10 Rekomendasi Buku Kepemimpinan yang Wajib Anda Baca

buku kepemimpinan

Di artikel kali ini KaryaONE mengumpulkan 10 buku kepemimpinan yang perlu Anda baca. Kenapa?

Kepemimpinan adalah sesuatu yang vital dalam perusahaan karena setiap organisasi mengambil kepribadian pemimpinnya.

Seorang pemimpin sangat berperan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Ia mampu membangun perusahaan atau malah menjatuhkannya.

Baik Anda adalah seorang pemimpin atau memperkerjakan seorang pemimpin, buku-buku kepemimpinan ini pasti dapat membantu Anda membangun organisasi yang baik.

Man’s Search for Meaning oleh Viktor E. Frankl

Viktor Frankl adalah salah seorang yang selamat dalam Perang Dunia ke-2 dan seorang psikiater. Dia merefleksikan hidupnya di empat kemah konsentrasi nazi, semua tertuang dalam bukunya yang berjudul Man’s search for Meaning.

Frankl melakukan observasi bagaimana perilaku menjadi sumber motivasi mereka yang berhasil bertahan hidup.

Buku ini berisi tidak hanya pandangan unik dari perspektif seorang psikiater tapi juga fokus pada teori logoterapi, yaitu sebuah teori yang menyatakan bahwa motivasi utama dari hidup ini adalah kebutuhan untuk memiliki makna.

Pemimpin sering kali merasa kesulitan dalam memotivasi pengikut mereka untuk melakukan apa yang diperlukan. Isi dari buku kepemimpinan ini akan menjadi sumber informasi yang baik untuk memotivasi pengikut Anda.

Man’s Search for Meaning mendapat gelar sebagai 10 buku paling berpengaruh di Amerika. Buku ini juga sudah terjual lebih dari 10 juta eksemplar.

Buku berikut akan menjelaskan lebih lanjut tentang makna sebagai sumber motivasi seseorang.

Drive: The Surprising Truth About What Motivates Us oleh Daniel H. Pink

buku kepemimpinan

Dalam buku kepemimpinannya, Daniel Pink menyampaikan bahwa pemimpin yang baik tidak menggunakan insentif untuk memotivasi.

Inti dari cara Daniel Pink memotivasi karyawan adalah dengan otonomi, keahlian dan tujuan.

Otonomi yaitu kebebasan melakukan project apapun untuk mengembangkan pekerjaannya. Gmail dan Google News adalah salah satu contoh dari hasil otonomi karyawan Google.

Karyawan yang dibantu untuk memiliki keahlian tertentu akan lebih termotivasi melakukan pekerjaannya dengan lebih baik daripada yang diabaikan sama sekali. Terkadang training menjadi alasan karyawan tetap bekerja di sebuah perusahaan.

Semua orang selalu ingin memiliki tujuan yang berarti dalam melakukan pekerjaannya. Jika seorang karyawan tidak memiliki tujuan, ia akan kehilangan motivasi untuk berusaha lebih.

Lean In oleh Sheryl Sandberg

buku kepemimpinan

Buku kepemimpinan ini berfokus kepada apa yang wanita dapat lakukan, bukan sebaliknya.

Pesan yang ingin Shery Sandberg sampaikan adalah kepemimpinan mungkin bukan sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan baik, tapi Anda bisa menjadi ahli jika Anda menggali lebih dalam dan tekun.

Lean In adalah Buku Terbaik versi Amazon Bulan maret 2013, tapi hingga saat ini masih tetap laris.

Seringkali para wanita mengubur bakatnya sendiri karena ia meyakini orang lain lebih mampu melakukannya. Mereka perlu memberanikan diri untuk lebih berani menjadi pemimpin.

Thinking in Bets: Making Smarter Decisions When You Don’t Have all the Facts oleh Annie Duke.

buku kepemimpinan

Sering terjadi keputusan terbaik tidak memberikan hasil terbaik setiap saat. Selalu ada unsur keberuntungan yang tidak dapat Anda kendalikan, dan selalu ada informasi yang tersembunyi dari yang terlihat.

Jadi kunci kesuksesan jangka panjang adalah berpikir dalam pemikiran tak tentu, Seberapa yakin saya? Apa saja kemungkinan situasi berubah terbalik?

Baca juga:  Membangun Tim Kerja yang Solid dan Tangguh

Keputusan apa yang memiliki peluang sukses paling tinggi? Apakah saya berada di 10% yang tidak beruntung dengan strategi yang bekerja 90% dari waktu?

Atau apakah kesuksesan saya disebabkan oleh keberuntungan yang bodoh daripada pengambilan keputusan yang hebat? Annie Duke adalah mantan juara World Series of Poker yang menjadi konsultan bisnis.

Ia mengambil contoh dari bisnis, olahraga, politik, dan poker untuk membantu semua orang menghadapi ketidakpastian dan membuat keputusan dengan lebih baik.

Bagi kebanyakan orang, sulit untuk mengatakan “Saya tidak yakin” di dunia yang mengutamakan kepastian.

Namun para pemain poker profesional merasa nyaman dengan kenyataan bahwa keputusan besar tidak selalu menghasilkan hasil yang bagus dan keputusan buruk tidak selalu mengarah pada hasil buruk.

Buku kepemimpinan ini dapat membantu Anda mengambil keputusan dalam ketidakpastian.

The Coaching Habit: Say Less, Ask More & Change the Way You Lead Forever oleh Michael Bungay Stanier

Buku ini menyampaikan bahwa pelatihan dapat menjadi kegiatan harian informal sebuah organisasi sehingga para manager dan tim mereka bisa bekerja lebih mudah dan memberikan dampak lebih banyak.

Michael Bungay Stanier mengambil pengalaman dari melatih 10.000 manajer dari seluruh dunia.

Ia mengemukakan bagaimana membuka potensi seseorang. Dia memberikan 7 pelatihan penting untuk mendemonstrasikan bagaimana Anda bisa mengembangkan metode pelatihan yang memberikan hasil terbaik untuk tim Anda dan diri Anda sendiri.

Best for Teamwork: The Five Dysfunctions of a Team: A Leadership Fable oleh Patrick Lencioni

buku kepemimpinan

Buku ini menyampaikan bahwa kesuksesan satu tim sebagai suatu kesatuan, bukan hanya pemimpinnya yang mampu mencapai hasil terbaik. Namun setiap tim membutuhkan leader yang baik dan hal ini diawali dengan memaksimalkan potensi dari setiap anggota tim.

The Five Dysfunctions of a Team adalah cerita-cerita tentang situasi dimana seorang pemimpin menghadapi tantangan, dan selalu ada pesan moral di setiap cerita itu.

Lencioni adalah pebisnis sukses yang pernah muncul di Harvard Business Review, Fortune and the Wall Street Journal.

Salah satu hal yang menarik dari buku kepemimpinan ini adalah kuis yang ada di setiap bab-nya. Kuis tersebut akan membantu Anda mengukur diri sendiri dan anggota tim Anda.

A Higher Loyalty oleh James Comey

buku kepemimpinan

Mantan direktur FBI James Comey berbagi pengalaman yang belum pernah ia ceritakan sebelumnya, mengenai situasi paling sulit 20 tahun selama karirnya di pemerintahan Amerika Serikat, menjelajahi apa itu kepemimpinan yang baik, etis dan bagaimana hal ini mendorong pengambilan keputusan yang baik.

Perjalanannya memberikan contoh bagaimana menjadi pemimpin yang efektif.

James Comey menjadi direktur FBI dari tahun 2013 hingga tahun 2017. Ia ditunjuk untuk mengisi jabatan tersebut oleh mantan presiden Barack Obama. Sebelumnya ia bekerja sebagai jaksa di Distrik Selatan kota New York.

A Good Time to be a Girl oleh Helena Morrissey

buku kepemimpinan

Salah satu lagi buku kepemimpinan untuk wanita. Morrissey adalah seorang investment management executive di Inggris, founder dari kampanye 30% Club yang mendorong wanita untuk berani memimpin, mengambil peran dalam pengambilan keputusan.

Buku ini merespon buku Sheryl Sandberg di atas. Isi buku ini adalah pengalaman dari sang penulis yang seorang ibu, wanita karir dan aktivis. A Goot Time to be a Girl dianggap sebagai deklarasi publik mengenai cara wanita dan perusahaan bekerja sama untuk memberikan yang terbaik, bukan memaksakan diri di sistem patriarki yang sudah kadaluarsa.

Baca juga:  10 Cara Mudah Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Buku ini cocok sebagai panduan untuk wanita muda, manajer wanita dan perusahaan.

The Culture Code: The Secrets of Highly Successful Groups oleh Daniel Coyle

buku kepemimpinan

Darimana budaya organisasi besar berasal? Bagaimana Anda membangun dan mempertahankan budaya dalam kelompok Anda, atau memperkuat budaya yang perlu diperbaiki?

Dalam The Culture Code, Daniel Coyle masuk ke dalam beberapa organisasi paling sukses di dunia – termasuk SEAL Team Six, IDEO, dan San Antonio Spurs dari AS A.S.

Dia menjelaskan proses pembangunan budaya dengan mengidentifikasi tiga keterampilan kunci yang menghasilkan kerjasama, dan menjelaskan bagaimana beragam kelompok belajar untuk berfungsi dalam satu pikiran.

Dalam buku ini terdapat berbagai contoh, dari peritel Internet Zappos, rombongan komedi Upright Citizens Brigade sampai sekelompok pencuri permata yang berani. Coyle menawarkan strategi spesifik yang memicu pembelajaran, kolaborasi, membangun kepercayaan, dan mendorong perubahan positif.

Coyle menggali kisah kegagalan yang bermanfaat untuk menggambarkan apa yang tidak boleh dilakukan, memecahkan masalah umum, dan berbagi saran untuk mereformasi budaya beracun.

Menggabungkan sains yang maju, wawasan langsung dari para pemimpin kelas dunia, dan gagasan praktis untuk bertindak, The Culture Code menawarkan peta jalan untuk menciptakan lingkungan di mana inovasi berkembang, masalah dipecahkan, dan harapan terlampaui.

Great at Work: How Top Performers Do Less, Work Better, and Achieve More oleh Morten Hansen

buku kepemimpinan

Mengapa beberapa orang memiliki kinerja yang lebih baik di tempat kerja daripada yang lain? Pertanyaan sederhana ini terus membingungkan para profesional di semua sektor tenaga kerja.

Morten Hansen mengungkapkan jawaban dalam “Praktik Tujuh Praktik Kerja” yang dapat diterapkan oleh siapapun yang ingin memaksimalkan waktu dan kinerjanya.

Masing-masing dari tujuh praktik Hansen disoroti oleh kisah-kisah inspiratif dari individu dalam studi komprehensifnya.

Anda akan bertemu dengan kepala sekolah menengah atas yang merancang perubahan dramatis dari sekolah menengahnya yang gagal;

seorang petani India pedesaan bertekad untuk membangun cara hidup yang lebih baik bagi perempuan di desanya; dan

koki sushi, yang persiapannya sederhana telah membawa restorannya (terselip di bawah underpass stasiun kereta bawah tanah Tokyo) diberi penghargaan maksimal tiga bintang Michelin.

Jansen juga menjelaskan bagaimana cara Alfred Hitchcock memfilmkan Psycho dan lomba 1911 untuk menjadi penjelajah pertama yang mencapai Kutub Selatan, keduanya menggambarkan penggunaan tujuh praktiknya (bahkan sebelum mereka diidentifikasi).

Setiap bab berisi pertanyaan dan wawasan penting yang akan membantu Anda untuk menilai kinerja Anda sendiri dan mengetahui kekuatan kerja Anda, serta kelemahan Anda.

Begitu Anda memahami gaya individual Anda, ada kuis mini, kuesioner, dan tip yang jelas untuk membantu Anda fokus pada strategi menjadi pekerja yang lebih produktif.

Ekstensif, mudah diakses, dan ramah, Great at Work akan membantu Anda meraih lebih banyak dengan bekerja lebih sedikit, didukung oleh analisis statistik yang belum pernah ada sebelumnya.

Sumber:
WashingtonPost: 11 leadership books to read in 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *