4 Langkah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif

cara membuat surat lamaran kerja

Selain curriculum vitae (CV) dan portfolio, tentu saja ada beberapa lampiran wajib yang perlu Anda lampirkan ketika ingin melamar pekerjaan. Salah satu yang terpenting yakni surat lamaran kerja, ini berlaku dalam proses melamar kerja baik secara langsung maupun secara online.

Untuk itu, sebaiknya Anda membuat surat lamaran kerja dengan serius dan tidak hanya seadanya atau bahkan asal-asalan. Perlu diingat bahwa surat ini merupakan salah satu cara perekrut untuk menilai Anda.

Berikut empat langkah cara membuat surat lamaran kerja yang efektif agar mudah diterima di perusahaan.

1. Pelajari Elemen Surat Lamaran Kerja

Setelah mendapat informasi lowongan kerja yang sesuai dan siap membuat surat lamaran kerja, Anda harus terlebih dulu mengetahui elemen apa saja yang harus ada pada surat tersebut. Yakni:

Kepala Surat, umumnya terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, dan email Anda sebagai pelamar (letakkan di sebelah kanan).

Tanggal, urutkan dari hari, bulan dan tahun.

Alamat yang dituju, terdiri dari nama dan divisi tertentu serta nama perusahaan diletakkan di sisi kiri.

Kalimat pembuka, ucapkan salam seperti “Dengan hormat” atau “Kepada Yth” kepada pihak yang Anda tuju.

Badan surat, bagian ini merupakan elemen utama surat lamaran kerja yang terbagi kembali menjadi beberapa bagian. Paragraf pertama adalah penjelasan mengenai posisi atau jabatan yang Anda lamar beserta sumber informasi lamaran.

Baca juga:  5 Cara Pelatihan Karyawan di Perusahaan

Paragraf kedua dan ketiga, berisi penjelasan Anda tentang alasan mengapa Anda melamar di perusahaan terkait dan apa saja kemampuan Anda yang sesuai dengan kriteria. Sedangkan paragraf terakhir diisi dengan ucapan terima kasih dan harapan Anda.

Penutup, berisi salam dan ucapan terima kasih.

Blok tanda tangan, cantumkan tanda tangan asli dan nama Anda

2. Tampilan Surat Lamaran Kerja

Melanjutkan poin sebelumnya, Anda juga harus memperhatikan detail tampilan surat lamaran kerja, seperti:

Panjang, jangan membuat surat lamaran kerja lebih dari satu halaman.

Format dan margin halaman, gunakan single-spaced antar paragraf dan margin 1″, serta atur dengan format rata kiri.

Font, gunakan font umum dan tradisional seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri dengan ukuran 10 sampai 12.

3. Ketik Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui kelengkapan yang harus Anda buat dalam surat lamaran kerja, mulailah membuatnya. Jika bingung harus menggunakan kalimat seperti apa, Anda bisa mencari referensinya secara online. Pilih kalimat referensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda serta industri perusahaan yang dituju.

4. Baca Ulang dan Edit Kesalahan Penulisan

Biasakan untuk membaca kembali surat yang sudah Anda buat sebelum mencetak atau mengirimnya. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan nama, alamat atau kontak informasi.

Baca juga:  Cara Mengatur Keuangan Usaha Secara Efektif

Contoh surat lamaran kerja:

Santi
081808700509
santi@gmail.com

Jakarta, 13 Januari 2018

Kepada Yth.
Bapak / Ibu Personalia
PT. Maju Terus

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Bapak Murdomo bahwa di perusahaan yang bapak/ibu pimpin membuka lowongan untuk bekerja, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Sekretaris.

Saya mampu mengoperasikan komputer , berbahasa inggris aktif maupun pasif, dan saya dapat bekerja keras, rajin dan jujur, dapat bekerja secara mandiri maupun tim. Sebagai bahan pertimbangan untuk bapak/ibu akan saya lampirkan Daftar Riwayat Hidup.

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Santi

Itulah bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang mudah dan efektif. Semoga Anda mempunyai peluang besar untuk diterima di perusahaan yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *