Employee Engagement Behavior

Back to Blog
employee engagement behavior

Employee engagement merupakan keadaan psikologis di mana karyawan merasa berkepentingan dalam keberhasilan perusahaan dan termotivasi untuk meningkatkan kinerja. Karyawan akan berusaha bekerja keras hingga ke tingkat yang melebihi job requirement yang diminta .

Karyawan akan dapat bekerja dengan baik di dalam perusahaan apabila mempunyai employee engagement yang tinggi. Berikut beberapa ciri-ciri karyawan dengan engagement yang tinggi :

1. Proaktif

Karyawan akan berpikir dan melakukan tindakan yang secara aktual sesuai dengan tujuan perusahaan

2. Mengerti Peran Masing-Masing

Karyawan akan meluaskan pemikiran mereka mengenai apa yang perlu dilakukan sehubungan dengan terjadinya perubahan tuntutan pekerjaan dan meluaskan peran agar sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang baru mereka dapatkan.

Mereka tidak terpaku pada pekerjaannya sebagaimana tercantum pada job description, tetapi mereka fokus terhadap tujuan yang ingin mereka capai dan konsisten dengan keberhasilan perusahaan. Dengan begini, karyawan bisa mengerjakan tugas baru yang memang diperlukan dan tidak mempemasalahkannya walaupun tugas tersebut bukan merupakan bagian dari job description mereka.

3. Memperkaya Kemampuan

Karyawan secara aktif memperkaya kemampuan mereka yang konsisten dengan peran dan tugas dalam perusahaan. Artinya mereka mengembangkan diri tidak hanya untuk kepentingan mereka sendiri melainkan untuk dapat memberi kontribusi yang lebih efektif kepada perusahaan.

4. Tidak Mudah Menyerah

Karyawan terus konsisten berjuang melakukan pekerjaannya bakan ketika mereka menghadapi hambatan. Misalnya ketika segala sesuatu menjadi tidak mudah, tidak sebagaimana yang direncanakan, atau menghadapi situasi yang ambigu.

Dalam hal ini atasan tidak perlu mengingatkan dan mendorong karyawan untuk melakukan pekerjaannya karena karyawan tersebut dapat mengerjakan tugas pada waktunya.

5. Beradaptasi Pada Perubahan

Hal ini berarti, karyawan mampu beradaptasi dalam situasi-situasi tertentu. Mereka menyesuaikan diri dengan sesuatu yang baru.

Sumber :  

Macey, Schneider, Barbera, & Young, 2009:6

Mercer, dikutip oleh Carpenter & Wyman, 2007:1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog