?

Hal ini mungkin sangat sering ditanyakan calon peserta BPJS Kesehatan. Tujuannya tak lain adalah untuk memastikan jenis layanan kesehatan seperti apakah yang akan diterimanya. Bisa dibilang, layanan kesehatan yang tercakup oleh BPJS Kesehatan tergolong lengkap dan menyeluruh mengingat besaran iuran yang tidak terlalu memberatkan.

Anda bisa menikmati pelayanan kesehatan tingkat pertama mulai dari yang berkaitan dengan perihal administratif hingga perawatan inap di ruang intensif. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan seperti rehabilitasi medis dan juga pelayanan penunjang diagnostik lanjutan.

Semoga dengan ulasan seputar BPJS Kesehatan di atas Anda bisa memahami program pemerintah yang satu ini. Apabila masih ada keraguan, Anda bisa langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Sumber:
Gajimu: BPJS Kesehatan

Baca juga:  Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja

banner_karyaone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog