Cara Menulis Job Description yang Efektif

cara menulis job description

Perusahaan yang sedang berkembang membutuhkan banyak tambahan tenaga kerja profesional, mungkin juga sama seperti perusahaan anda saat ini. Oleh karenanya perusahaan akan kembali merekrut karyawan dan mencari kandidat berkualitas.

Kunci terbaik untuk menarik perhatian para pencari kerja dan meyakinkan mereka akan keseriusan perusahaan anda adalah dengan cara menulis job description yang efektif. Setidaknya ada enam tips yang bisa anda lakukan dengan sederhana.

1. Tarik Perhatian Pencari Kerja di Awal

Dalam memulai proses perekrutan termasuk menulis job description, coba bayangkan kandidat ideal yang anda inginkan. Sebaik apa kualitas yang harus dimiliki hingga informasi apa yang sekiranya ingin mereka ketahui?

Detail seperti ini bisa membantu anda untuk mendapatkan perhatian para pencari kerja. Tambahkan kalimat seperti, “Mencari pekerjaan yang cocok di bidang kreatif?” atau, “Apakah mencari pekerjaan yang menunjang karir anda sebagai profesional IT?”.

2. Tulis dan Jelaskan Semua Hal Penting

Tidak perlu berlebihan, namun pastikan anda sudah menyampaikan semua hal penting dengan jelas apa saja yang perlu diketahui para pencari kerja. Diantaranya:

  • Job Title

“Jual” posisi dengan menampilkan job title yang menarik secara mendetail. Berikan informasi yang jelas mengenai posisi seperti apa yang dibutuhkan perusahaan agar tidak ada orang yang salah melamar.

  • Kemampuan dan Kualifikasi
Baca juga:  Inilah 10 Profesi dengan Gaji Terbesar di Indonesia

Tulis beberapa kemampuan dan kualifikasi yang sekiranya harus dimiliki kandidat. Sebagai tambahan, jelaskan apakah kemampuan dan kualifikasi tersebut harus dianggap sebagai persyaratan atau tidak.

  • Tipe Pekerjaan

Tambahkan penjelasan mengenai jenis posisi tersebut, misalnya dibutuhkan secara full-time atau hanya part-time saja. Jika hanya berupa part-time atau bahkan magang, informasikan mengenai adanya pemberian upah atau tidak. Anda harus bersikap transparan sejak awal.

  • Upah dan Keuntungan/Tunjangan

Untuk semakin menarik perhatian para pencari kerja, beri keterangan mengenai kisaran gaji hingga tunjangan pada setiap posisi yang dibutuhkan.

  • Lokasi Kantor dan Informasi Kontak

Cantumkan alamat kantor, email, nomor telepon dan juga media sosial perusahaan anda. Beri kemudahan pada orang-orang yang ingin melamar kerja di perusahaan anda.

3. Buat dengan Singkat

Jika anda sudah menuliskan semua bagian terpenting, maka selanjutnya tak perlu berlebihan ketika menambahkan detail informasi lainnya.

Teks yang panjang dan terlalu berat akan membuat pencari kerja menjadi bosan untuk membaca job description. Coba gunakan poin-poin dan deskripsi singkat agar lebih sederhana dan mudah dibaca atau dipahami.

4. Hindari Bahasa yang Tidak Jelas

Pastikan anda menggunakan bahasa formal atau mudah dimengerti ketika menulis job description untuk menghindari kesalahpahaman, terlebih mengenai upah, jam kerja dan beban kerja yang akan diemban.

Baca juga:  Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan

5. Tambahkan Konten Visual

Ada banyak cara menulis job description agar lebih menarik saat dibaca dan tak terkesan kaku, salah satunya dengan menambahkan gambar dan foto.

Walaupun cara ini tidak konvensional, namun dinilai efektif dalam mencari kandidat berkualitas. Penambahan foto kegiatan atau suasana kantor juga akan menunjukkan kepribadian perusahaan anda.

6. Berikan Sentuhan yang Lebih Personal

Jangan terlalu kaku ketika merekrut calon karyawan baru, melainkan lakukan pendekatan yang lebih personal. Bisa dimulai dari iklan lowongan kerja dan cara menulis job description yang menarik.

Kandidat berkualitas umumnya tertarik dengan perusahaan yang membuat mereka merasa nyaman. Untuk itu, coba rangkai kalimat pembuka pada job description dengan lebih personal (namun tetap menggunakan bahasa resmi dan profesional).

Tampilkan kepribadian dan budaya perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang tepat mengenai perusahaan anda.

Sumber:
HireRabbit: 6 Secrets To Crafting A Standout Job Description

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *