Mengenal Fungsi Utama HRD di Sebuah Perusahaan

Divisi HR dalam sebuah perusahaan memiliki fungsi yang penting. Definisi HR perusahaan adalah sebuah kegiatan atau divisi dalam perusahaan yang menangani masalah karyawan dan meningkatkan mutu kerja seperti yang sudah digariskan.

Namun, fungsi HR tidak sesederhana seperti disebutkan. Ada banyak fungsi HR yang perlu Anda ketahui, terlebih lagi bila Anda sebagai seorang pimpinan perusahaan. Berikut beberapa di antaranya.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

Melakukan Rekrutmen Karyawan Baru

Sebagian orang beranggapan bahwa fungsi HR hanyalah untuk melakukan rekrutmen karyawan baru, padahal masih banyak fungsi HR lainnya.

Meskipun demikian, proses perekrutan karyawan adalah fungsi penting HR yang tidak dapat disepelekan. Divisi HR bertanggung jawab mendapatkan kandidat yang tepat sesuai dengan kriteria perusahaan.

Tugas utama HR di sini adalah mendapatkan karyawan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan baik di saat ini maupun di masa yang akan datang.

Dalam proses rekrutmen ini, HR juga harus memahami apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan hingga menentukan indikator calon kandidat.

Menentukan Orientasi Perusahaan pada Karyawan

Terkadang, perusahaan kurang lengkap dalam menyediakan orientasi untuk karyawan baru. Adanya orientasi yang lengkap akan memudahkan karyawan untuk lebih menyesuaikan diri dalam lingkungan kerjanya.

Inilah yang menjadi tugas dari divisi HR untuk mempersiapkan orientasi tersebut.

Dengan membuat orientasi yang jelas, para karyawan akan mengetahui job desk apa yang harus mereka kerjakan.

Begitu juga dengan divisi lainnya yang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing agar tidak saling tumpang tindih dan menjadi masalah baru bagi perusahaan nantinya.

Manajemen Risiko Perusahaan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, perusahaan pasti memiliki potensi kerugian dalam operasionalnya. Entah itu kerugian yang disebabkan oleh faktor kesalahan manusia maupun faktor lainnya seperti bencana alam.

Maka dari itulah, penting bagi perusahaan untuk mengukur manajemen risiko yang ada di kemudian hari.

Di sini, fungsi HR dapat duduk bersama dengan jajaran direksi perusahaan untuk merancang sebuah strategi menghadapi risiko yang akan dihadapi.

Jika manajemen risiko dapat dilaksanakan dan dibuat dengan baik, maka kerugian baik nominal maupun hal lainnya dapat diminimalisir.

Tentu Anda tidak ingin perusahaan mengalami kemunduran, apalagi buruk di mata masyarakat karena salah melakukan manajemen risiko bukan?

Membuat Kebijakan Perusahaan

Selain menentukan orientasi dan memetakan manajemen risiko perusahaan, fungsi HR lainnya adalah membuat kebijakan perusahaan.

Biasanya, perusahaan akan merasa kebingungan ketika tidak memiliki kebijakan dalam periode tertentu.

Misalnya ketika perusahaan tersebut sudah mencapai sebuah target utama, maka apa target berikutnya yang harus dicapai.

Selain itu, juga menentukan peraturan apa saja yang harus dipatuhi oleh karyawan maupun pimpinan perusahaan.

Terkait masalah absensi contohnya, meskipun sepele ini bisa menjadi masalah tersendiri jika tidak ditangani serius.

Di sini HR bisa merekomendasikan aplikasi atau software absensi kepada perusahaan. Begitu juga dengan masalah kontrak dan lain sebagainya.

Menjadi Bagian Konseling Perusahaan

Terakhir, fungsi HR yang utama dalam sebuah perusahaan adalah menjadi bagian konseling bagi karyawan yang sedang mengalami masalah dengan jajaran direksi maupun karyawan lainnya.

Memang, permasalahan dalam dunia kerja terutama perusahaan terkadang komplek. Terlebih lagi jika menyangkut antara pimpinan perusahaan dan karyawan.

Misalnya saja terkait masalah kontrak yang dapat berubah sewaktu-waktu, atau mengenai masalah pengupahan dan gaji.

Di sinilah, keberadaaan HR menjadi sebuah penjembatan bagi kedua belah pihak yang sedang mengalami masalah dalam perusahaan tersebut.

Akan tetapi saat melakukan hearing dan konseling harus memperhatikan keinginan dari kedua belah pihak agar tidak terjadi salah persepsi.

Betapa besarnya peran dan fungsi HR dalam sebuah perusahaan membuat divisi ini harus Anda kelola secara baik.

Jadi, ketika seorang pimpinan perusahaan beranggapan bahwa HR itu tidak begitu penting hal tersebut sangatlah salah besar.

Kini, untuk lebih mudah dalam mengelola HR, Anda juga bisa menggunakan software yang dirancang khusus untuk menangani HR agar berjalan dengan baik dan efisien seperti KaryaOne.

____________

KaryaOne adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

Banner KaryaOne - Solusi Manajemen Absensi, Penggajian dan Manajemen Kinerja Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *