Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan Lengkap

Back to Blog

Bagi Anda yang bekerja dalam divisi HR (Human Resources) pasti sudah tidak asing dengan dokumen surat perjanjian kerja.

Setelah selesai merekrut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat surat perjanjian kerja yang akan ditandatangani oleh karyawan baru dan pihak terkait pada perusahaan Anda.

banner_karyaone

Surat perjanjian kerja merupakan surat yang akan mengikat hubungan kedua belah pihak selama periode waktu kerja tertentu.

Terdapat sejumlah keterangan yang harus dipahami dan disepakati bersama, dan penjelasan mengenai konsekuensi pelanggaran tertentu.

Pada post kali ini perjanjian kerja yang dibahas adalah perjanjian kerja waktu tertentu dan probation.  Jika Anda menemukan kesulitan ketika membuatnya, lihat contoh surat perjanjian kerja seperti di bawah ini:

1. Surat Perjanjian Kerja Probation

draft perjanjian kerja waktu tertentu percobaan

Download surat perjanjian kerja probation

Apa itu perjanjian kerja waktu tertentu percobaan?

PKWT Percobaan adalah perjanjian kerja selama periode satu sampai 6 bulan yang digunakan untuk mengetahui kinerja karyawan sebelum dipekerjakan secara tetap oleh perusahaan.

Pada saat ini banyak perusahaan masih belum yakin akan kinerja karyawan hanya dari hasil psikotes dan wawancara.  Di sisi lain pekerja juga perlu menilai apakah ia nyaman bekerja di perusahaan tersebut.  PKWT Percobaan bermanfaat bagi masing-masing pihak untuk mengetahui kecocokan kerja satu sama lain.

Baca juga:  Cara Menghitung THR Karyawan yang Tepat

Jika Anda ingin tahu lebih rinci mengenai hal ini, silahkan membaca diskusi dan post tentang masa percobaan kerja (probation).

3. Surat Perjanjian Kerja Karyawan Kontrak

draft pkwt

Download surat perjanjian kerja kontrak

Apa itu perjanjian kerja kontrak?

Menurut Keputusan Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi No. 100/MEN/IV.2004, PKWT adalah perjanjian kerja antara pekerja dengan perusahaan untuk mengadakan hubungan kerja dalam waktu tertentu atau untuk pekerja tertentu.

Pada dasarnya, PKWT mengatur hubungan antara pemberi kerja dan karyawan mengenai jangka waktu perjanjian, hak dan kewajiban setiap pihak, jabatan, gaji, tunjangan, fasilitas dan hal lain yang bersifat mengatur hubungan kerja secara pribadi.

KaryaOne membahas mengenai pkwt di post yang berbeda. Anda dapat membaca artikel tersebut untuk memahami lebih jauh hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan pkwt.

Comments (2)

  • Agil Reply

    Kok ga bisa di download gan?

    Agustus 3, 2018 at 8:45 pm
    • Karyaone Mod Reply

      Terima kasih masukannya, sekarang sudah bisa di download.

      September 13, 2018 at 10:07 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog