Contoh Email Perpisahan Kerja yang Berkesan

Back to Blog
email perpisahan kerja

Selain membuat surat pengunduran diri atau surat resign, ada satu hal lagi yang sebaiknya Anda lakukan ketika akan mengundurkan diri dari perusahaan, yakni membuat email perpisahan kerja kepada rekan-rekan di kantor.

Ini semacam ucapan perpisahan untuk rekan kerja yang bertujuan untuk menyampaikan terima kasih dan menjaga hubungan baik antara Anda dengan pihak lain yang selama ini telah bekerja sama dan membantu Anda di kantor.

Selain menunjukkan sikap profesional Anda, email perpisahan kerja juga memastikan bahwa Anda ingin memutuskan hubungan kerja secara baik-baik dan dengan maksud positif.

Walaupun terlihat mudah, namun membuat email perpisahan kerja sebenarnya merupakan hal yang rumit. Untuk itu, pelajari beberapa contohnya di bawah ini dan pastikan isi pesan sesuai dengan orang yang akan menerima email tersebut.

banner_karyaone

1. Rekan Kerja yang Dekat dengan Anda

Tidak hanya di lingkungan sekolah atau universitas, namun Anda juga pasti memiliki sahabat yang cukup dekat dengan Anda di lingkungan perusahaan.

Mereka adalah orang yang selalu bersedia membantu pekerjaan Anda, makan siang bersama atau mendengar keluh kesah Anda mengenai pekerjaan.

Hai (nama),

Seperti yang kamu tau, saya akan resign dari perusahaan dan hari terakhir saya adalah (tanggal).

Walaupun saya senang dengan pekerjaan dan tempat yang baru nanti, saya juga merasa sedih karena harus mengucapkan perpisahan dengan rekan kerja yang sangat hebat seperti kamu.

Saya sangat senang bisa bekerja dan menghabiskan waktu bersama di kantor, dan saya sangat menghargai hubungan pertemanan kita selama ini.

Kamu sudah banyak membantu saya, dan saya selalu ingat ketika kita (ceritakan kenangan Anda bersama dia).

Mungkin ini adalah waktu terakhir saya di perusahaan, namun tentu hal ini tidak akan mengganggu hubungan pertemanan kita. Jangan sungkan untuk menghubungi saya jika butuh teman ngobrol atau ngopi, saya juga akan menghubungi kamu.

Senang bisa bekerja sama dengan kamu, semoga kita bisa terus berkomunikasi dengan baik.

All the best,

(nama Anda)

Kembali ke atas

2. Rekan Kerja yang Tidak Terlalu Dekat

Walaupun tidak dekat, namun sebaiknya Anda juga tetap harus berpamitan dengan mereka agar dianggap profesional dan sopan.

Halo (nama),

Seperti yang Anda tahu, saya akan segera melepas jabatan sebagai (jabatan) di perusahaan dan hari terakhir saya adalah (tanggal).

Saya ingin memberitahu bahwa saya sangat menikmati waktu di perusahaan ini, dan tentu Anda juga turut mengambil bagian di dalamnya. Bekerja sama dan mengenal Anda adalah kehormatan tersendiri untuk saya. Bisa mengenal semua orang di sini adalah salah satu bagian terbaik dari keseluruhan pengalaman saya bekerja di sini.

Walaupun saya resign tapi saya harap kita bisa terus berhubungan baik. Email saya adalah (alamat email Anda), jangan sungkan untuk menghubungi saya jika ada keperluan apapun.

Wishing you all the best!

(nama Anda)

Kembali ke atas

Baca juga:  Checklist Persiapan Perekrutan Calon Karyawan

3. Manajer

Pihak lainnya yang harus Anda kirimkan email perpisahan kerja adalah Manajer atau atasan Anda. Sekalipun hubungan Anda dengan yang bersangkutan tidak terlalu baik, namun mengirimkan email ini adalah hal yang sopan untuk dilakukan.

Mereka akan memberikan kesan yang baik tentang Anda dan tentunya menghargai Anda.

Selamat pagi Bapak/Ibu (nama),

Mengingat ini adalah hari terakhir saya di kantor, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu yang selama ini telah membantu saya.

Saya banyak terbantu dan mendapat berbagai pengalaman, saran dan juga arahan yang baik bagi perkembangan karir saya. Saya mendapat bekal pengetahuan yang bisa saya gunakan di tempat yang baru nanti, dan saya akan selalu bersyukur untuk semua pengalaman yang saya dapat di sini.

Meskipun waktu kita bekerja bersama akan segera berakhir, saya tetap ingin berhubungan baik. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi saya di (alamat email Anda).

Terima kasih banyak atas kepemimpinan Bapak/Ibu. Saya selalu berdoa dan mengharapkan yang terbaik bagi Anda dan tim.

All the best,

(nama Anda)

Kembali ke atas

4. Bawahan

Tidak hanya untuk rekan kerja dan atasan, namun Anda juga harus mengucapkan salam perpisahan kepada bawahan Anda.

Halo (nama),

Seperti perbincangan kita sebelumnya, saya akan segera melepaskan posisi saya di kantor dan hari terakhir kerja saya di sini adalah (tanggal).

Sangat menyenangkan bisa bekerja sama dan memimpin kamu selama ini, saya juga senang bisa melihat perkembangan karir kamu. Saya sangat berterima kasih atas bantuan dan kerja sama yang selama ini kamu lakukan.

Saya memasukkan kontak informasi saya di bawah ini, jangan sungkan untuk menghubungi saya jika kamu membutuhkan bantuan mengenai pekerjaan atau bahkan jika hanya sekedar ingin hangout bersama.

(alamat email)

(nomor telepon)

Sekali lagi, terima kasih untuk kerja sama nya selama ini dan semoga sukses selalu.

All the best,

(nama Anda)

Ada banyak faktor yang membuat seseorang mundur dari pekerjaannya. Dimulai dari pindah ke perusahaan yang lebih baik, terkena PHK, menikah, pindah ke luar negeri atau membangun usaha sendiri.  Namun Anda tidak perlu menyebutkan semua alasan tersebut di surat perpisahan Anda.

Jika Anda memutuskan untuk tidak akan bekerja di perusahaan lagi, Anda bisa mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan yang telah Anda kumpulkan selama bekerja di perusahaan. Mari lanjutkan ke contoh email perpisahan  yang selanjutnya.

Kembali ke atas

Baca juga:  3 Cara Mempercepat Proses Rekrutmen Karyawan

5. Senior di Kantor

Semua orang yang resign pasti ingin meninggalkan kesan baik pada semua orang, termasuk para senior di lingkungan kerja Anda.

Hai (nama),

Mungkin Anda sudah dengar, saya akan segera meninggalkan posisi saya di perusahaan dan hari terakhir saya di kantor adalah (tanggal).

Sebelum melanjutkan pekerjaan di tempat yang baru, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Anda atas kerja sama yang dilakukan selama ini. Saya sangat senang bisa berkolaborasi dengan Anda pada project (sebutkan project kerja sama yang dilakukan) dan saya belajar banyak dari Anda. Kerja sama ini merupakan pengalaman karir yang sangat baik bagi saya dan karena itu saya ingin mengucapkan terima kasih.

Daripada mengucapkan “Selamat tinggal”, saya memilih untuk mengucapkan “Sampai ketemu” dengan Anda. Jangan sungkan untuk menghubungi saya dan semoga kita akan terus berhubungan baik.

Wishing you all the best,

Salam,

(nama Anda)

Kembali ke atas

6. Klien

Jika posisi Anda di perusahaan berhubungan dengan klien, maka sebaiknya Anda juga menginformasikan kabar pengunduran diri Anda.

Selamat pagi/siang Bapak/Ibu (nama klien),

Saya ingin menyampaikan sedikit kabar untuk Anda, saya akan segera meninggalkan posisi saya sebagai (jabatan) di (nama perusahaan), dan hari terakhir saya adalah (tanggal).

Untuk itu, saya ingin mengatakan bahwa saya sangat senang bisa bekerja sama dengan Anda selama ini, dan sebuah kehormatan bagi saya untuk bisa membantu Anda.

Jangan ragu untuk menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan sebelum saya resign nanti. Saya juga mencantumkan kontak orang yang akan menggantikan saya untuk berhubungan dengan Anda nanti.

Salam,

(nama Anda)

Kembali ke atas

7. Semua Rekan Kerja

Contoh email perpisahan kerja yang terakhir adalah untuk semua rekan kerja lainnya, misalnya saja vendor yang pernah berhubungan dengan Anda.

Halo (nama),

Apa kabar?

Pertama-tama saya ingin mengabarkan bahwa saya akan segera meninggalkan posisi dan perusahaan (nama perusahaan), hari terakhir saya bekerja di sini adalah (tanggal).

Saya sangat senang bisa mengenal dan bekerja sama dengan Anda. Saya berharap Anda sukses selalu dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

Salam,

(nama Anda)

Kembali ke atas

Sumber:

TheMuse: 7 Goodbye Email Templates You’ll Need When You Quit Your Job

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog