Budaya Perusahaan adalah Identitas Perusahaan

budaya perusahaan

Bukan hal baru lagi bagi anda pasti saat mendengar beberapa perusahaan memiliki turn over yang cukup tinggi.

Terdapat banyak alasan para pekerja memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan, sebanyak alasan beberapa dari mereka memutuskan untuk bertahan di suatu pekerjaan.

Budaya perusahaan jelas salah jadi salah satu alasan besar para pekerja ini resign atau bertahan dengan memperpanjang kontrak atau memilih menjadi pegawai tetap.

Budaya perusahaan atau corporate culture ini adalah nilai-nilai yang dianut dan diturunkan dalam tradisi, kode etik, lingkungan kerja, perilaku, dan interaksi yang terjadi dalam badan internal perusahaan tersebut.

Corporate culture yang mengakar biasanya sangat kuat terasa, bahkan bagi orang luar yang tidak bekerja atau tidak mengenal perusahaan tersebut.

Karena kuat dampaknya bagi cara berkomunikasi dengan khalayak, citra perusahaan pun terbentuk dari sana.

Banner KaryaOne - Payroll Software Indonesia

Bagian dari Identitas Perusahaan

Andil besar budaya tertentu pada pembangunan karakter perusahaan banyak menentukan masa depan identitas perusahaan terutama saat tampil di muka publik.

Namun ada banyak juga faktor yang menentukan budaya perusahaan itu terbentuk seperti apa. Bisa jadi dari pendiri dengan orientasinya yang dibawa saat mendirikan perusahaan, bisa juga adopsi tren budaya kerja kini.

Perlu anda perhatikan juga bahwa budaya perusahaan ini ada yang dibentuk dengan spirit dan orientasi tertentu seperti yang dituliskan di atas, namun ada juga yang ‘terbentuk’.

Dalam artian, kebiasaan-kebiasaan yang lama-kelamaan menjadi tradisi dan diteruskan, budaya yang membentuk ini dilimpahkan secara tidak sadar dari top level management.

Tidak heran bahwa dalam budaya perusahaan jelas ada andil terbesar dari pendiri atau paling tidak, posisi yang lebih tinggi.

Kini makin banyak perusahaan yang mau tidak mau harus ikut mawas dan memperhatikan budaya yang terbangun dalam perusahaan atau organisasinya.

Karena budaya yang sama akan mempengaruhi identitas perusahaan di berbagai lapisan interaksi; baik B2B, B2C,C2C, atau pun C2B.

Mempengaruhi bagaimana sebuah perusahaan merepresentasikan dirinya. Ini penting karena dari representasi itu publik akan melihat citra seperti apa yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Faktor Berpengaruh

Selain melihat nominal gaji, fasilitas pegawai, dan sistem kerja, tidak sedikit orang juga yang melakukan riset kecil perihal perusahaan yang hendak dituju.

Terutama budaya perusahaan itu sendiri; apakah dapat menjanjikan budaya kerja yang sehat dan produktif. Perihal rekrutmen, tidak hanya perusahaan yang sedang mencari, orang-orang di luar juga mencari.

Keberhasilan terbesar di sini adalah pertemuan yang setara antara perusahaan dan pencari kerja. Budaya perusahaan jelas jadi salah satu faktor penentu besar di sini.

Selain itu budaya perusahaan memberikan nilai khas dimata banyak orang tidak hanya pencari kerja.

Nilai yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan yang lain, yang memberikan rasa relevan terhadap mereka yang berada pada frekuensi yang sama.

Karena budaya lahir dari dalam; internal perusahaan itu sendiri, kekuatannya jadi semakin besar saat pekerjanya ikut bersaksi tentang pengalaman positif dan hal-hal baik yang ia dapatkan selama bekerja di perusahaan tersebut.

Nilai yang tidak perlu dipublikasikan di banyak papan iklan, tapi diakui bahkan dipromosikan secara cuma-cuma oleh orang-orang yang membenarkan dampak positif tersebut.

Manusia yang adalah makhluk sosial, dan diciptakan untuk berkumpul, sudah kecenderungan alamiah kita untuk berkumpul dalam kelompok yang memiliki ciri dan karakteristik yang serupa dengan kita.

Berkumpul dalam satu visi, dan berjalan dalam satu misi, orang-orang ini ibarat suku dengan budaya yang sama.

Persis dengan budaya perusahaan yang pada dasarnya adalah miniature dari suatu konsep yang besar ini, yang kemudian diterapkan dalam lingkup lingkungan kerja.

Sumber : hbr.org

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *