5 Cara Memilih Karir yang Tepat, Bukan Sekedar Kerja

cara memilih karir

Cara memilih karir yang tepat sangat penting untuk dilakukan oleh semua orang. Pasalnya jika Anda memilih jalan karir yang tidak sesuai dengan minat atau kemampuan, maka besar kemungkinan Anda tidak dapat bekerja secara optimal.

Bahkan banyak orang yang menjadi frustrasi bekerja karena melakukan kesalahan dalam cara memilih karir. Agar ini tidak terjadi pada Anda, ikuti cara memilih karir yang tepat seperti berikut:

1. Kenali Kekuatan dan Kemampuan Anda Sendiri

Setiap orang memiliki kekuatan dan kemampuan masing-masing, tentu dengan kekurangannya juga. Cara memilih karir yang harus Anda lakukan pertama kalinya adalah mengenali kekuatan dan kemampuan Anda sendiri.

Maksud di sini adalah, hal atau pekerjaan apa saja yang Anda kuasai dengan baik atau Anda minati. Misalnya saja Anda pandai menulis, mengedit video, merancang desain dan sebagainya.

Buat daftar skill yang Anda kuasai, lalu pilih yang “terkuat”. Anda juga bisa meminta pendapat dari orang lain seperti keluarga atau teman dekat Anda mengenai hal ini.

Jika Anda menjalani karir sesuai dengan kemampuan Anda, maka Anda akan menjalani pekerjaan tersebut dengan menyenangkan.

Baca juga:  10 Jenis Profesi yang Penuh Tekanan Saat Ini

2. Mengetahui Kepribadian Diri Sendiri

Sama seperti kemampuan diri, setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain. Ada yang memiliki kepribadian introvert dan ada pula mereka yang ekstrovert.

Dengan mengetahui tipe kepribadian, Anda bisa mengetahui jenis lingkungan kerja yang paling sesuai untuk digeluti.

3. Melakukan Tes Karir

Cara memilih karir yang tepat selanjutnya adalah melakukan tes karir. Biasanya tes ini mengharuskan Anda menjawab sejumlah pertanyaan dengan batas waktu tertentu.

Tes karir ditujukan untuk menilai kemampuan dan kekuatan diri Anda untuk kemudian disesuaikan dengan pilihan karir yang cocok. Setelah semua pertanyaan telah terjawab, Anda akan diberi beberapa rekomendasi karir yang sesuai dan (dianggap) menjanjikan.

Anda bisa melakukan tes ini secara online dan dengan waktu yang singkat. Walaupun sebagian besar penyedia tes mengharuskan Anda membayar, ada penyedia tes yang mempersilakan Anda mencoba secara gratis.

4. Meminta Saran dari Orang Lain

Meminta saran dari orang lain adalah salah satu cara memilih karir yang tepat untuk dilakukan. Terlebih jika Anda meminta saran dari ahli yang berpengalaman atau mereka yang profesional dalam bidang tertentu.

Baca juga:  5 Kalimat yang Harus Dihindari di Kantor

Tanya semua hal yang ingin Anda ketahui dan gali informasi sebanyak mungkin mengenai karir atau industri yang ingin dituju. Minta nasihat yang bisa Anda gunakan sebagai cara memilih karir lainnya yang bisa Anda lakukan.

5. Melakukan Magang

Pekerjaan di tempat magang memberikan Anda banyak kesempatan bagus untuk melihat peluang karir yang tepat, sehingga jangan pernah meremehkan pekerjaan sebagai anak magang.

Anda akan mendapat banyak pengalaman dan informasi yang sangat berguna selama magang untuk karir Anda.

Bekerja sebagai anak magang juga memungkinkan Anda untuk merasakan seperti apa dunia kerja yang sebenarnya, bagaimana peran jabatan tertentu dalam perusahaan, seperti apa lingkungan pekerjaan dan sebagainya.

Dari pengalaman ini Anda dapat menilai apakah Anda memang cocok untuk menjalani karir seperti tersebut. Di sisi lain, magang merupakan cara yang efektif untuk membangun koneksi dengan para profesional dan mendapat rujukan kerja.

Sumber:
WhatCareerIsRightForMe: How to Choose a Career That Suits You Best

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *