Contoh Shift Kerja Restoran Terlengkap

Back to Pos
contoh shift kerja restoran

Contoh Shift Kerja Restoran – Restoran menggunakan sistem shift agar operasional dapat ditangani dengan baik. Sistem shift bertujuan agar karyawan tidak kelelahan bekerja karena jam kerja yang panjang, terutama pada restoran yang menggunakan sistem 3 shift.

Sistem 3 shift biasanya dipakai oleh restoran yang buka 24 jam, dimulai dari shift pagi yang masuk dari jam 07.00 hingga jam 16.00, disusul oleh shift sore yang masuk dari jam 15.00 hingga jam 24.00, dan terakhir shift malam yang mulai bekerja dari jam 23.00 hingga jam 8.00.

Sedangkan, restoran dengan sistem 2 shift biasanya memiliki jam buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Ada juga restoran yang menyediakan menu sarapan dengan jam operasional mulai dari jam 05.00 – 23.00.

Banner KaryaOne - Payroll Software Indonesia

Demi memastikan kesejahteraan rakyat, pemerintah pun mengatur tentang jumlah jam kerja karyawan. Mari simak di bawah ini.

Peraturan jam kerja menurut pemerintah

Berikut adalah UU Ketenagakerjaan pasal 77 ayat 1-2 mengenai jam kerja karyawan:

  1. Setiap pengusaha wajib melaksanakan ketentuan waktu kerja.
  2. Waktu kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi:
    • 7 (tujuh) jam 1 (satu) hari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu; atau
    • 8 (delapan) jam 1 (satu) hari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.

Dengan mempertimbangkan peraturan tersebut, di bawah ini adalah contoh shift kerja restoran yang paling pas untuk Anda terapkan di restoran baru Anda.

Contoh Shift Kerja Restoran

1. Jadwal Shift Restoran Jam Operasional 10.00 – 22.00 (5 hari kerja 1 minggu)

contoh shift kerja restoran

Penjelasan :

Untuk contoh ini, pembagian shift adalah sbb :
Shift 1 atau pagi dimulai pada pukul 09.30 – 18.30
Shift 2 atau sore masuk pukul 13.30 – 22.30.

Berdasarkan pada tabel di atas, jadwal shift Adi yaitu :
Senin shift pagi
Selasa libur
Rabu shift sore
Kamis libur
Jumat shift sore
Sabtu shift pagi
Minggu shift pagi.

Dalam minggu itu, Adi memiliki 3 shift pagi dan 2 shift sore. Total jam kerja Adi pada minggu itu adalah 40.

Berdasarkan peraturan, maksimal dalam seminggu karyawan bekerja selama 40 jam. Mengikuti peraturan tersebut, dalam jadwal ini total jam kerja karyawan per minggu adalah 40 jam.

Selain itu dengan mempertimbangkan restoran yang biasanya ramai di akhir pekan, dalam jadwal ini pada hari Sabtu dan Minggu ada 2 pramuniaga dalam 1 shift, tidak ada yang libur.

Contoh jadwal ini dibuat agar karyawan bekerja sesuai kebutuhan restoran tanpa melanggar perundang-undangan. Oleh karena itu, Anda dapat menjadikannya sebagai patokan.

2. Jadwal Shift Restoran Jam Operasional 05.00 – 23.00 (5 hari kerja 1 minggu)

contoh shift kerja restoran 2

Penjelasan :

Untuk contoh ini, pembagian shift adalah sbb :
Shift 1 atau pagi dimulai pada pukul 05.00 – 14.00
Shift 2 atau sore masuk pukul 14.00 – 23.00.

Gambar contoh 2 sama dengan contoh 1 karena Anda masih bisa menggunakan format tersebut tanpa menambah karyawan. Perbedaan nya di contoh 1 pada jam 13:30 – 18:30 akan ada 2 karyawan saat pergantian shift sedangkan pada contoh kedua tidak ada jeda saat pergantian shift.

Contoh di atas merupakan contoh untuk pramuniaga saja, jika Anda ingin menggunakan shift yang sama untuk kasir dan koki cukup ganti nama di kolom dengan nama grup seperti di bawah ini.

contoh shift kerja restoran 3

Pada contoh di atas, dalam 1 grup terdiri dari 1 koki, 1 kasir dan 2 pramuniaga. Dengan demikian untuk restoran ini diperlukan 16 karyawan. Dan dalam 1 shift ada 2 grup, dengan total jumlah 8 orang.

3. Contoh Shift Kerja Restoran 24 Jam (5 hari kerja 1 minggu), 6 karyawan

Contoh Shift Kerja Restoran 24 Jam (5 hari kerja 1 minggu), 6 karyawan

Penjelasan :

Untuk contoh ini, pembagian shift adalah sbb :
Shift Pagi : 06:00 – 15:00
Shift Sore : 14:00 – 23:00
Shift Malam : 22:00 – 07:00

Semua contoh di atas menggunakan 8 jam kerja perhari untuk setiap karyawan, jika Anda memiliki sebuah restoran dengan jam operasional 24 jam. Maka Anda setidaknya membutuhkan sedikitnya 6 karyawan pramuniaga agar selalu ada yang mengisi shift.

4. Jadwal Shift 6 Hari Kerja per Minggu di Restoran 24 Jam, 4 karyawan

Contoh di atas menggunakan 6 hari kerja dan 1 hari libur, 7 jam kerja (belum termasuk jam istirahat).

Dalam satu minggu karyawan Anda akan bekerja 42 jam kerja, jika mengacu kepada peraturan ketenagakerjaan maksimal 40 jam kerja, Anda bisa memberlakukan perhitungan lembur 2 jam.

5. Jadwal Shift 6 hari Kerja untuk 7 Karyawan di Restoran 24 Jam

Contoh kelima dibuat agar jam kerja karyawan tepat 40 jam perminggu. Jadwal shift ini membutuhkan setidaknya 7 karyawan agar setiap shift terdapat karyawan yang mengisi.

Anda bisa merubah sesuai keinginan berdasarkan jam ramai restoran Anda, jika restoran Anda ramai di jam pagi dan sepi di jam malam.

Anda bisa mengatur 6 jam kerja di shift pagi, dan 8 jam kerja di shift malam, sehingga di shift pagi akan ada 3 karyawan yang masuk dan 1 karyawan yang masuk di shift malam.

Silahkan download file .xls contoh jadwal shift restoran di sini untuk memudahkan pengaturan jam kerja karyawan.

Itulah beberapa contoh shift kerja untuk restoran yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, setiap restoran memiliki jumlah karyawan dan jam operasional yang berbeda. Jadi Anda harus menyesuaikan antara faktor tersebut dengan jadwal shift yang akan dibuat.

Membuat jadwal shift memang pekerjaan yang banyak menghabiskan waktu, maka dari itu Aplikasi KaryaOne membuat fitur yang memudahkan Anda dalam membuat dan mengontrol jadwal shift yang sesuai dengan jam operasional perusahaan. Fitur ini juga tersinkronisasi dengan skema lembur (overtime scheme), absensi dan payroll karyawan.

____________

KaryaOne adalah software shift sekaligus menjadi software HRIS yang lengkap untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, shift, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos