Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan

format slip gaji

Setiap perusahaan memiliki bentuk atau format slip gaji yang berbeda. Ada banyak contoh slip gaji karyawan yang bisa Anda temukan di internet untuk dijadikan referensi bila perusahaan Anda ingin membuat format slip gaji yang baru.

Contoh Slip Gaji

Namun, ada beberapa detail dasar yang harus Anda masukkan ke dalam format slip gaji, seperti nama lengkap karyawan, nomor KTP karyawan, periode gaji, pajak, potongan asuransi atau BPJS, bonus dan sebagainya.

contoh slip gajiContoh Slip Gaji Karyawan – Download

1. Informasi Umum

Pertama, pastikan bahwa Anda memasukkan informasi umum secara detail seperti nama, alamat, lokasi dan nomor telepon perusahaan. Kemudian, jelaskan spesifikasi departemen mana yang menaungi karyawan yang akan menerima slip gaji tersebut.

2. Periode Gaji

Informasi ini merupakan salah satu yang terpenting dalam format slip gaji dan juga merupakan salah satu yang terus mengalami perubahan. Setiap perusahaan memiliki periode dan tanggal gajian yang berbeda-beda. Umumnya gaji dibayarkan pada tanggal 25, 27 bahkan ada yang setiap awal bulan.

3. Data Personal Karyawan

Biasanya ada dua informasi personal karyawan yang harus Anda masukkan dalam format slip gaji, yaitu nama lengkap dan nomor KTP karyawan. Dua informasi ini memudahkan dan mempercepat Anda untuk mengalokasikan referensi standar penggajian untuk setiap karyawan.

Baca juga:  Inilah Hak Karyawan dalam Perusahaan

4. Informasi Pajak

Informasi ini akan memperlihatkan keseluruhan data pajak umum yang akan dibayar termasuk gaji setiap bulannya yang didaftarkan pada kantor pajak.

Tergantung pada situasi pajak yang ada, perusahaan mungkin bisa menyesuaikannya dengan kebijakan perusahaan. Misalnya saja ada karyawan yang berencana menyumbangkan sebagian gaji mereka untuk organisasi sosial, maka bagian tersebut tidak akan dikurangi pajak.

Namun, jika tidak ada kasus seperti itu maka semua karyawan akan dikenai tarif pajak yang sama rata dengan sistem yang berlaku. Mengingat pajak adalah sebuah hal yang krusial, sebaiknya Anda menggunakan jasa akuntan pajak yang profesional.

5. Sertakan Nominal Penghasilan Atau Gaji Karyawan

Gaji yang diberikan kepada karyawan bisa berupa beberapa macam, namun yang paling umum adalah:

  • Gaji pokok: Merupakan gaji rutin yang diterima oleh karyawan melalui jam kerja selama periode pembayaran tertentu.
  • Bonus: Karena tidak diberikan secara rutin, maka harus ditandai secara terpisah dalam periode di mana bonus dibayarkan.
  • Penghargaan: Jika perusahaan mengumumkan adanya penghargaan uang sepanjang tahun misalnya, catat secara terpisah.

6. Sertakan Potongan Gaji Karyawan

Dari total pendapatan yang diperoleh setiap karyawan selama periode tertentu, tidak semuanya terkena pajak. Sebagian gaji yang dipotong untuk asuransi atau BPJS misalnya, tidak akan dikenakan pajak.

Baca juga:  Apa itu PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu)?

7. Hitungan Gaji Bersih

Ini adalah jumlah yang akan diterima karyawan dari perusahaan selama periode pembayaran tertentu. Ini dihitung sebagai gaji bersih seorang karyawan yang didapat dari total pendapatan atau gaji dikurangi jumlah biaya pemotongan (asuransi atau BPJS) dan dikurangi jumlah pajak.

Mungkin saja ada beberapa jenis penghasilan lain tergantung jenis bisnis dan kebijakan perusahaan Anda. Oleh karena itu jangan lupa untuk menyertakan kategori tambahan.

Kesimpulan

Anda bisa dengan mudah mendapatkan contoh slip gaji karyawan dari internet. Pasalnya banyak organisasi atau perusahaan yang memperlihatkan seperti apa format slip gaji untuk karyawan mereka.

Pilih format yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan dan baca instruksi yang harus dilakukan untuk menggunakannya. Ada banyak jenis software atau aplikasi yang tersedia untuk menggunakan format slip gaji secara otomatis.

Sumber:
ExcelQuant: Payslip Template in Excel

banner blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *