Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan Lengkap

Back to Blog

Bagi Anda yang bekerja dalam divisi HR (Human Resources) pasti sudah tidak asing dengan dokumen surat perjanjian kerja.

Setelah selesai merekrut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat surat perjanjian kerja yang akan ditandatangani oleh karyawan baru dan pihak terkait pada perusahaan Anda.

banner_karyaone

Surat perjanjian kerja merupakan surat yang akan mengikat hubungan kedua belah pihak selama periode waktu kerja tertentu.

Terdapat sejumlah keterangan yang harus dipahami dan disepakati bersama, dan penjelasan mengenai konsekuensi pelanggaran tertentu.

Anda dapat men-download contoh surat kontrak kerja di bawah ini. Dalam Daftar isi, silahkan pilih dan klik contoh surat yang diinginkan, Anda akan diarahkan ke link untuk mendownload surat tsb.

Sebelum Anda men-download contoh surat tersebut, ada beberapa masalah mengenai kontrak kerja yang perlu Anda tahu.

Oleh karena kontrak kerja merupakan acuan untuk karyawan dan perusahaan dalam bekerja sama, isi kontrak kerja merupakan hal yang penting dan dalam prakteknya harus dapat dipertanggungjawabkan.

Terkadang perusahaan tidak tahu kapan harus menggunakan surat perjanjian kerja probation, kapan harus menggunakan pkwt, kapan harus menggunakan pkwtt. Anda dapat mengunjungi bagian komentar artikel ini untuk membaca kasus real apa saja yang sering dihadapi karyawan terkait surat kontrak kerja.

Seringkali karyawan merasa tidak diperlakukan adil karena perusahaan tidak mengikuti aturan UU mengenai penggunaan surat kontrak kerja. Dan perusahaan juga terancam diadukan ke Disnaker jika karyawan yang bersangkutan bisa membuktikan bahwa perusahaan menyalahi aturan UU yang berlaku.

Perusahaan yang benar tentu akan berusaha memberikan surat kontrak kerja yang adil sesuai UU untuk karyawan mereka. Namun mengikuti aturan UU mengenai kapan menggunakan surat kontrak kerja juga bukanlah hal yang mudah bagi perusahaan. Mari lihat contoh kasus di bawah ini :

Sebuah perusahaan yang memiliki 1000 karyawan sering kali kewalahan dalam memperbaharui kontrak karyawan yang akan diteruskan masa kerjanya atau menentukan karyawan yang diberhentikan. Suatu hari, HR Officer perusahaan tersebut melakukan beberapa kesalahan serius, diantaranya :

  • Seorang karyawan dengan kontrak PKWT masih bekerja melewati tanggal kadaluarsa kontrak sehingga status kepegawaiannya berubah secara otomatis menjadi permanen, meskipun sebenarnya kontrak karyawan tersebut tidak diteruskan.
  • HR Officer melakukan pembaharuan kontrak secara terburu-buru dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word sehingga terdapat banyak kesalahan pengisian dalam Surat Perjanjian Kerja yang akan ditandatangani oleh karyawan

Bagaimana cara untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi saat membuat surat perjanjian kerja?

  • Untuk permasalahan pertama, solusi yang efektif yaitu menggunakan Software HRIS yang bisa membantu proses pembuatan kontrak kerja. Salah satu fitur Software HRIS KaryaONE adalah “notifikasi” apabila ada pegawai yang masa kontrak nya habis atau diperpanjang.
    Dengan fitur ini HR Officer dapat melakukan persiapan untuk karyawan yang kontraknya akan habis. Baik untuk melanjutkan perjanjian kerja dengan karyawan yang bersangkutan atau pun menghentikannya sesuai hasil evaluasi.
  • Penanganan masalah ke dua yaitu, HR Officer menggunakan fitur pembuatan perjanjian kerja otomatis. Dengan KaryaONE ia dapat membuat “master” surat perjanjian. HR Officer cukup membuat template perjanjian kerja sekali saja di awal. Selanjutnya saat ada notifikasi perpanjangan, hanya perlu memerintahkan aplikasi KaryaOne untuk membuatkan surat perjanjian untuk pegawai tersebut. Surat perjanjian kerja pegawai akan terbentuk secara otomatis tanpa adanya kesalahan penulisan.

Surat Perjanjian Kerja Probation

draft perjanjian kerja waktu tertentu percobaan

Download surat perjanjian kerja probation

Apa itu perjanjian kerja waktu tertentu percobaan?

PKWT Percobaan adalah perjanjian kerja selama periode satu sampai 6 bulan yang digunakan untuk mengetahui kinerja karyawan sebelum dipekerjakan secara tetap oleh perusahaan.

Pada saat ini banyak perusahaan masih belum yakin akan kinerja karyawan hanya dari hasil psikotes dan wawancara.  Di sisi lain pekerja juga perlu menilai apakah ia nyaman bekerja di perusahaan tersebut.  PKWT Percobaan bermanfaat bagi masing-masing pihak untuk mengetahui kecocokan kerja satu sama lain.

Jika Anda ingin tahu lebih rinci mengenai hal ini, silahkan membaca diskusi dan post tentang masa percobaan kerja (probation).

Surat Perjanjian Kerja Karyawan Kontrak

draft pkwt

Download surat perjanjian kerja kontrak

Apa itu perjanjian kerja kontrak?

Menurut Keputusan Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi No. 100/MEN/IV.2004, PKWT adalah perjanjian kerja antara pekerja dengan perusahaan untuk mengadakan hubungan kerja dalam waktu tertentu atau untuk pekerja tertentu.

Pada dasarnya, PKWT mengatur hubungan antara pemberi kerja dan karyawan mengenai jangka waktu perjanjian, hak dan kewajiban setiap pihak, jabatan, gaji, tunjangan, fasilitas dan hal lain yang bersifat mengatur hubungan kerja secara pribadi.

KaryaOne membahas mengenai pkwt di post yang berbeda. Anda dapat membaca artikel tersebut untuk memahami lebih jauh hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan pkwt.

Surat Perjanjian Kerja Karyawan Tetap

Download surat perjanjian kerja tetap

Apa itu perjanjian kerja tetap?

Berdasarkan Pasal 1 angka 2 Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP. 100/MEN/VI/2004 Tentang Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (“Kepmenakertrans 100/2004”), pengertian Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (“PKWTT”) adalah perjanjian kerja antara pekerja dengan pengusaha untuk mengadakan hubungan kerja yang bersifat tetap.

PKWTT dapat dibuat secara tertulis atau secara lisan dan tidak wajib mendapatkan pengesahan dari instansi ketenagakerjaan terkait. Jika PKWTT dibuat secara lisan, maka klausul-klausul yang berlaku di antara mereka (antara pengusaha dengan pekerja) adalah klausul-klausul sebagaimana yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan.

Contoh Surat Kontrak Kerja Karyawan Restoran

Download Contoh Surat Kontrak Kerja Karyawan Restoran

Contoh Surat Kontrak Kerja Bahasa Inggris

Download Contoh Surat Kontrak Kerja Bahasa Inggris

Kesimpulan

Demikianlah 3 contoh surat perjanjian kerja yang bisa Anda download secara gratis. Dengan menggunakan aplikasi KaryaOne, Anda bisa membuat database karyawan dengan lengkap sesuai dengan surat perjanjian kerja.

KaryaOne juga akan membantu Anda dalam membuat Mapping Department yang dibutuhkan perusahaan, mulai dari detail pekerjaan, kebutuhan skill calon karyawan, serta nilai gaji yang akan diberikan.

Database yang tertata rapi, otomatis akan memudahkan Anda dalam me-review kembali perencanaan dan pekerjaan yang telah dilakukan, sehingga proses manajemen HR berjalan dengan efektif.

Gunakan aplikasi KaryaOne sekarang. Undang kami untuk melakukan demo aplikasi di perusahaan Anda, atau Anda juga dapat mencobanya selama satu bulan untuk 10 karyawan secara gratis.

Comments (2)

  • Agil Reply

    Kok ga bisa di download gan?

    Agustus 3, 2018 at 8:45 pm
    • Karyaone Mod Reply

      Terima kasih masukannya, sekarang sudah bisa di download.

      September 13, 2018 at 10:07 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog