Contoh Visi dan Misi Perusahaan yang Dapat Menginspirasi Anda

Back to Blog

Dari mana loyalitas pelanggan berasal? Coba pikirkan merek-merek yang Anda beli berulang-ulang, bahkan ketika tersedia opsi lebih murah di luar sana. Apakah Anda biasanya traveling dengan maskapai tertentu? Apakah Anda membeli kopi dari tempat yang sama setiap pagi?

Sering kali alasan Anda tetap setia kepada merek tertentu adalah karena nilai-nilai yang ditawarkan. Nilai tersebut dapat terlihat dari visi dan misi perusahaan. Brand terbaik juga selalu berusaha memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan serta karyawannya.

Saat Anda berhasil membuat koneksi dengan pelanggan dan karyawan, banyak dari mereka yang akan terus loyal. Anda pun akan mendapat kesempatan untuk meningkatkan profitabilitas secara keseluruhan sambil membangun landasan untuk memperkuat posisi brand Anda.

Namun, mencapai koneksi tersebut bukanlah tugas mudah. Perusahaan-perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang tetap setia pada nilai-nilai inti mereka selama bertahun-tahun. Simak informasi contoh pernyataan visi dan misi perusahaan yang menginspirasi ini untuk membuat brand yang lebih besar lagi!

 

banner_karyaone

Pernyataan visi dan misi

Setia kepada nilai-nilai inti perusahaan Anda akan membuat pelanggan Anda lebih setia. Pernyataan misi dimaksudkan untuk memperjelas “apa” dan “siapa” dari sebuah perusahaan, sementara pernyataan visi juga menambahkan aspek “mengapa” dan “bagaimana”.

Seiring pertumbuhan perusahaan, tujuan dan sasarannya dapat berubah. Oleh karena itu, pernyataan visi harus direvisi seperlunya untuk mencerminkan budaya bisnis yang berubah saat tujuan tercapai.

Perbedaan misi dan visi perusahaan

Pernyataan misi menyatakan tujuan organisasi atau alasan munculnya organisasi tersebut. Pernyataan ini umumnya mencakup deskripsi umum tentang organisasi, fungsi, dan tujuannya. Pernyataan misi sering kali juga menginformasikan tentang pernyataan visi, yang menggambarkan cita-cita perusahaan di masa depan.

Kedua pernyataan ini sering dikombinasikan untuk secara jelas mendefinisikan alasan munculnya perusahaan dan sebagai outlook (pandangan) bagi khalayak internal dan eksternal seperti karyawan, mitra, anggota dewan, konsumen, dan pemegang saham.

Contoh pernyataan visi dan misi menarik

Dengan memiliki pernyataan visi dan misi berbeda, menarik, serta menampilkan nilai inti Anda, lebih mudah bagi pelanggan untuk terkoneksi dengan brand Anda. Berikut dua contoh pernyataan visi dan misi menarik yang bisa Anda jadikan inspirasi.

 

  • Life is Good: To spread the power of optimism.
Baca juga:  Daftar UMP 2017 di 34 Provinsi se-Indonesia

 

Brand Life is Good lebih dari sekadar menyebarkan optimisme meskipun dengan slogan-slogan kaus yang menggembirakan seperti “Seas The Day” dan “Forecast: Mostly Sunny,”.

Ada banyak perusahaan kaus di dunia, namun misi yang dimiliki Life is Good membuatnya berbeda. Mereka memiliki pernyataan misi yang melampaui pakaian menyenangkan: untuk menyebarkan kekuatan optimisme.

Misi ini mungkin sedikit tidak terduga jika Anda tidak akrab dengan amal publik perusahaan: Bagaimana perusahaan t-shirt membantu menyebarkan optimisme? Life is Good menawarkan jawabannya.

Brand ini memberikan tautan ke program yang diimplementasikan untuk mendukung pernyataan misanya. Misalnya inisiatif #GrowTheGood dan halaman Life is Good Kids Foundation. Pernyataan misi yang Life is Good yang sangat baik dan spesifik membuatnya istimewa.

 

  • IKEA: To create a better everyday life for the many people.

 

Orang-orang di IKEA bermimpi besar. Visinya bisa saja membahas tentang furniture terbaik dengan harga terjangkau, namun IKEA memilih membangun visi everyday life better (kehidupan sehari-hari lebih baik) bagi pelanggannnya.

Penggunaan kata-kata seperti “sebanyak mungkin orang” membuat perusahaan besar seperti IKEA jauh lebih mudah diakses dan menarik bagi pelanggan.

Buatlah pernyataan visi dan misi terbaik bagi perusahaan Anda sekarang. Good luck!

Sumber:
Hubspot: 17 Truly Inspiring Company Vision and Mission Statement Examples

Baca juga:  Jenis - Jenis Bonus untuk Karyawan yang Perlu Anda Tahu

______
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog