Cara Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah

cara mendapatkan pekerjaan

Kelulusan dan yudisium (wisuda) adalah hal-hal yang paling ditunggu oleh semua mahasiswa tingkat akhir yang telah menyelesaikan skripsi mereka.

Namun, kelulusan juga membuat banyak mahasiswa khawatir, khususnya bagi mereka yang belum tahu apa yang akan dilakukan setelah lulus.

Jika Anda adalah salah satu orang yang khawatir tersebut, jangan takut karena ada banyak cara mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah.

Manfaatkan Relasi

Jika Anda tertarik dengan sebuah perusahaan tertentu, maka coba cari dan jalin relasi dengan anak magang yang pernah bekerja di sana.

Mereka bisa memberikan Anda informasi mengenai peluang lowongan kerja di perusahaan tersebut dan siapa contact person yang harus Anda cari.

Cari informasi lebih banyak mengenai perusahaan yang Anda incar, misalnya dari channel YouTube atau media sosial lainnya. Akan ada banyak informasi menarik yang belum tentu bisa Anda temukan dari website perusahaan.

Minta saran dari teman yang sudah bekerja lebih dulu daripada Anda. Tanyakan tips mencari pekerjaan dan informasi lowongan pekerjaan yang mereka ketahui baik dari perusahaan tempat mereka bekerja atau kenalan lainnya.

Bangun Jaringan

Jangan takut untuk bertanya kepada atasan tempat Anda magang atau dosen tempat Anda kuliah baik melalui email atau komunikasi langsung.

Baca juga:  Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Bawahan di Kantor

Anda juga bisa bertanya kepada pihak administrasi kampus karena orang-orang tersebut memiliki banyak kenalan dan koneksi di berbagai jenis industri.

Bergabung dalam jaringan alumni baik SMA maupun universitas. Banyak website sekolah dan universitas yang memiliki informasi mengenai lowongan kerja dari berbagai industri.

Website seperti ini juga memiliki informasi mengenai di mana saja para alumni bekerja, apa posisi mereka dan berapa lama mereka telah bekerja.

Tingkatkan Kemampuan

Jangan malas untuk magang atau kerja part-time, khususnya di perusahaan yang mungkin saja bisa memberikan Anda kesempatan untuk bekerja sebagai karyawan tetap.

Selain belajar dan mencari pengalaman, magang memberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda dan melihat apakah perusahaan tersebut cocok untuk Anda.

Jika Anda kurang suka magang karena tidak semua perusahaan memberikan upah kepada anak magang, maka Anda bisa mencoba untuk bekerja di kampus.

Walaupun pekerjaan yang ditawarkan mungkin tidak sesuai dengan jurusan yang Anda ambil, tetapi Anda justru bisa mendapatkan pengalaman dan kemampuan baru yang bisa berguna pada saat bekerja nanti.

Cari dan Jangan Lewatkan Kesempatan Besar

Follow akun-akun penyedia info lowongan kerja di Twitter, Instagram dan Facebook untuk mendapatkan ratusan informasi lowongan kerja setiap harinya.

Baca juga:  Manfaat Liburan Bagi Karyawan dan Perusahaan

Jangan lupa untuk rajin melihat website dan blog perusahaan-perusahaan yang Anda incar dan perusahaan lainnya di industri terkait.

Walaupun perusahaan yang Anda incar sedang tidak membuka lowongan, tidak ada salahnya jika Anda tetap mengirimkan CV dan surat lamaran kerja.

Mungkin saja ternyata ada posisi yang dibutuhkan dan sesuai dengan latar belakang Anda di mana pihak HRD belum memasang iklan atau info lowongan tersebut.

Buat Online Profile Semenarik Mungkin

Pastikan Anda memiliki akun media sosial dengan detail informasi profil yang lengkap. Kemudian follow akun-akun terkait dengan bisnis atau industri yang sesuai dengan latar belakang Anda.

Misalnya, profil di LinkedIn, lengkapi keseluruhan informasi yang diminta serta bangun jaringan sebanyak mungkin dengan orang-orang yang memiliki latar belakang sama dengan Anda.

Untuk melengkapi poin sebelumnya, Anda bisa membuat blog atau portofolio online berisi contoh hasil pekerjaan yang pernah Anda buat sebelumnya. Elemen ini akan menguntungkan Anda sekaligus membantu perusahaan melihat kemampuan Anda.

Sumber:
TheMuse: 53 Ways to Get a Job Before Graduation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *