10 Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja yang Sering Dicari

contoh surat pengunduran diri

Bekerja pada instansi maupun perusahaan memang menuntut Anda untuk bekerja dengan profesional. Dengan harapan agar Anda bisa bekerja untuk waktu yang lama di perusahaan.

Namun, ada kalanya rasa jenuh atau suatu permasalahan di tempat kerja membuat Anda ingin keluar. Di saat seperti itulah Anda membutuhkan contoh surat pengunduran diri sehingga dapat membuat surat resign sebaik mungkin.

Mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan bisa menjadi hal yang sensitif, sehingga Anda harus menyampaikannya dengan benar. Kesan mengundurkan diri yang baik harus Anda lakukan, karena bagaimanapun Anda pernah bekerja di tempat tersebut.

Lalu, seperti apa contoh surat mengundurkan diri yang baik dan benar agar diterima oleh atasan? Berikut ini contoh surat mengundurkan diri yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Resmi

Jakarta, 18 Februari 2020

Kepada Yth,
Kepala PT Super Tech Globalindo
Di Kelapa Gading, Jakarta Utara

Dengan Hormat,
Nama: Mulyawan
Departemen : Marketing
Jabatan: Staf Marketing
No. Karyawan: 13219920020

Melalui surat ini, saya sebagai salah seorang karyawan PT Super Tech Globalindo, berdasarkan dari ketentuan dari Surat kesepakatan Bersama tentang karyawan serta berdasarkan pada undang-undang kerja, maka dengan segala hormat saya yang bertanda tangan berikut ini:

Bermaksud hendak mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Super Tech Globalindo dengan alasan harus melanjutkan bisnis. Surat ini dibuat berdasar pada prosedur hubungan industrial tanpa ada tendensi maksud buruk apapun. 

Demikianlah surat permohonan diri saya yang dibuat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

 

Mulyawan

pelatihan hrd

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja yang Simple / Sederhana

Jakarta, 18 Februari 2020

Kepada Yth,

HRD PT. Maju Jaya Abadi

di Jalan Boulevard Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Dengan Hormat,

Dengan kedatangan surat ini, saya atas nama Mulyawan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Maju Jaya Abadi sebagai Operator Produksi dengan alasan akan pindah tempat tinggal. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama ini. Dan mohon maaf apabila selama bekerja saya melakukan suatu kesalahan yang merugikan semua pihak.

Demikian surat ini saya buat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari siapapun. Semoga PT. Maju Jaya Abadi semakin berkembang dan maju.

 

Hormat Saya,

 

Mulyawan

 

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Bahasa Inggris

Jakarta, 18 February 2020

Mrs Dewi
Progresstech Corporation
East Kuningan, South Jakarta City

 

Dear Mrs. Dewi,

It is with deepest regret that I am writing to inform you of my decision to resign from the position of Marketing Manager for Progresstech Corporation, effective February 18, 2020. 

I was recently offered a new opportunity with a company headquartered close to my home and have decided to take their offer.

It has been a pleasure working with you and the entire Progresstech Corporation Marketing team for the past three years. In my time here, I have grown professionally and made lfe-long friends. In particular, I would like to thank you for providing me with a rewarding learning experience and a warm working environment during my time at Progresstech.

You have my full commitment and cooperation for a smooth transition of responsibilities. Please let me know how I can be of further assistance

 

Sincerely,

 

Abigail

Contoh Surat Resign Kerja Masa Percobaan

Alasan karyawan ingin mengundurkan diri saat masa percobaan berbeda-beda, misalnya karena hal yang memang tidak bisa lagi diusahakan seperti orang tua sakit keras, atau ikut suami pindah tugas ke luar kota.

Kemudian ada masalah eksternal dengan perusahaan seperti pekerjaan, gaji atau jam kerja yang tidak sesuai dengan surat perjanjian kerja masa percobaan. Selain itu ada masalah internal, misalnya Anda tidak betah karena tidak cocok dengan rekan kerja. 

Ganti alasan contoh surat resign di bawah dengan situasi Anda saat ingin mengundurkan diri.

 

Jakarta, 18 Februari 2020

Yth. Ibu HRD PT. Maju Jaya Abadi

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Mulyawan

Tempat, tgl. lahir       : Jakarta, 16 April 1996

Jabatan                        : Programmer

Departemen                : Back-End Development

Bekerja sejak               : 2020

 

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Maju Jaya Abadi. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ketidakcocokan dengan rekan kerja. Selama ini, PT. Maju Jaya Abadi telah memberi saya ilmu dan pengalaman kerja yang berharga. Maka dari itu, saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ibu beserta semua rekan kerja PT. Maju Jaya Abadi. Semoga PT. Maju Jaya Abadi semakin maju dan bisa menghasilkan inovasi yang lebih baik.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala khilaf dan kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

 Hormat saya,

 

Mulyawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Pabrik / PT

Bekasi, 18 Februari 2020

Yth.

HRD PT Super Tech Globalindo

Kawasan Industri Cibitung, Bekasi.

 

Dengan Hormat,

Sebagaimana yang tercantum dalam PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) mengenai 1 bulan sebelum pengunduran diri. Maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                    : Mulyawan

NIK                         : 238236672

Departemen      : Produksi

Jabatan                : Operator Produksi

 

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT Super Tech Globalindo sebagai operator produksi. Terhitung dari 30 hari sejak dibuat yaitu pada tanggal 2 Desember 2019. Adapun alasan saya untuk pengunduran diri adalah karena memperoleh pekerjaan di tempat yang baru.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan pengalaman kerja yang saya peroleh selama ini. Saya juga meminta maaf yang sebesar – besarnya kepada jajaran pimpinan dan juga rekan karyawan. Semoga kedepanya perusahaan ini semakin maju.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenarnya. Apabila ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Atas perhatian Bapak / Ibu saya sampaikan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

 Mulyawan

 

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Hotel

Jakarta, 18 Februari 2020

Yth,

HRD Superstar Hotel

Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat

 

Saya Mulyawan selaku room boy di Superstar Hotel dengan ini mengajukan permohonan untuk pengunduran diri. Saya akan berhenti sejak surat pengunduran ini dibuat. Sesuai dengan surat perjanjian kerja.

Ucapan terimakasih yang sebesar – besarnya saya ucapkan kepada segenap pimpinan dan juga rekan kerja yang selama ini memberikan dukungan kepada saya. Mungkin selama saya bekerja di Superstar Hotel ini melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak. Untuk itu saya memohon maaf.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan sebenarnya, tanpa adanya dorongan dan paksaan dari pihak manapun. Besar harapan saya Ibu menerima permintaan pengunduran diri ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya

 

 Mulyawan

 

Contoh Surat Resign Kerja Bank

Jakarta, 18 Februari 2020

Yth,

Kepala KCP Bank Mayapada Jakarta Utara

di Tempat,

 

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya

Nama                    : Mulyawan

TTL                         : 13 Januari 1992

ID Karyawan       : MY8005

Jabatan                : Customer Service

 

Mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Customer service dari Bank Mayapada. Dengan alasan karena saya sudah mendapatkan tempat kerja yang lain.

Saya pribadi mohon maaf apabila selama saya menjabat dan bekerja di Bank Mayapada memiliki kesalahan baik yang disengaja maupun tidak. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya, tanpa ada dorongan dari pihak manapun. Besar harapan saya permohonan pengunduran diri ini bisa diterima. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Mulyawan

 

Contoh Surat Resign Kerja Guru

Kepada Yth,

Ibu Kepala Sekolah SDN 180 Jakarta

Di tempat

 

Bersama surat ini saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                   : Mulyawan
Jabatan                : Guru

Secara resmi mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Guru SDN 180 Jakarta. Pengunduran diri ini saya ajukan karena adanya tawaran pekerjaan yang lain. Dan bisa mengembangkan kemampuan saya.

Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan untuk memberikan ilmu di Sekolah ini.

Tidak lupa juga saya minta maaf apabila ada perilaku yang kurang berkenan baik yang saya sengaja maupun tidak.

Saya berharap semoga kedepanya SDN 180 Jakarta bisa lebih maju dan mencetak generasi mandiri Indonesia.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

 

Jakarta, 18 Februari 2010

 

Hormat Saya

 

 Mulyawan

 

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Terbaru 2020

 

Februari, 18 Februari 2020

Kepada Yth,

 

HRD Manager

Super Tech Globalindo

Jl. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

 

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Mulyawan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Super Tech Globalindo sebagai karyawan tetap terhitung sejak tanggal 21 September 2019.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Super Tech Globalindo. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Super Tech Globalindo apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan baik disengaja maupun tidak.

Saya berharap kepada PT. Super Tech Globalindo dapat berkembang dan juga mendapatkan kebaikan dan kesuksesan.

 

Hormat Saya

 

 Mulyawan

 

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Word, Doc, Pdf

Download semua contoh surat pengunduran diri di atas dengan klik link berikut : Download di sini

Referensi : How to Write a Professional Resignation Letter [Samples + Templates]
__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comment (1)

  • Bayu Pradana Reply

    Sangat membantu. Bookmark dulu biar gak lupa buka lagi. Terima kasih infonya.

    Juni 16, 2020 at 11:28 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *