Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan

format slip gaji

Slip gaji karyawan merupakan komponen penting yang diberikan perusahaan sebagai bukti penerimaan gaji. Dengan menerima slip gaji resmi, karyawan atau pegawai dapat melihat rincian penghasilan mereka seperti potongan, pajak, tunjangan dan lain-lain. Dapatkan contoh slip gaji lengkap dengan cara membuat dan file nya di artikel ini.

Setiap perusahaan memiliki bentuk atau format slip gaji yang berbeda. Ada banyak contoh slip gaji karyawan yang bisa Anda temukan di internet untuk dijadikan referensi bila perusahaan Anda ingin membuat format slip gaji yang baru.

Namun, ada beberapa detail dasar yang harus Anda masukkan ke dalam format slip gaji, seperti nama lengkap karyawan, nomor KTP karyawan, periode gaji, pajak, potongan asuransi atau BPJS, bonus dan sebagainya.

Aplikasi HR Berbasis Cloud KaryaOne

Informasi Umum

Pertama, pastikan bahwa Anda memasukkan informasi umum secara detail seperti nama, alamat, lokasi dan nomor telepon perusahaan. Kemudian, jelaskan spesifikasi departemen mana yang menaungi karyawan yang akan menerima slip gaji tersebut.

Periode Gaji

Informasi ini merupakan salah satu yang terpenting dalam format slip gaji dan juga merupakan salah satu yang terus mengalami perubahan. Setiap perusahaan memiliki periode dan tanggal gajian yang berbeda-beda. Umumnya gaji dibayarkan pada tanggal 25, 27 bahkan ada yang setiap awal bulan.

Data Personal Karyawan

Biasanya ada dua informasi personal karyawan yang harus Anda masukkan dalam format slip gaji, yaitu nama lengkap dan nomor KTP karyawan. Dua informasi ini memudahkan dan mempercepat Anda untuk mengalokasikan referensi standar penggajian untuk setiap karyawan.

Informasi Pajak

Informasi ini akan memperlihatkan keseluruhan data pajak umum yang akan dibayar termasuk gaji setiap bulannya yang didaftarkan pada kantor pajak.

Tergantung pada situasi pajak yang ada, perusahaan mungkin bisa menyesuaikannya dengan kebijakan perusahaan. Misalnya saja ada karyawan yang berencana menyumbangkan sebagian gaji mereka untuk organisasi sosial, maka bagian tersebut tidak akan dikurangi pajak.

Namun, jika tidak ada kasus seperti itu maka semua karyawan akan dikenai tarif pajak yang sama rata dengan sistem yang berlaku. Mengingat pajak adalah sebuah hal yang krusial, sebaiknya Anda menggunakan jasa akuntan pajak yang profesional.

banner payroll karyaone

Aplikasi Payroll Online

Komponen dalam Slip Gaji

Gaji yang diberikan kepada karyawan bisa berupa beberapa macam, namun yang paling umum adalah:

  • Gaji pokok: Merupakan gaji rutin yang diterima oleh karyawan melalui jam kerja selama periode pembayaran tertentu.
  • Bonus: Karena tidak diberikan secara rutin, maka harus ditandai secara terpisah dalam periode di mana bonus dibayarkan.
  • Penghargaan: Jika perusahaan mengumumkan adanya penghargaan uang sepanjang tahun misalnya, catat secara terpisah.

Sertakan Potongan Gaji Karyawan

Dari total pendapatan yang diperoleh setiap karyawan selama periode tertentu, tidak semuanya terkena pajak. Sebagian gaji yang dipotong untuk asuransi atau BPJS misalnya, tidak akan dikenakan pajak.

Hitungan Gaji Bersih

Ini adalah jumlah yang akan diterima karyawan dari perusahaan selama periode pembayaran tertentu. Ini dihitung sebagai gaji bersih seorang karyawan yang didapat dari total pendapatan atau gaji dikurangi jumlah biaya pemotongan (asuransi atau BPJS) dan dikurangi jumlah pajak.

Mungkin saja ada beberapa jenis penghasilan lain tergantung jenis bisnis dan kebijakan perusahaan Anda. Oleh karena itu jangan lupa untuk menyertakan kategori tambahan.

Saya ingin dapat newsletter tentang tips HRD

weekly newsletter, unsubscribe kapan saja

Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan

Setiap karyawan atau pegawai yang bekerja di suatu perusahaan, biasanya mereka akan mendapatkan fasilitas slip gaji yang bisa diminta kepada HRD di perusahaan tersebut.

Slip gaji tersebut diberikan untuk memberikan informasi secara rinci mengenai gaji yang diterima oleh karyawan secara detail.

Mulai dari gaji pokok, tunjangan makan, tunjangan transportasi, tunjangan anak, tunjangan istri, maupun potongan-potongan seperti untuk jaminan kesehatan, jaminan ketenagakerjaan, atau koperasi terperinci secara jelas dan detail di atas slip kertas gaji tersebut.

Beberapa orang merasa slip gaji tersebut sangat penting untuk mengetahui apakah gaji yang sudah diberikan oleh perusahaan sudah sesuai apa belum seperti ekspektasi dan perjanjian nominal gaji dengan perusahaan ketika masuk kerja.

Namun, ada beberapa orang yang merasa tak peduli dan tidak meminta slip gaji kepada HRD karena merasa yang penting jumlah gaji yang sudah ditransfer seperti yang diperkirakan.

Jika tidak jeli bisa saja karyawan tersebut mendapatkan gaji yang tidak sesuai haknya seperti ada potongan ketika tidak masuk kerja beberapa hari meskipun sudah mendapat kompensasi dan surat izin dari rumah sakit karena kecelakaan kerja.

Kesalahan penulisan atau typo jumlah gaji juga sering terjadi mengingat HRD dan Finance adalah manusia biasa yang bisa saja sewaktu-waktu melakukan kesalahan.

Jika tidak melihat slip gaji secara langsung bagaimana kita bisa mengetahui jika ada kesalahan-kesalahan seperti itu. Slip gaji ini sangat penting sebagai bukti otentik atau bukti resmi penerimaan gaji dari pemberi kerja kepada yang diberi kerja.

Baik bagi perusahaan maupun karyawan itu sendiri, menyimpan slip gaji merupakan salah satu hal yang cukup penting sebagai record.

Bagi perusahaan, slip gaji yang diberikan kepada karyawan berfungsi sebagai dokumentasi atau catatan atas pengeluaran gaji atau upah atas pengeluaran dana karyawan yang kemudian digunakan untuk mengecek dan menghitung cash flow perusahaan.

Bagi karyawan, selain untuk mengetahui nominal gaji secara rinci dan detail, mereka pun bisa menggunakan slip gaji ini untuk manfaat dan kepentingan yang lain seperti :

  • Mengetahui Besaran Gaji yang Diterima secara Rinci bagi Karyawan
  • Mengajukan berbagai cicilan seperti kepemilikan rumah, kendaraan maupun elektronik
  • Referensi dalam Melamar Pekerjaan Baru

Peraturan Depnaker Tentang Slip Gaji

Dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan tidak ada ketentuan yang mengharuskan perusahaan memberi slip gaji pada karyawannya.

Namun, pada Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan mengatur dengan jelas bahwa pengusaha harus memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja pada saat upah dibayarkan.[1]

Sebagai bukti bahwa pengusaha sudah membayarkan upah kepada pekerja/buruh, perusahaan harus memberikan slip gaji. Tujuan adanya slip gaji ini yakni untuk memberikan bukti secara tertulis bila suatu saat nanti muncul persepsi yang berbeda dalam hal buruh/karyawan merasa gajinya belum dibayarkan. Bukti tertulis ini dianggap kuat untuk menjelaskan bahwa hak karyawan atas upah itu sudah dibayarkan oleh pengusaha.

Jadi, memang pada dasarnya perusahaan memiliki kewajiban untuk memberikan bukti pembayaran upah, baik dalam wujud slip gaji ataupun dalam bentuk lainnya.

Format Slip Gaji

Ada beberapa cara membuat format slip gaji untuk karyawan perusahaan Anda. Umumnya, staf yang bertugas pada bidang ini (seperti HR atau bagian payroll) akan menggunakan aplikasi Microsoft Office, seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel untuk membuat dokumen slip itu. Dokumen tersebut terbagi menjadi beberapa jenis ekstensi, yaitu slip gaji doc, slip gaji docx, dan slip gaji excel.

Slip Gaji Doc / Docx

Slip gaji .doc atau .docx merupakan dokumen slip keterangan upah yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Word. Berikut format yang dapat Anda gunakan untuk keperluan payslip karyawan:

slip gaji doc

Slip Gaji Excel

Seperti namanya, format slip gaji ini dibuat menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan memiliki ekstensi berupa .xlsx. Sebagian staf cenderung memilih membuat dokumen payslip dengan menggunakan Excel karena dapat menggunakan formula sehingga memudahkan perhitungan dan meminimalisir kesalahan pencantuman angka. Berikut ini contoh bentuk format slip gaji excel:

slip gaji excel

Slip Gaji Online

Selain menggunakan aplikasi Microsoft Office, Anda dapat membuat slip gaji untuk karyawan secara otomatis dengan aplikasi khusus manajemen SDM. Dalam aplikasi tersebut, format slip telah tersedia dan penghitungan hingga penentuan pajak sudah dapat dilakukan secara otomatis.

Anda dapat mengurangi risiko kesalahan memasukkan data karyawan dan angka. Pembuatannya pun mudah sehingga menghemat waktu dan membuat kerja menjadi lebih efisien.
Selain itu, Anda tidak perlu repot memberikan slip gaji satu-satu kepada karyawan, karena mereka dapat mendownload nya secara online. Berikut contoh slip gaji online dengan menggunakan aplikasi KaryaOne.

slip gaji

Cara Membuat Slip Gaji di Word Menggunakan Mail Merge & Excel

Contoh Slip Gaji

Contoh Slip Gaji Terbaru

contoh slip gajiContoh Slip Gaji Karyawan – Download

Contoh Slip Gaji Direktur

contoh slip gaji direktur

sarungpreneur.com

Contoh Slip Gaji Manager Marketing

contoh slip gaji manager marketing

contohsuratindonesia.com

Contoh Slip Gaji Perusahaan Tambang

contoh slip gaji perusahan tambang

duniakaryawan

Contoh Slip Gaji Guru

contoh slip gaji guru

bukubiru.com

Contoh slip gaji PNS / ASN

contoh slip gaji PNS

erlandar.com

Download File Doc dan Excel Contoh Slip Gaji Karyawan

Anda bisa download file microsoft word dan excel contoh slip gaji karyawan pada link di sini : 

Download di sini

Kesimpulan

Anda bisa dengan mudah mendapatkan contoh slip gaji karyawan dari internet. Pasalnya banyak organisasi atau perusahaan yang memperlihatkan seperti apa format slip gaji untuk karyawan mereka.

Pilih format yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan dan baca instruksi yang harus dilakukan untuk menggunakannya. Ada banyak jenis payroll software atau aplikasi yang tersedia untuk menggunakan format slip gaji secara otomatis.

Jika jumlah pegawai Anda semakin banyak, tentu Anda akan merasa kewalahan menangani permintaan cetak slip gaji pegawai. KaryaOne memiliki fitur slip gaji dimana pegawai dapat mengakses sendiri slip gaji mereka secara online dan mencetaknya.

Sumber:
ExcelQuant: excelquant.com

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

solusi sistem payroll

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments (3)

  • beni Reply

    berapa lama proses audit

    Agustus 16, 2018 at 11:02 pm
    • Karyaone Mod Reply

      Hi Beni,
      Itu tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.

      Agustus 23, 2018 at 4:25 pm
  • Askar Reply

    Terima kasih infonya… Sangat berguna sekali

    September 8, 2019 at 10:07 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *