Cara Mengatur Keuangan Usaha Secara Efektif

cara mengatur keuangan usaha

Mendirikan usaha sendiri merupakan pilihan bagi banyak orang dalam menjalankan karir mereka. Namun tentu saja mendirikan dan menjalankan usaha sendiri bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Anda dituntut untuk bisa menguasai pengetahuan bisnis dan industri yang Anda pilih, peraturan pemerintah, wawasan mengenai perekrutan, hingga tentu saja keuangan.

Banyak bisnis yang harus gulung tikar karena banyaknya kekurangan dan kesalahan yang dilakukan, terutama dalam mengatur keuangan usaha bisnisnya.

Agar hal tersebut tak terjadi pada Anda, maka pelajari cara mengatur keuangan usaha secara efektif berikut ini:

1. Buat Perencanaan Keuangan

Sebuah bisnis membutuhkan perencanaan sebelum beroperasi, baik bagi usaha berskala kecil maupun besar. Sering kali ada perusahaan yang membuat rencana keuangan jangka pendek, namun Anda juga membutuhkan perencanaan jangka panjang untuk bisa melihat masa depan perusahaan.

Perencanaan yang dibuat termasuk perencanaan aset dan modal yang diperlukan untuk mencapai tujuan masa depan perusahaan. Perencanaan keuangan akan membantu Anda mencapai tujuan perusahaan baik dalam skema jangka pendek maupun panjang.

2. Minta Bantuan Konsultan

Banyak pengusaha yang menolak untuk meminta bantuan konsultan keuangan karena dianggap membuat-buang uang. Perlu diingat, walaupun Anda yakin dan percaya diri, namun belum tentu Anda memahami semua aspek yang dibutuhkan dalam mengatur keuangan usaha Anda sendiri.

Baca juga:  10 Keuntungan Perusahaan Merekrut Freelancer

Selain itu, Anda juga tidak bisa mengerjakan semua pekerjaan keuangan seorang diri. Tidak ada salahnya Anda meminta bantuan dari konsultan keuangan demi berjalannya usaha.

Cari tahu apa saja yang harus perusahaan lakukan, apa yang perusahaan hadapi dan sebagainya. Bayangkan jika Anda melakukan kesalahan misalnya dalam mengurus pajak. Maka usaha Anda bisa menerima konsekuensi yang serius.

3. Gunakan Software Atau Aplikasi Keuangan

Banyak software dan aplikasi yang bisa dengan mudah mengatur keuangan usaha Anda. Misalnya, untuk menyimpan dan tracking tagihan, faktur, hingga memberikan Anda berbagai macam informasi terkait dunia keuangan dalam usaha.

Software seperti KaryaONE, solusi manajemen administrasi dan penggajian dapat membantu Anda secara efektif dalam mengelola keuangan untuk usaha kecil menengah (UKM, UMKM) sampai korporasi.

4. Jangan Menumpuk Pekerjaan

Memang benar bahwa Anda harus memprioritaskan setiap pekerjaan, tetapi bukan berarti Anda bisa menumpuk pekerjaan lain yang dianggap tidak terlalu penting.

Semakin lama Anda membiarkan sebuah pekerjaan terbengkalai, termasuk keuangan, maka akan semakin lama pula pekerjaan tersebut bisa diselesaikan.

Pastikan semua pekerjaan keuangan Anda dikerjakan secara efektif dan efisien, selain itu pastikan juga semua pembukuan keuangan selalu terupdate. Dengan begini pekerjaan seperti pajak hingga utang-pituang dapat dengan mudah untuk dilakukan secara terstruktur.

Baca juga:  4 Keunggulan Kompetitif Talent Management

5. Manajemen Cash Flow

Ingat untuk selalu melakukan manajemen cash flow usaha Anda, termasuk tagihan, aset dan utang. Cara ini akan membantu Anda untuk mengerti kemampuan keuangan usaha Anda.

Misalnya, ketika Anda harus membuat keputusan tertentu. Ketahui arus kas atau perputaran keuangan dan berapa banyak uang yang dimiliki untuk modal usaha berikutnya.

6. Buat Laporan Anggaran

Laporan anggaran yang lengkap dan rapi adalah salah satu hal terpenting bagi perencanaan finansial usaha Anda karena memungkinkan Anda menetapkan tujuan usaha secara realistik. Buat juga perencanaan anggaran untuk tahun kerja selanjutnya, termasuk estimasi profit yang bisa didapatkan.

Sumber:
HomeBusinessMag: 6 Ways to Effectively Manage Your Small Business Finance

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *