Cara Memilih Software HR Terbaik untuk Perusahaan

Back to Blog
KARYAONE - Cara Memilih Software HR yang Baik

Software HR tak hanya bisa membantu perusahaan Anda untuk berjalan dengan lebih cepat dan tepat, tetapi juga membantu pegawai untuk mendapatkan hak-haknya dengan lebih mudah.

Pasalnya, software HR saat ini sudah memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan HRD, mulai dari penghitungan payroll, pajak Pph 21, uang lembur, transportasi, dan sebagainya.

Karena itu, Anda tak bisa asal memilih software HR. Ikuti cara-cara di bawah ini untuk bisa memilih software HR yang baik.

Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan

Di dalam sebuah software HR terdapat beragam fitur yang akan memudahkan pekerjaan tim HR, namun demikian ada baiknya jika pilihan software tersebut kembali disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Mulailah dengan membuat urutan dari kebutuhan yang paling krusial. Pilihlah fitur-fitur utama pada software HR yang bisa memberikan efisiensi waktu bekerja pada bagian HRD.

Perhatikan akurasi sistem

Berbeda dari cara kerja manusia, software HR dibangun berdasarkan sebuah sistem pada komputer. Tentu saja, sistem bisa saja mengalami kesalahan jika Anda tidak berhati-hati saat memasukkan data.

Untuk itu, di awal penggunaan fitur-fitur coba cocokkan kembali antara penghitungan software HR dan manual.

Anda dapat memanfaatkan masa trial untuk melakukan pencocokan data dan penghitungan demi memastikan keakuratan penghitungan pada sistem.

Baca juga:  4 Alasan Anda Harus Menggunakan Aplikasi Absensi Karyawan

Pertimbangkan fleksibilitas

Tentu saja, masing-masing membutuhkan fitur HR yang berbeda-beda mengingat jumlah karyawan serta sistem kerja yang berbeda pula.

Ada baiknya jika Anda mempertimbangkan hal-hal terkait fleksibilitas software HR itu sendiri sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Pilih software HR yang memiliki fitur lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan kustomisasi perusahaan dari berbagai sektor industri.

Keamanan data

Seiring dengan perkembangan teknologi internet saat ini, cybercrime pun terus meningkat. Segala data-data yang di-upload pada sebuah software berbasis internet tentu memiliki peluang untuk dicuri atau disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan begitu, pilih software HR yang menjamin keamanan data-data internal perusahaan Anda dengan baik serta selalu memberikan update sistem untuk mencegah peretasan.

Kemudahan bahasa operasional

Beberapa software HR mungkin dibangun dengan menggunakan bahasa yang sulit dimengerti oleh tim HR di sebuah perusahaan.

Terlebih jika orang-orang di dalam bagian HRD tersebut masih awam dengan teknologi HRD yang satu ini. Alih-alih memudahkan pekerjaan mereka, bahasa operasional dalam sistem yang sulit dimengerti justru akan memakan banyak waktu untuk dipelajari seluruh anggota tim HR.

Baca juga:  Pengertian HR Software dan Manfaat Bagi Bisnis Anda

Mulai dari fitur yang paling sederhana

Apabila Anda masih ragu mengenai fitur apa saja yang diperlukan oleh perusahaan karena semuanya terlihat begitu penting, maka sebaiknya memulai dulu dari fitur yang paling sederhana.

Cobalah untuk memakainya selama beberapa bulan, jika kemudian diperlukan fitur-fitur lain, maka tambahlah secara bertahap.

Tak harus membayar mahal

Software HR diluncurkan berbagai pihak developer dengan harga yang beragam. Namun demikian, semua memiliki kelebihan fiturnya masing-masing.

Sebaiknya Anda lakukan perbandingan harga dan kualitas layanan terlebih dulu. Software HR dengan harga mahal tidak menjamin kemudahan penggunaan dan akurasi fitur-fiturnya.

Dengan software HR KaryaONE Anda tak perlu membayar biaya instalasi, biaya kontrak minimum, dan biaya berulang.

Temukan berbagai kemudahan dalam mengelola absensi dan cuti karyawan, payroll, BPJS dan PPh 21 dengan tampilan sederhana, sehingga mudah dipahami.

Apakah Anda mulai tertarik menggunakan software HR untuk proses analisis dan pengambilan keputusan yang lebih cepat demi meningkatkan produktivitas perusahaan?

Dengan KaryaONE, Anda dapat dengan mudah mengelola administrasi SDM. Coba sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog