Ini dia Alur Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

cek pajak kendaraan

Sekarang, Anda tidak perlu ke Samsat untuk cek pajak kendaraan bermotor. Anda bisa manfaatkan fasilitas online yang sudah diberikan oleh pihak kepolisian.Dengan fasilitas ini, banyak orang diuntungkan. Tidak hanya pemilik kendaraan. Orang yang ingin membeli kendaraan pun tahu berapa pajak kendaaan yang akan ia beli.

Selain itu, ia juga bisa mengecek apakah pemilik yang sebelumnya taat membayar pajak atau tidak.  Lalu, bagaimana cara cek pajak kendaraan secara online? Berikut ini informasi selengkapnya.

Banner KaryaOne - Payroll Software Indonesia

Cara Mengecek Pajak Kendaraan Bermotor Online

Harus dipahami tidak semua daerah memiliki layanan cek pajak motor atau mobil secara online.

Sampai saat ini, hanya provinsi besar saja yang memiliki layanan seperti ini, seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, serta Jogjakarta.

Adapun pengecekan pajak bisa Anda lakukan dengan menggunakan salah satu cara berikut ini.

Melalui Website

website e samsat

Samsat sudah memiliki sistem secara online. Mereka memberikan akses kepada pemilik kendaraan untuk mengetahui berapa pajak kendaraan mereka di website yang sudah mereka siapkan.

Cukup masuk ke Google. Lalu, keyword atau kata kunci e-samsat dan ikuti dengan nama kota atau provinsi di mana Anda berada.

Misalnya saja, Anda berada di Jawa Tengah, ketik e-samsat Jawa Tengah. Maka Anda akan diarahkan ke website e-samsat Jawa Tengah.

Setelah itu, masuk ke situs e-samsat tersebut. Cari bagian informasi PKB. Di sana, ada kolom di mana Anda akan diminta untuk memasukkan data kendaraan dan nomor plat kendaraan.

Kemudian, Anda akan mendapatkan informasi berapa pajak yang harus Anda bayar.

Melalui SMS

sms e-samsat

kaskus.co.id

Ini memang cara cek pajak kendaraan bermotor yang tidak begitu lazim dilakukan. Karena sudah jarang sekali orang yang menggunakan fasilitas SMS untuk komunikasi.

Dan ternyata tidak semua kota atau provinsi menyedikan cara pengecekan pajak kendaraan melalui SMS. Layanan ini hanya diberikan oleh Jawa Barat saja.

Jika plat nomor motor atau mobil Anda dari Jawa Barat, Anda bisa cek pajak kendaraan melalui SMS. Format SMS-nya adalah Info<spasi>kode plat kendaraan/nomor polisi/kode seri plat kendaraan<spasi> warna plat kendaraan.

Melalui Aplikasi

aplikasi e-samsat

Yang paling popular sekarang adalah pengecekan pajak kendaraan melalui website dan juga aplikasi. Bagi orang yang menjalankan bisnis jual beli kendaraan second, mereka biasanya menginstal aplikasi cek pajak kendaraan. Ini menjadi senjata penting mereka.

Caranya tidak beda dengan pengecekan melalui website. Namun, Anda harus mengunduh aplikasinya di App Store atau Play Store. Jika ingin cek pajak kendaraan bermotor, masuk ke menu PKB dan ketik plat nomor kendaraan.

Dari ketiga cara tersebut, mana yang menurut Anda paling mudah untuk Anda coba? Selama ini, yang paling sering digunakan adalah website.

Bahkan, di masing-masing samsat, biasaya sudah disediakan komputer di mana pemilik kendaraan bisa melakukan cek pajak kendaraan bermotor mereka sendiri.

Jadi, sebelum melakukan pembayaran, mereka sudah tahu berapa pajak yang harus mereka bayar.

Selain itu, mereka juga mendapatkan informasi mengenai telat bayar. Website e-samsat akan memberikan data berapa tahun seseorang telat membayar pajak lengkap dengan berapa denda yang harus mereka bayar.

Dengan adanya informasi ini, masyarakat semakin dipermudah. Ada keterbukaan informasi sehingga masyarakat semakin percaya dengan kepolisian. Tidak ada yang ditutup-tutupi.

Semua hal dibuka, tak terkecuali pajak kendaraan masing-masing pemilik.

Tarif Pajak Kendaraan Berbeda-Beda

Tahukah Anda apa yang membedakan tarif pajak kendaraan? Mungkin Anda akan menjawab tahun pembuatan, mesin yang digunakan, tipe kendaraan, dan juga kota di mana kendaraan tersebut didaftarkan.

Pajak Progresif

Akan tetapi, ada satu hal yang perlu Anda pahami. Ada kemungkinan kendaraan yang sama persis dan didaftarkan di kota yang sama memiliki tarif pajak yang berbeda. Ini terkait dengan pajak progresif.

Ini merupakan pajak yang ditetapkan oleh pemerintah kepada pemilik kendaraan yang memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor.

Mungkin Anda tidak merasa pajak kendaraan satu dengan yang lainnya berbeda. Namun, itu kenyataan nya.

Pajak kendaraan Anda yang kedua jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pajak kendaraan yang pertama. Kenaikan tarif pajak inilah disebut dengan pajak progresif.

Apa yang membuat pemerintah menerapkan pajak progresif? Banyak sekali tujuannya. Salah satunya untuk menekan agar setiap orang tidak dengan mudahnya memiliki lebih dari satu kendaraan.

Karena semakin banyak kendaraan bisa menyebabkan efek lainnya, seperti kemacetan, potensi jalan rusak lebih tinggi, dan lain sebagainya.

Tarif Pajak Progresif

Tarif pajak progresif berbeda-beda. Untuk kendaraan pertama, tarif pajak yang ditetapkan hanya 2%. Akan tetapi, untuk kendaraan kedua dan ketiga masing-masing 2,5% dan +0,5%.

Semakin bertambah jumlah kendaraan atas nama Anda maka akan ada penambahan sebesar 0,5%. Ini presentase yang kebanyakan daerah tetapkan.

Jadi, semakin banyak kendaraan yang didaftarkan atas nama Anda, maka semakin tinggi pajak yang harus Anda bayarkan.

Sekarang, coba Anda ingat kembali kendaraan nomor berapa yang Anda gunakan sekarang? Jika kendaraan lainnya sudah dibeli orang lain tapi masih atas nama Anda, tetap saja Anda akan mendapatkan pajak progresif. Pajak kendaraan Anda yang sekarang pasti mahal.

Cara Memblokir STNK Motor atau Mobil

Bagaimana cara agar Anda tidak terkena pajak progresif? Anda harus memblokir STNK kendaraan bermotor yang sudah tidak milik Anda.

Misalnya saja mobil Anda jual ke orang lain. Agar Anda tidak terkena pajak progresif untuk mobil Anda yang baru, blokir STNK mobil Anda yang lama.

Bagaimana jika mobil sudah dibawa oleh pembeli yang baru? Tenang saja. Ada cara pemblokiran yang sah tanpa harus menunjukkan mobil tersebut.

Siapkan Syarat yang Diperlukan


Adapun syarat yang harus Anda siapkan adalah fotokopi STNK dan fotokopi KTP. Lalu, siapkan juga bukti kwitansi jual beli kendaraan yang sudah dikuatkan dengan materai.

Datang ke Kantor Samsat

Mintalah petugas samsat untuk melakukan pemblokiran. Dan jika proses pemblokiran selesai, itu artinya pemilik kendaraan harus segera melakukan balik nama.

Sayangnya, terkadang pemilik tidak menyimpan fotokopi STNK. Mungkin Anda juga tidak sempat memfotokopi STNK mobil yang sudah Anda jual ke orang lain.

Tenang saja. Ada solusinya. Anda sertakan saja nomor polisi dan jenis kendaraan lengkap dengan KTP yang sesuai dengan STNK.

Buat surat pernyataan bahwa Anda ingin melakukan pemblokiran kendaraan dengan nomor polisi tersebut.

Kebanyakan orang setelah melakukan cek pajak kendaraan bermotor akan langsung melakukan pemblokiran jika ternyata mereka terkena pajak progresif.

Mereka tidak ingin terus dibebani dengan bertambahnya pajak ketika mereka membeli kendaraan yang baru. Anda juga tidak inginkan hal seperti itu, bukan?

Sekarang, Anda sudah tahu bagaimana mudahnya melakukan cek pajak kendaraan bermotor secara online. Ini diharapkan semakin membuat Anda patuh membayar pajak.

Karena uang pajak yang Anda serahkan kepada negara akan dipergunakan sebaik mungkin untuk pembangunan sarana dan prasarana jalan raya dan juga memperbaiki jalan yang rusak.

Pada akhirnya, pajak yang Anda setorkan ke negara akan Anda yang menikmati kembali.

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *