Mengenal Consumer Insight Sebagai Inovasi Jangka Panjang

consumer insights

Beberapa perusahaan bonafit melakukan perubahan internal untuk merespon market shifting kini. Satu diantaranya yang perlu anda catat adalah pergantian divisi Market Research menjadi divisi Consumer Insight.

Alih-alih menjadikan pasar sebagai poros bisnis, banyak perusahaan yang berfokus pada konsumennya dengan gerilya analisa consumer insight. Ini sekaligus memetakan batasan yang jelas antara keduanya.

Dimana market research berfokus pada pergerakan industrial sementara consumer insight berfokus pada tren perilaku dan pola komunikasi konsumen saat berinteraksi dengan produk atau brand perusahaan.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

Apa Itu Consumer Insight?

Pada dasarnya consumer insight adalah interpretasi dan analisa dari berbagai respon dan interaksi dengan konsumen untuk menemukan tren serta hal baru dari pola perilaku konsumen.

Menemukan motif-motif tersembunyi dalam pola tersebut yang bisa digunakan sebagai media komunikasi efektif.

Dalam penjelasan yang lebih ringkas, ini adalah cara untuk memahami khalayak sekaligus konsumen anda dengan tujuan mempermudah pemasaran produk atau layanan bisnis.

Perusahaan yang memahami konsumennya, paham bahasa seperti apa yang perlu digunakan saat berinteraksi akan memberikan manfaat jangka panjang.

Manfaat bagi perusahaan untuk terus relevan, sekaligus menjadi masukan untuk langkah-langkah inovasi kedepannya; sebuah insight yang mutual.

Optimalisasi Dari Dalam

Tentu saja terdapat elemen-elemen penting untuk memastikan temuan yang didapat adalah hasil analisa terbaik. Elemen-elemen ini harus diinisiasi dari internal perusahaan sendiri.

Beberapa diantaranya bahkan membutuhkan perombakan yang tidak main-main sebagai wujud komitmen untuk hasil yang terbaik. Berikut beberapa elemen yang bisa anda perhatikan;

  1. Berfokus untuk menghasilkan kualitas data terbaik. Karena kualitas data menentukan kualitas hasil dari implementasi data tersebut dalam strategi bisnis secara keseluruhan dan strategi marketing secara khusus. Kualitas data terbaik bisa didapatkan dari rancangan riset yang benar-benar matang di sini.
  2. Untuk mencapai poin pertama perlu memastikan metode riset yang relevan. Terdapat banyak pilihan metode untuk memperoleh hasil yang optimal, dan ini bisa jadi opsi bagi anda. Metode yang terkini seperti etnografi semisal, yang menyesuaikan dengan konteks kebutuhan anda, baik itu dalam konteks konsumen atau produk.
  3. Memastikan bahwa setiap riset konsumen yang dilakukan ini tersegmentasi dalam database. Selayaknya riset selalu memiliki tujuan penelitian, pengelompokkan riset dan hasil riset juga sebaiknya diklasifikasi sesuai dengan segmen riset di awal.
  4. Sekaligus yang terakhir adalah ada tim atau divisi khusus yang dibentuk untuk memastikan ketiga aktivitas di atas berjalan dengan semestinya.

Pertumbuhan Mutual antara Bisnis dan Konsumen

Sifatnya yang dinamis membuat consumer insight menjadi alat ukur yang paling relevan, karena perubahannya adalah perubahan yang terpantau.

Ini berarti anda ikut menjadi saksi perkembangan tren pada khalayak dan konsumen; anda mendengarkan dan memahami.

Tidak sekadar memahami, data-data yang anda dapatkan akan memberikan anda opsi-opsi bagaimana anda akan merespon.

Mengambil tindakan-tindakan tertentu yang akan memberikan dampak bagi strategi bisnis dan pemasaran, sales revenue, dan rasa percaya pada produk, brand, dan bisnis yang anda jalankan.

Dengan kata lain keputusan menggunakan konsumen sebagai poros dan consumer insight sebagai alat memberikan solusi jangka panjang bagi perusahaan atau bisnis dalam usaha-usahanya untuk tetap eksis di pasar.

Tidak hanya konsumen yang perlu peka dengan keberadaan bisnis, produk, layanan atau perusahaan ini, tapi anda juga harus proaktif mengambil bagian dalam interaksi di pasar.

Karena interaksi yang terjadi di pasar antara konsumen dan produsen tidak hanya transaksional tapi juga interaksi kasual.

Satu lagi hal penting yang perlu anda garis bawahi, bahwa consumer insight menjamin pertumbuhan yang mutual antara bisnis dan konsumen.

Perkembangan bisnis, produk, layanan bahkan perusahaan itu sendiri akan membawa dampak baik di pasar, karena para pelaku bisnis menjamin kualitas interaksi, produk, dan layanan untuk konsumen yang sama.

Akhirnya relasi yang terbangun bukan lagi relasi penjual-pembeli, tapi relasi yang mutual itu tadi.

Sumber : trustpilot.com

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Aplikasi Penggajian Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *