15 Cara Mudah Berteman di Tempat Kerja Baru

Back to Blog
cara berteman di tempat kerja

Memulai sebuah pekerjaan di lingkungan yang baru tidak pernah mudah. Anda harus beradaptasi dengan banyak hal baru, termasuk mulai berteman dengan rekan kerja di tempat kerja baru.

Berteman dengan rekan kerja lain sangat penting untuk Anda lakukan. Tidak hanya untuk bisa bekerja sama dengan baik, sebagai “anak baru” Anda juga bisa mencari tahu hal-hal apa saja yang harus Anda ketahui tentang perusahaan tersebut.

Tidak semua orang bisa atau setidaknya mengetahui cara berteman di tempat kerja baru dengan mudah, apa lagi jika orang tersebut agak bersifat tertutup. Jika Anda merupakan salah satunya, ikuti beberapa cara berikut ini:

banner_karyaone1. Perkenalkan Diri dengan Baik

Hal yang pertama adalah memastikan Anda memperkenalkan diri dengan semua orang yang Anda temui, khususnya rekan kerja yang akan satu tim dengan Anda.

Cari kesempatan untuk berbincang singkat dengan rekan kerja seperti misalnya ketika bertemu di toilet, pantry atau lift dan lobby kantor.

Tanyakan hal ringan seperti bagaimana suasana kerja, peran/divisi mereka di perusahaan, rekomendasi makanan kantin yang enak dan sebagainya.

2. Hafalkan Nama Rekan Kerja

Menghafalkan nama karyawan lain yang baru Anda temui akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi diri Anda. Karyawan lain akan merasa dihargai dan lebih dekat dengan Anda.

3. Makan Siang di Luar Kantor

Ikut makan siang bersama di luar kantor merupakan cara yang mudah untuk bertemu dan saling mengenal rekan kerja Anda satu sama lain. Di sisi lain, makan siang di luar kantor juga merupakan cara untuk benar-benar beristirahat sejenak dari pekerjaan.

4. Ngopi Bersama

Untuk yang satu ini Anda memerlukan sedikit keberanian. Tawarkan rekan kerja Anda untuk ngopi bersama setelah jam pulang kantor (after office).

Baca juga:  5 Keuntungan dan Kerugian Rotasi Pekerjaan

Selain bisa lebih mengakrabkan diri dan mengenal satu sama lain, ada kemungkinan mereka juga akan balik mengajak Anda untuk hangout bersama di lain waktu.

5. Makan Malam Bersama

Tanya kepada rekan satu tim Anda, apakah mereka bersedia untuk makan malam bersama sepulang kerja misalnya di restoran dekat kantor atau mall tertentu. Suasana yang santai akan mendorong terbukanya percakapan sehingga hubungan Anda dan mereka akan terjalin dengan lebih baik.

6. Atur Tempat Kerja Anda

Dekorasi seperti foto atau pajangan kecil yang relevan dengan sifat dan minat Anda bisa membantu orang lain untuk lebih memahami Anda. Hal ini juga bisa menghasilkan perbincangan kecil ketika mereka lewat di depan meja Anda dan merasa dekorasi tersebut menarik.

7. Bergabung dengan Kelompok Tertentu di Perusahaan

Misalnya saja Anda mendaftarkan diri untuk bergabung dengan kelompok futsal atau pecinta film di kantor. Coba bergabung dengan kelompok yang memiliki kegiatan sesuai dengan minat Anda.

8. Membawa Makanan

Makanan selalu bisa menjadi faktor yang mendekatkan banyak orang. Rekan kerja Anda akan menghargai jika Anda bersikap sopan termasuk ketika menawarkan makanan. Kesempatan ini bisa membuka jalan bagi Anda untuk berinteraksi lebih banyak dengan orang lain.

9. Membuat Grup Chat

Jika Anda sudah tahu mengenai apa saja minat yang sama dengan rekan kerja yang lain, beranikan diri untuk membuat grup chat, seperti group WA (whatsapp) sehingga semua orang dapat saling berbincang.

Tidak harus soal pekerjaan, bisa jadi mengenai olahraga, film, fashion hingga resep masakan.

10. Kerja di Luar Meja Kerja atau Cubicle

Jika peraturan perusahaan memperbolehkan Anda bekerja secara mobile (tidak harus di meja kantor atau bahkan tidak harus di kantor), coba untuk bekerja di area lain seperti sofa lobby sehingga Anda bisa bertemu dengan karyawan lain selain rekan satu tim.

Baca juga:  7 Tanda Karyawan Anda Stres

11. Memiliki Sifat Positif

Jangan suka mengeluh mengenai pekerjaan Anda atau terlibat dalam masalah kantor yang sepele. Dengan begitu orang-orang yang ada di sekitar Anda bisa merasakan sifat positif Anda.

12. Tawarkan Bantuan

Walaupun tidak terdapat pada job description dan tanggung jawab Anda, menawarkan bantuan kepada rekan kerja sebelum mereka memintanya adalah hal yang sangat baik. Anda bisa bekerja sama dengan mereka dan bertemu dengan lebih banyak orang. Karyawan lain juga akan menghargai sikap inisiatif Anda.

13. Menyapa Karyawan Lain

Sapaan seperti “Selamat pagi” atau “Hati-hati di jalan” adalah cara berteman di kantor yang sangat mudah untuk dilakukan. Ketika Anda berjalan di ruangan kantor misalnya, senyum atau katakan “Halo” atau “Permisi”, jangan malah menundukkan kepala.

14. Perhatikan Body Language Anda

Menyilangkan tangan di dada, bermain handphone atau memakai headphone terkadang bisa membuat rekan kerja lain merasa Anda kurang terbuka. Semakin body language Anda menunjukkan sikap Anda yang terbuka, maka barulah orang lain juga akan semakin mau untuk dekat dengan Anda.

15. Jadilah Diri Sendiri

Jadilah diri sendiri tak perlu berpura-pura agar diterima. Tidak ada gunanya Anda mencoba berteman jika Anda berpura-pura menjadi orang lain karena rekan kerja di kantor tidak akan pernah mengenal diri Anda yang sebenarnya.

Jangan takut untuk membuka diri walaupun Anda tidak harus sharing semua hal tentang diri Anda.

Sumber:
TheMuse: 15 Easy Ways to Make Friends at a New Job (Today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog