Cara Menentukan Gaji untuk Karyawan

Back to Pos

Menentukan gaji untuk karyawan bisa dibilang gampang-gampang susah. Proses penggajian yang biasanya dilakukan oleh departemen HR perusahaan memang harus melalui proses panjang dengan beberapa bahan pertimbangan. Faktor-faktor yang menjadi bahan pertimbangan ini tidak hanya berasal dari internal perusahaan, tapi juga dari luar.

Beberapa hal seperti pasar tenaga kerja dalam negeri tentu akan memengaruhi besaran gaji untuk karyawan. Terdengar cukup rumit, bukan? Untuk membantu Anda menentukan gaji karyawan dengan adil, memenuhi hak karyawan, dan tentunya tidak merugikan perusahaan, berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan.

banner payroll karyaone

Lakukan perbandingan

Salah satu hal yang harus dipenuhi dalam skala gaji untuk karyawan adalah bagaimana nilai perusahaan tidak jatuh di pasar tenaga kerja. Pasar tenaga kerja menjadi bahan pertimbangan penting karena bagaimana pun juga input karyawan perusahaan diperoleh dari sana. Apabila nilai perusahaan jatuh, maka kemungkinan untuk mendapatkan SDM berkualitas akan cenderung jatuh juga.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda harus melakukan perbandingan terlebih dahulu. Cari tahu besaran skala gaji untuk karyawan pada posisi yang sama. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perbandingan pada perusahaan yang berada pada bidang yang sama. Lebih baik lagi jika Anda bisa menemukan perusahaan dengan bidang yang sama dan berada di wilayah yang sama. Skala gaji perusahaan tersebut akan menjadi bahan perbandingan yang baik.

Sesuaikan dengan target perusahaan

Gaji untuk karyawan harus terkait dengan target perusahaan. Sistem penggajian Anda harus bisa menciptakan sebuah atmosfer kerja yang mendukung produktivitas karyawan. Di saat produktivitas karyawan bisa dicapai, maka target perusahaan juga kemungkinan besar akan tercapai. Oleh karena itu, faktor ini juga harus Anda pertimbangkan masak-masak.

Untuk melakukan ini, Anda bisa menyamakan langkah dengan departemen HR. Pada umumnya, departemen inilah yang paling memahami tentang sumber daya manusia di perusahaan berikut dengan atmosfer kerjanya. Tidak mempertimbangkan hal ini akan membuat perusahaan Anda hanya akan jalan di tempat dan target-target yang telah direncanakan tidak akan tercapai.

Kompetensi karyawan juga berpengaruh

Dalam dunia kerja, kompetensi seorang karyawan akan sangat berpengaruh pada besaran gaji yang ia terima. Apabila ia mampu memenuhi beberapa faktor terkait pengetahuan, keterampilan, serta work ethic yang telah disyaratkan perusahaan, maka seharusnya gaji yang diberikan pun harus menyesuaikan pencapaian tersebut.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan posisi dan jabatannya. Tentu tidak mungkin memberikan gaji yang lebih besar pada karyawan dalam posisi yang sama. Bentuk apresiasi yang diberikan kepada karyawan yang memenuhi capaian tertentu bisa berupa bonus. Besaran bonus yang diberikan pun harus ideal dan tepat guna.    

Jangan lupa aturan pemerintah

Apabila Anda masih bingung menentukan skala gaji untuk karyawan, cobalah menelisik peraturan pemerintah. Biasanya hal ini akan tercantum pada UU tentang Ketenagakerjaan yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Dengan berpedoman pada undang-undang dan peraturan pemerintah, seharusnya Anda bisa mendapatkan gambaran skala gaji yang tepat.

Setidaknya, dari aturan yang dikeluarkan Anda bisa mengetahui upah minimum untuk karyawan. Pemerintah melalui Pasal 2 Ayat 1 Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 1 Tahun 2017 juga menyebutkan bahwa skala upah bagi karyawan harus mempertimbangkan golongan, jabatan, masa kerja, dan tentunya kompetensi karyawan.

Menentukan gaji untuk karyawan memang bukanlah sebuah perkara mudah. Anda harus memperhitungkan beberapa faktor supaya gaji yang diberikan tepat guna dan bisa memenuhi target-target perusahaan. Anda bisa mencoba cara-cara di atas untuk menentukan penggajian karyawan secara ideal.

Sumber:
Thebalancecareers: How Does a Salary Range Work?

banner_karyaone

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos