Cara Menghilangkan Bosan di Tempat Kerja

cara menghilangkan bosan

Rutinitas keseharian yang selalu dijalani sering kali membuat seseorang menjadi cepat merasa bosan, termasuk juga ketika sedang berada di kantor.

Mungkin Anda pernah mengalaminya, suatu titik di mana Anda benar-benar merasa jenuh karena harus mengerjakan tugas dan pekerjaan yang sama setiap hari.

Ada banyak cara menghilangkan bosan di tempat kerja yang bisa membuat diri Anda kembali bersemangat untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Berangkat Kerja dengan Rute Atau Transportasi Baru

Bagi sebagian orang, rasa bosan sebenarnya tidak berasal dari kantor, melainkan dimulai ketika keluar rumah dan perjalanan menuju kantor. Misalnya, kondisi jalanan yang sangat macet sehingga membuat Anda telat ke kantor.

Untuk mengalihkan perhatian Anda dari kondisi macet di jalanan, coba untuk menghibur diri sendiri di dalam mobil dengan menyalakan musik dan bernyanyi.

Kemudian coba bereksperimen dengan berkendara melalui rute baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Mungkin saja rute tersebut justru bebas macet.

Anda juga bisa memilih untuk menggunakan transportasi umum dengan berangkat lebih pagi sehingga merasakan suasana baru di jalan.

2. Dekorasi Meja Kantor

Suasana dan lingkungan yang mengelilingi Anda bisa membawa perubahan besar bagi mood Anda, termasuk cubicle (meja kerja) yang kecil dan membosankan.

Sebuah pencahayaan bisa membuat perubahan besar, cobalah untuk memasang satu atau dua lampu meja kecil.

Selain itu, Anda juga bisa membawa tanaman kecil atau benda unik lainnya sebagai hiasan meja kerja (cubicle), sehingga bisa memberikan pemandangan baru dan membuat Anda lebih nyaman.

3. Lawan Rasa Lelah

Mungkin saja masalah di sini bukan dari pekerjaan di kantor, melainkan tubuh Anda sendiri yang sedang lelah sehingga tak memiliki energi untuk bekerja.

Baca juga:  Cara Mengatasi Absensi Karyawan yang Berlebihan

Selain makan dan tidur yang cukup, pastikan Anda berolahraga secara teratur untuk memperbaiki sirkulasi darah dan membuat tubuh terasa lebih segar.

Bahkan jika memungkinkan, gunakan standing desk sehingga Anda bisa bekerja sambil berdiri dan membuat Anda tetap bergerak selagi bekerja.

4. Buat Meeting Menjadi Lebih Produktif

Meeting adalah salah satu kegiatan yang paling membosankan untuk sebagian orang. Sering kali, sebagian besar waktu untuk meeting malah membuang waktu Anda untuk menyelesaikan tugas lain.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah memperbaiki sumber yang menjadi penyebab meeting berlangsung lama dan mengubah cara meeting menjadi lebih efektif dan produktif.

Bicara pada manajer Anda mengenai hal ini dan pastikan bahwa meeting tersebut memiliki agenda yang sangat spesifik sehingga tidak membuang waktu dengan membicarakan hal lain yang tidak penting.

5. Jadi Karyawan Terbaik

Jika pekerjaan Anda mudah dan membosankan, saatnya memberanikan diri untuk melakukan hal lain dan berinisiatif membuat proyek tertentu.

Selain membuat Anda semakin terlibat dengan tim divisi lain, hal ini akan menarik perhatian atasan dan membantu Anda untuk mendapatkan penilaian yang baik.

Tulis apa saja hal yang bisa Anda lakukan untuk perusahaan, dan mulai lakukan tanpa perlu menunggu instruksi terlebih dulu.

6. Lakukan Tugas Baru

Jika poin sebelumnya belum cukup, Anda bisa bicara dengan atasan dan tanyakan apakah Anda bisa mendapatkan tugas lainnya yang lebih menantang.

Baca juga:  7 Penyebab Iklan Lowongan Kerja Sepi Peminat

Misalnya, bergabung dengan tim divisi lain dan membantu proyek baru yang sedang dikerjakan, atau bertukar tugas dengan rekan satu tim Anda sehingga tak bosan.

7. Mempelajari Skill Baru Selagi Bekerja

Jika Anda mendapatkan tugas baru, maka Anda juga mendapat kesempatan untuk mempelajari skill baru. Gunakan waktu Anda untuk menguasai skill yang baru dan menarik serta tentunya berguna bagi tugas baru Anda.

8. Browsing Website yang Menarik

Tidak ada salahnya jika sesekali Anda browsing ke situs-situs humor atau website lain yang menarik bagi Anda ketika jam kerja, jadikan ini salah satu hal yang dilakukan saat bosan.

Gunakan waktu tersebut untuk membuat diri Anda terhibur dan merasa santai sejenak sebelum kembali mengerjakan tugas kantor yang membosankan. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal ini bisa meningkatkan produktivitas karyawan.

9. Manfaatkan Rasa Bosan untuk Berpikir Kreatif

Ubah rasa bosan menjadi dorongan untuk berpikir kreatif, apalagi jika pekerjaan Anda mengharuskan hadirnya ide-ide kreatif dan brainstorming bersama tim. Aktivitas berpikir akan membantu Anda menciptakan ide-ide baru yang kreatif, sehingga manfaatkan hal ini.

10. Resign

Memang, terkadang rasa bosan di kantor tidak bisa dihindarkan. Jika Anda benar-benar sudah tidak bisa menghentikannya, maka mungkin ini alasan yang baik untuk berhenti kerja (resign).

Anda bisa meminta saran terlebih dahulu dari rekan sesama tim atau atasan dan beri tahu kondisi Anda selama berada di kantor. Kemudian beranikan diri untuk resign dan mencari tantangan baru di perusahaan lain.

Sumber:
Lifehacker: Top 10 Ways to Cure Your Boredom at Work

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *