Cara Membuat Business Plan yang Baik

cara membuat business plan

Salah satu elemen yang Anda perlukan untuk bisa menjalankan sebuah perusahaan dengan baik dan efektif adalah membuat business plan yang tepat.

Jika Anda belum terlalu berpengalaman, pelajari beberapa langkah dan cara membuat business plan dan apa saja yang harus dicantumkan seperti berikut ini.

Ringkasan Business Plan

Ringkasan ini harus berisikan hal-hal penting yang mampu menyampaikan pesan mengenai keinginan Anda sebagai pemilik perusahaan kepada setiap orang yang membacanya. Tulis semua keinginan dan ekspektasi Anda pada halaman awal ringkasan ini.

Deskripsi Bisnis

Deskripsi bisnis biasanya dimulai dengan penjelasan mengenai industri tempat Anda bergerak. Pastikan Anda mendeskripsikan mengenai pandangan Anda terhadap industri tersebut saat ini dan di masa depan.

Selain itu, informasikan juga tentang pasar yang ada dalam industri terkait, termasuk produk dan perkembangan terbaru yang akan mempengaruhi bisnis Anda.

Strategi Pasar

Strategi pasar didapatkan dengan cara menganalisis pasar terkait terlebih dahulu. Proses menganalisis pasar secara langsung akan “memaksa” Anda untuk mengenal dengan baik semua aspek yang saling berkaitan. Hal ini berguna untuk mengetahui target pasar yang tepat dan posisi Anda untuk mencapainya.

Baca juga:  Cara Mengatur Waktu Agar Lebih Produktif Bekerja

Analisa Kompetitif

Tujuan dilakukannya analisa kompetitif adalah untuk melihat kekuatan dan kelemahan pesaing Anda di pasar dan industri yang sama. Elemen ini juga berguna untuk membantu Anda melihat apa saja yang bisa Anda kembangkan sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

Rencana Desain dan Perkembangan

Tujuan dari langkah ini adalah menyediakan deskripsi mengenai bisnis Anda kepada para investor. Dimulai dari desain produk, chart perkembangan produksi, strategi marketing dan perusahaan, hingga rencana perkembangan budget yang akan membantu perusahaan mencapai tujuan.

Rencana Operasi dan Manajemen

Elemen ini akan menggambarkan fungsi bisnis secara berkelanjutan. Rencana operasi akan menyoroti logistik organisasi operasi seperti tanggung jawab tim manajemen, tugas setiap divisi, hingga modal dan biaya yang terkait dengan operasi bisnis.

Faktor Finansial

Data finansial atau keuangan terkadang suka dilupakan, padahal elemen ini sangat penting bagi berlangsungnya operasi perusahaan.

Sumber:
Entrepreneur: How to Write a Business Plan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *