5 Cara Mudah Mengatasi Stres di Tempat Kerja

cara mengatasi stres

Tugas yang banyak, tanggung jawab besar, masalah dengan rekan kerja, tuntutan klien dan beban profesi lainnya yang ada di kantor bisa membuat seseorang menjadi stres.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang stres dalam pekerjaan, maka Anda harus segera mengatasi hal ini sebab akan berpengaruh pada produktivitas dalam bekerja.

Walaupun terdengar sepele namun beberapa cara mengatasi stres dalam pekerjaan berikut ini dapat membuat Anda terlepas dari kondisi stres dan bekerja secara maksimal:

1. Duduk Tegak

Cara mengatasi stres yang paling mudah dilakukan adalah duduk dengan tegak. Posisi atau postur tubuh Anda saat duduk ternyata mempengaruhi psikologi dan sikap Anda.

Pengajar di Massachusetts Institute of Technology dan asosiasi kedokteran menjelaskan bahwa posisi duduk yang membungkuk bisa memicu stres. Hal yang sama juga berlaku jika meja dan kursi terlalu sempit.

Kondisi tersebut akan menyulitkan Anda untuk bergerak atau bahkan hanya memindahkan suatu barang misalnya. Kondisi ini juga tidak memberikan Anda ruang untuk “bernafas”.

Oleh karena itu lebih baik Anda duduk tegak dengan meja dan kursi yang lebih leluasa serta jangan lupa untuk sesekali melakukan peregangan.

2. Rapikan Meja Kerja

Para peneliti dari UCLA (University of California, Los Angeles) menemukan bahwa kondisi lingkungan kerja yang berantakan dapat mebuat tubuh memproduksi hormon stres.

Baca juga:  Manfaat Liburan Bagi Karyawan dan Perusahaan

Siapa sangka bahwa meja kerja atau cubicle yang tidak berantakan dan kotor bisa membuat Anda stres?  Walaupun sebenarnya Anda tidak bermasalah dengan pekerjaan yang dilakukan.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa satu hal kecil yang tidak rapi dapat memicu kekacauan yang lebih besar. Contoh kecil di sini adalah tumpukan kertas yang berantakan atau banyaknya email yang memenuhi kotak masuk.

Rapikan meja kerja dan cubicle, buang semua barang tidak berguna dan daur ulang benda yang bisa dimanfaatkan.

3. Jangan Pedulikan Hal yang Tidak Masuk Akal

Ambisi adalah hal yang positif dalam dunia kerja. Sikap ini berarti Anda bersemangat dan terpacu untuk bisa sukses dalam pekerjaan yang dilakukan. Namun terkadang, Anda malah bisa jatuh dalam proses tertentu jika tujuan tersebut terlalu tinggi.

Seorang profesor di Australia yang meneliti 200 mahasiswa mendapat kesimpulan mengenai reaksi mereka jika dihadapkan pada tujuan yang tidak masuk akal.

Ia menjelaskan, mereka yang menyesuaikan kemampuannya dengan tujuan yang ingin dicapai tidak mengalami stres berat. Orang-orang tersebut juga dikatakan memiliki rencana karir yang lebih jelas dan mampu mengeksplorasi lebih banyak hal dibandingkan yang lainnya.

Pada dasarnya cara mengatasi stres ini menuntut Anda untuk bisa bersikap fleksibel dan mengetahui kemampuan diri sendiri untuk menyeimbangkannya dengan tujuan yang akan dicapai.

Baca juga:  9 Cara Membuat Meeting Anda Menjadi Lebih Efektif

4. Hindari Hal yang Mengganggu

Tidak menjawab telepon, membuka email, menggunakan media sosial atau chatting online memang sulit dilakukan. Namun ternyata hal tersebut dapat membuat Anda lebih fokus bekerja dan menghindari stres.

Pasalnya, workflow yang terganggu oleh hal yang tidak penting memiliki efek merugikan terhadap kepuasan bekerja diri sendiri. Anda bisa stres dan tidak lagi semangat menyelesaikan pekerjaan yang sedang dilakukan.

Ketika sedang bekerja dan mengalami gangguan seperti tersebut, ingatkan diri Anda sendiri untuk tetap fokus menyelesaikan pekerjaan yang sedang dilakukan. Atau jika memang sangat terdesak, tulis sampai mana pekerjaan sedang Anda lakukan dan bagaimana Anda harus melanjutkannya.

5. Terima Stres dengan Baik

Peneliti di Yale University menemukan bahwa subjek eksperimen yang mendapat penjelasan bahwa stres dapat bermanfaat ternyata memiliki gejala psikologis dan kinerja yang membaik dari sebelumnya. Sementara itu mereka yang mendapat penjelasan bahwa stres adalah hal yang negatif akan semakin merasa terpuruk.

Biasakan diri untuk menerima dan menjalankan semua hal dengan pandangan positif sehingga mampu menghadapi apapun tantangan yang ada di depan Anda.

Sumber:
Time: 5 Scientifically Proven Ways to Reduce Stress at Work

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *