5 Cara Membuat CV yang Menarik Agar Dilirik HRD

cara membuat cv

Dalam dunia kerja, sebuah perusahaan biasanya akan menerima banyak kirimin CV (Curriculum Vitae) yang masuk setelah mereka memasang iklan lowongan kerja secara online.

Hal ini tentu tidaklah mudah, bagian HRD (Human Resource Development) harus memilah dengan teliti setiap CV yang masuk. Dengan kata lain, seorang HRD harus tahu cara menilai dan menyaring setiap CV dengan detail sesuai klasifikasi yang telah dibutuhkan.

Jika demikian, tentu akan menyita banyak waktu. Untuk itu diperlukan cara-cara cerdas agar bisa melihat CV pelamar secara efektif dan efisien.

Sebagai pelamar kerja, Anda harus tahu cara membuat cv yang menarik dan kreatif sehingga memikat perusahaan untuk memilih Anda menjadi calon karyawan. Simak ulasannya berikut ini.

1. Desain CV Terlihat Normal

Ada banyak ribuan template CV (Curriculum Vitae) yang tersedia di internet, membuat cv yang menarik kini semakin mudah. Pilihlah template yang baik dan mudah digunakan.

Periksa ejaan (spell check) tidak akan memakan banyak waktu dan seharusnya mudah bagi Anda untuk membaca cepat jika tak ada kesalahan penulisan. Karena hal ini yang pertama dilihat HRD secara umum dan keseluruhan.

Jika pelamar kerja sendiri tidak bisa membuat CV yang benar (sesuai format atau template umum), maka bisa jadi orang tersebut tidak serius ingin mendapatkan pekerjaan dari perusahaan yang dilamar.

Baca juga:  Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan

2. Adanya Jenjang Karir yang Jelas dalam CV

Salah satu karakteristik yang penting dalam CV adalah bahwa pelamar kerja membuktikan bahwa ia bisa meningkatkan performa dirinya sendiri.

Anda tentunya ingin agar bisa memiliki karyawan yang selalu berkembang dan bertumbuh dalam karir mereka. Lihat dan perhatikan jabatan yang tercantum di CV pelamar kerja. Periksa apakah selama masa bekerjanya ia sudah berhasil mengalami kemajuan atau naik jabatan tertentu.

Perlu diingat, hal ini sangat penting khususnya terhadap pelamar kerja millennial di mana kemajuan atau perpindahan jabatan terjadi ketika mereka memasuki perusahaan baru.

Walaupun berpindah-pindah tempat kerja sering kali dianggap sebagai hal negatif, namun hal ini juga berarti bahwa individu tersebut siap melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

3. Faktor Keberagaman

Banyaknya kemampuan yang dimiliki oleh pencari kerja akan memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Orang yang kreatif mampu memberikan ide-ide yang besar dari sudut pandang dan pengalaman yang berbeda.

Kemudian, perusahaan juga akan semakin mendapat keuntungan jika pelamar kerja memiliki banyak latar belakang pendidikan, hobi dan karir yang beragam. Hal ini berarti individu tersebut mampu ditempatkan dalam banyak kondisi tertentu.

Misalnya saja ada dua atau tiga orang pelamar yang secara teknis sudah sesuai dengan kualifikasi Anda. Namun salah satu di antara mereka memiliki keberagaman tertentu yang menjadi faktor pembeda. Anda patut untuk mempertimbangkan pelamar tersebut demi kemajuan bisnis Anda.

Baca juga:  Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia(MSDM)

4. Lihat Hasil Pekerjaan Sebelumnya

Tentu saja tidak semua pekerjaan membutuhkan portofolio, namun CV yang baik seharusnya mampu memberikan Anda pandangan mengenai kemampuan pelamar kerja.

Memang sebuah CV saja tak bisa menjadi faktor penentu Anda untuk menerima orang tersebut. Melainkan ada banyak proses lainnya yang harus dijalani oleh pelamar kerja.

Namun ketika Anda melihat contoh pekerjaan atau ide-ide mereka yang dicantumkan (baik di CV atau blog misalnya), secara keseluruhan Anda bisa mengetahui apakah individu tersebut adalah orang yang tepat.

5. Rancangan Desain CV

Ada banyak pelamar kerja yang membuat CV dengan rancangan sesuai dengan latar belakang mereka. Misalnya, seorang desainer grafis akan membuat CV mereka dengan unsur desain dan warna tertentu sesuai kreativitas masing-masing.

Lihat juga pengalaman non-kerja dan bagian lainnya yang terkait dengan latar belakang pelamar. Putuskan apakah faktor-faktor tersebut dibutuhkan dalam perusahaan Anda.

Selalu lihat dan periksa ulang CV yang memang menarik perhatian Anda karena tidak ada yang tahu mana pelamar yang memang menyimpan potensi hebat.

Sumber:
AmericanExpress: 5 Resume Reading Tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *