5 Contoh CV Terbaik yang Bisa Anda Tiru

Back to Blog
KARYAONE - X Contoh CV Terbaik yang Bisa Anda Tiru

Curriculum Vitae (CV) merupakan daftar yang dibuat oleh seseorang untuk melamar sesuatu pekerjaan.

Oleh karena itu, sebagai pelamar kerja, Anda harus memahami bagaimana kriteria CV yang menarik untuk masing-masing sektor industri sehingga memikat perusahaan yang dituju untuk memilih Anda menjadi calon karyawan.

Bagus tidaknya CV seseorang bisa menjadi alasan mengapa ia dipanggil untuk interview. Berikut adalah contoh CV terbaik yang bisa Anda tiru.

banner_karyaone

Freelancer

Untuk Anda yang masih berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir dan ingin memulai berkarir, tidak ada salahnya untuk melamar pada posisi freelancer.

Namun, perlu diketahui jika CV yang harus dibuat berbeda dengan posisi lainnya. Biasanya, CV yang dibuat para pelamar freelancer menekankan pada keberadaan ruang teks yang substansial serta menarik secara visual untuk memudahkan tim HR mengingat mereka.

Anda dapat menggunakan aksen warna sederhana pada CV agar tetap terlihat simple dan profesional di mata perusahaan yang dituju.

Warna-warna dasar seperti hitam, putih, dan biru lebih sering digunakan bagi pelamar freelancer.

Bidang kreatif

Bagi pelamar yang hendak mengisi posisi kreatif di sebuah perusahaan tentu harus membuat CV yang menonjolkan keterampilan desain, pemilihan warna, dan penggunaan tipografi terbaik untuk mendukung promosi dirinya agar menarik dan mendapat kesempatan untuk interview.

Baca juga:  4 Tanda Karyawan Akan Segera Resign dari Pekerjaan

Beberapa bahkan mencantumkan info grafis serta porto folio untuk pekerjaan desain atau bidang kreatif lain yang pernah dikerjakan sebelumnya.

Fresh graduate

Memasuki dunia kerja bagi seseorang yang baru saja lulus dari bangku sekolah merupakan hal yang cukup menantang dan menguras kesabaran.

Jika belum banyak memiliki pengalaman kerja, Anda dapat memasukkan pengalaman organisasi dan kepanitiaan yang ditulis dalam daftar info grafis dengan penjelasan yang singkat.

Tambahkan pula prestasi-prestasi atau piagam serta sertifikat penghargaan yang pernah didapat agar CV terlihat lebih menarik.

Upper-Level Professionals

Bagi Anda yang sudah pernah bekerja dan mencoba untuk mendapatkan peluang pekerjaan lain di tempat yang baru, cobalah untuk membuat CV dengan tampilan yang bersih dan rapi agar terlihat formal sesuai dengan yang diharapkan banyak perusahaan.

Gunakan desain yang sederhana tapi tidak membosankan, dengan menambahkan satu set ikon kustom untuk beberapa minat Anda secara visual.

Selain itu, Anda juga bisa bermain-main dengan CV dua halaman untuk para profesional yang lebih menarik.

Tampilkan headshot dan informasi kontak di bagian sampul CV dan sisakan banyak ruang di halaman kedua untuk mendokumentasikan semua sorotan serta pencapaian karier Anda sejauh ini.

Baca juga:  12 Pertanyaan Interview Kerja untuk Calon Karyawan Millennial

Bidang pemasaran

Melamar pekerjaan di bidang pemasaran ternyata juga membutuhkan CV dengan format yang berbeda dari bidang pekerjaan lainnya.

Untuk pelamar di bidang ini, Anda perlu menciptakan CV dengan menampilkan berbagai keahlian tanpa terlihat terlalu berantakan.

Bagian keterampilan yang ditulis panjang dapat membuat template ini menarik, terutama bagi perusahaan digital atau teknologi informasi.

Sudahkah Anda menemukan CV terbaik yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang dituju? Jangan lupa, selalu mencantumkan nomor kontak yang masih aktif agar pihak HRD perusahaan dapat menghubungi Anda dengan mudah jika menjadi kandidat terpilih.

Baik alamat, email, nomor telepon harus ditulis dengan jelas dan lengkap demi kelancaran komunikasi antara pelamar dan perusahaan.

Pastikan segala sesuatu yang Anda tuliskan dalam CV sudah benar. Kesalahan penulisan pada CV tentu tidak dapat ditoleransi oleh perusahaan, sebab hal ini justru akan membuat Anda terlihat kurang profesional. Good luck!

Sumber:
Hubspot: The 17 Best Resume Templates for Every Type of Professional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog