3 Perusahaan dengan Budaya Kerja Unik yang Bisa diterapkan di Kantor Anda

contoh budaya perusahaan

Contoh Budaya Perusahaan – Bekerja di perusahaan elit mungkin jadi idaman bagi kebanyakan orang. Tapi bagi sebagian lainnya, bekerja di lingkungan yang baik adalah sebuah impian.

Keduanya memang tidak salah, namun akan sangat beruntung jika bisa meniti karir di instansi yang memiliki dua aspek tersebut: tempat kerja elit yang memiliki budaya kerja baik.

Dewasa ini, budaya kerja menjadi satu hal yang mulai dipikirkan banyak perusahaan. Hadirnya perusahaan rintisan atau start-up di kota-kota besar membawa angin segar terhadap kebiasaan dalam menjalani rutinitas di kantor.

Bukan tanpa alasan, budaya kerja yang baik akan ditiru oleh perusahaan lain, sehingga para karyawan akan betah saat menjalankan tanggung jawabnya.

Banner KaryaOne - Payroll Software Indonesia

Budaya Kerja yang Baik

Memang, kebiasaan dalam menjalankan sesuatu sangat sulit diubah secara instan. Tapi jika dilakukan perlahan, tidak ada yang tidak mungkin. Ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan dalam menghabiskan rutinitas sehari-hari di kantor.

Mulai dari menciptakan suasana yang mendukung untuk bekerja, positive vibes, hingga komunikasi antar karyawan yang saling jujur dan terbuka. Ini akan menghindarkan Anda dari aspek-aspek negatif yang bisa mempengaruhi pekerjaan.

Hal-hal tersebut sudah terbukti mampu menciptakan suasana kerja yang lebih produktif. Sudah ada banyak perusahaan yang menerapkan budaya kerja yang baik, bahkan unik.

Tak jarang perusahaan lain yang mencontohnya untuk diterapkan pada keseharian. Berikut adalah 3 contoh perusahaan yang memiliki budaya kerja baik dan unik.

Google

Posisi nomor satu untuk perusahaan dengan budaya kerja terbaik adalah Google. Menobatkan diri sebagai raksasa internet tidak menjadikan Google kaku pada karyawan.

Justru, dapat dikatakan bahwa Google adalah pelopor dengan gaya bekerja yang santai, bahkan terlalu santai menurut beberapa orang.

Tidak usah membayangkan jika para karyawan Google mengenakan seragam atasan dan celana yang sama antara satu pekerja dengan yang lain. Anda tidak akan menemukannya.

Tidak ada dasi, jas, kemeja putih, dan seperangkat outfit formal lainnya. Para karyawan dibebaskan menggunakan pakaiannya, selama dirasa nyaman untuk bekerja.

Bukan hanya soal pakaian, karyawan sangat dimanjakan dengan banyak fasilitas yang ada. Mulai dari tunjangan jika memiliki prestasi bagus, makan siang gratis, pesta dan liburan, sampai layanan gym di dalam kantor.

Facebook

Pernah kah Anda melihat Mark Zuckerberg, bos Facebook, tampil menggunakan jas hitam dengan dasi saat mengelola perusahaannya?

Ya, Mark Zuckerberg adalah cerminan bagaimana korporasi besar seperti Facebook menjalankan operasional hariannya.

Sama seperti Google, Facebook menerapkan budaya kerja dengan vibes yang mampu memberikan semangat untuk para pekerjanya.

Laundry gratis, makan siang gratis, dan beberapa fasilitas lain yang bisa didapatkan dan dinikmati secara cuma-cuma adalah bagian dari cara manajemen membuat karyawannya nyaman dalam bekerja.

Saat bekerja dengan kenyamanan tinggi, karyawan akan menjalankan tugasnya dengan maksimal, sehingga perusahaan akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Twitter

Twitter menjadi Top Three perusahaan dengan budaya kerja terbaik yang pernah ada. Suasana yang nyaman dan produktif membuat para karyawan dapat bekerja dengan maksimal.

Meeting di rooftop adalah salah satu hal yang tidak asing dilakukan. Ini akan memberikan suasana yang berbeda saat menggelar rapat di ruang tertutup, dengan meja tertata rapi yang membentuk lingkaran.

Setali tiga uang dengan Google dan Facebook, Twitter juga menyediakan fasilitas makan siang gratis, bahkan kelas yoga dan perjalanan wisata untuk para pekerjanya.

Menyenangkan, bukan? Jika karyawan memiliki pikiran yang fresh, tentu saja hasil dari pekerjaan mereka akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis perusahaan.

Saatnya Ciptakan Budaya Kerja Terbaik di Kantor Anda

Setelah mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk menciptakan budaya kerja terbaik dan contoh perusahaan yang menerapkannya, sekarang saatnya untuk mengimplementasikannya di kantor Anda.

Tidak perlu dalam skala besar, mulailah dari level terkecil, misalnya pada divisi Anda. Selamat berinovasi!

Sumber : hubspot.com

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *