Strategi Pemasaran Perekrutan: Contoh, Template, dan Ide Konten

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh LinkedIn, sebanyak 69% kandidat karyawan akan memutuskan untuk tidak melamar pekerjaan jika perusahaan yang dituju tidak dapat memenuhi ekspektasinya.

Dengan begitu, setiap perusahaan mau tidak mau harus menyiapkan strategi pemasaran perekrutan secara tepat.

Sebagai contoh rekrutmen yang baik, perusahaan dapat membuat konten yang unik di media sosial, sehingga semakin banyak pelamar yang tertarik untuk mengikuti perekrutan tersebut.

Pemasaran perekrutan secara inovatif harus diterapkan agar perusahaan memiliki citra positif dan unggul di antara kompetitor. Sebelum menentukan strategi pemasaran perekrutan berikut beberapa hal yang harus lebih dulu Anda perhatikan. Yuk, simak!

Tujuan Pemasaran Perekrutan

Pemasaran perekrutan atau recruitment marketing merupakan cara yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menggunakan media sosial, halaman karier, serta networking events sebagai media mempromosikan perusahaannya.

Strategi pemasaran perekrutan harus mengandung konten-konten yang disukai oleh calon pelamar. Tujuannya agar pelamar dapat memperoleh gambaran terkait budaya kerja dan lingkungan yang ada di perusahaan.

Dengan begitu, perusahaan dapat menjangkau kandidat berkualitas sesuai kebutuhan.

Contoh Rekrutmen Menarik Melalui Media Online

Di era digital seperti saat ini, Anda dapat melakukan pemasaran perekrutan secara online. Cara ini banyak dilirik karena dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.

Anda dapat membuat beberapa variasi konten di setiap saluran yang digunakan. Pastinya jenis dan format konten yang dibutuhkan juga berbeda. Contoh rekrutmen yang bisa dijadikan pertimbangan, misalnya:

Menempatkan di Halaman Karier Website Perusahaan

Salah satu cara termudah untuk mengiklankan lowongan pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan adalah dengan menempatkan informasi tersebut di halaman karier.

Terlebih jika perusahaan Anda memiliki website yang selalu up-to-date sehingga calon pelamar dapat dengan mudah mengenal perusahaan.

Mempromosikan Rekrutmen di Halaman Facebook

Platform media sosial yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan rekrutmen. Anda bisa memperkenalkan perusahaan dengan cara yang lebih ‘manusiawi’, karena ada banyak jenis konten yang bisa dibagikan melalui halaman Facebook perusahaan.

Menggunakan Email Subscription

Sampai saat ini email masih menjadi salah satu cara hebat untuk membuka jalur komunikasi antara perusahaan dan audiensnya.

Anda bahkan bisa mempromosikan lowongan pekerjaan yang saat ini tengah dibuka. Undangan interview bahkan bisa dikirimkan langsung kepada kandidat yang memiliki kualifikasi terbaik dan cocok dengan kebutuhan perusahaan.

Jenis Konten yang Disukai

Setelah Anda mengetahui media yang akan digunakan untuk memasarkan rekrutmen, sekarang saatnya untuk menciptakan konten yang disukai oleh audiens.

Secara umum, konten video adalah yang paling disukai dan dapat dengan mudah meningkatkan engagement atau keterlibatan.

Namun, pastikan Anda memperhatikan kualitas video serta durasinya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh platform yang digunakan.

Misalnya, ketika Anda akan menggunakan Instagram maka video harus berdurasi 1 menit, sementara untuk Facebook Anda bisa menggunakan durasi yang lebih pendek, yaitu 30 detik.

Perhatikan Frekuensi Interaksi

Contoh rekrutmen yang baik adalah ketika tercipta interaksi yang tinggi dengan audiens di berbagai media yang digunakan.

Semakin banyak orang yang mengakses informasi perekrutan di perusahaan, maka semakin banyak pula orang yang akan mencari tahu segala sesuatu terkait perusahaan Anda.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan frekuensi interaksi yang dilakukan. Sebagai contoh, ketika menggunakan platform Twitter maka dibutuhkan minimal satu atau dua tweet sehari agar kandidat merasa lebih dekat dengan perusahaan.

Bagaimana dengan strategi pemasaran perekrutan yang telah diterapkan di perusahaan Anda? Apakah beberapa contoh rekrutmen yang disebutkan tadi dapat menginspirasi Anda? Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapatkan konten pemasaran perekrutan yang terbaik!

____________

KaryaOne adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

Banner KaryaOne - Solusi Manajemen Absensi, Penggajian dan Manajemen Kinerja Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *