Tips Bagaimana Membangun Startup yang Sukses

cara membuat startup

Di era digital seperti sekarang, bisnis startup mulai menjamur. Kehadirannya pun memiliki tujuan dan menawarkan produk masing-masing.

Banyak startup tumbuh karena kebutuhan pasar atau mengikuti tren yang ada. Akan tetapi, dalam membangun startup tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Ada beberapa cara membuat startup Anda lebih maju dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, berikut di antaranya.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

Temukan Masalah yang Ada

Sebagai cara membangun startup paling awal adalah bagaimana Anda menemukan ide. Ide tersebut bisa muncul dari masalah-masalah yang ada di sekitar kita.

Kehadiran startup yang Anda bangun haruslah mampu menjawab permasalah yang ada di masyarakat. Semakin tinggi tingkat kebutuhan tersebut, semakin besar pula peluang Anda dalam membangun sebuah startup.

Lalu, Anda juga harus berani tampil beda. Terutama jika ada startup sebelumnya yang telah hadir dengan penawaran yang hampir sama.

Anda pun perlu untuk fokus dan memberikan yang terbaik kepada para konsumen. Untuk menemukan masalah apa yang sebaiknya perlu diketahui sebagai landasan membangun startup adalah dengan melakukan survei terlebih dahulu.

Kenali Target Pasarnya

Masalah dan permasalahan kini sudah mulai terpecahkan. Langkah berikutnya yang perlu diambil sekarang adalah bagaimana menentukan target pasar untuk startup Anda.

Menentukan target pasar ini memang bukan perkara mudah. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan. Sebab, jika salah sedikit saja menentukan target pasar akan berdampak kurang baik bagi bisnis.

Menentukan target pasar ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah menggunakan teknik demografi. Cara tersebut dilakukan dengan melihat dari segi usia, tingkat pendidikan, tempat tinggal hingga gaya hidup.

Jika metode tersebut telah dijalankan maka Anda dapat dengan mudah menentukan segmentasi pasar dan berpeluang mendapatkan pelanggan yang loyal.

Buat Relasi yang Baik dengan Konsumen

Setelah Anda meluncurkan startup dan mempromosikannya kepada masyarakat, maka langkah selanjutnya adalah membangun relasi dengan konsumen.

Membangun relasi dengan konsumen merupakan hal mutlak sebagai cara membangun startup yang sukses. Sebab, dalam bisnis konsumen merupakan elemen penting dalam menjadikan bisnis Anda berjalan dengan baik atau tidak.

Membuat relasi yang baik dengan konsumen ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja memberikan pelayanan terbaik kepada mereka. Selain itu, menjawab dan menerima segala masukan dari konsumen dengan rendah hati.

Anda juga bisa memberikan bonus atau reward kepada konsumen tertentu atau dalam rangka hari tertentu. Dengan begitu, konsumen akan merasa dihargai dan mereka akan loyal dengan layanan dari startup Anda.

Jangan Terlalu Kaku

Cara membuat startup yang perlu diperhatikan lainnya adalah bersikap terbuka dan jangan terlalu kaku. Dalam artian, Anda harus fleksibel dalam menghadapi setiap perubahan yang ada secara cepat.

Kemudian, jika konsumen melancarkan kritik terhadap produk dan pelayanan yang diberikan, sebaiknya tanggapilah dengan rendah hati.

Anaggaplah kritik tersebut sebagai masukan yang membangun. Hendaknya, sebagai pemilik startup Anda perlu menjawab pertanyaan dengan cepat dan tanggap.

Dengan bersikap fleksibel, Anda akan lebih mudah dalam menghadapi perubahan dan mengetahui apa saja yang diperlukan oleh konsumen.

Jangan Takut untuk Rugi

Dalam setiap perusahaan apa pun selalu dibayang-bayangi oleh kerugian. Ini merupakan hal wajar terlebih lagi jika banyak pesaingnya. Maka di sinilah sebagai pemilik startup Anda perlu memiliki mental yang tangguh dan kuat.

Ketika startup Anda sedang berada dalam posisi sepi konsumen atau rugi, inilah ujian yang harus dijalani. Anda pun bukan berarti menurunkan segi pelayanan atau produk yang diberikan.

Untuk itu, meningkatkan relasi juga penting. Sebab, jika terjadi kerugian Anda dapat bekerjasama dengan mitra untuk arah yang lebih baik. Perlahan tapi pasti asalkan tujuan perusahaan dapat tercapai.

Bersabar dan Terus Mengembangkan Inovasi

Kunci sukses dari cara membuat startup yang sukses adalah terus mengembangkan inovasi, tekun, dan penuh kesabaran.

Sebab, dalam dunia startup hal apapun bisa terjadi dengan cepat. Anda pun perlu untuk segera beradaptasi dengan cepat mengenai perubahan tersebut.

Jika tidak bisa mengendalikan situasi ini, selain sulit untuk mengembangkan bisnis bisa saja startup akan mengalami kebangkrutan.

Ingat, setiap perusahaan memiliki timeline kesuksesan sendiri. Kita dapat mengambil contoh dari Apple yang dibangun oleh Steve Jobs di tahun 1976.

Akan tetapi, pada tahun 1984 perusahaan tersebut mulai dikenal luas oleh dunia dengan kehadiran Macintosh.

Kemudian, selang beberapa tahun kemudian muncul iMac yang diminati konsumen di akhir dekade 1990-an. Di sini, kuncinya adalah bersabar dan terus berinovasi jika ingin startup Anda berkembang.

Jadi, setelah membaca cara membuat startup yang sukses di atas, sudah siapkah Anda untuk membangun startup dari sekarang?

Selain menerapkan cara di atas, kunci lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana Anda fokus dan menjaga konsistensi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda!

Sumber : inc.com

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian karyawan, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Aplikasi HR Berbasis Cloud KaryaOne

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *