Inilah 10 Profesi dengan Gaji Terbesar di Indonesia

gaji terbesar di indonesia

Memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi adalah impian semua orang. Ada ratusan profesi yang bisa digeluti namun tidak semua profesi bisa memberikan Anda gaji yang tinggi.

Ada banyak faktor yang membuat seseorang menerima gaji tinggi dalam menjalani profesi mereka. Berikut ini beberapa profesi dengan gaji terbesar di Indonesia:

1. Ahli Teknik Perminyakan

Staff di industri perminyakan sudah lama diketahui sebagai salah satu profesi dengan gaji terbesar di Indonesia sehingga tak heran ada banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan posisi tersebut.

PT. Pertamina yang merupakan perusahaan minyak nasional menawarkan rata-rata gaji untuk para fresh graduate sebesar Rp 8 – 15 juta per bulan.

Sementara itu Total Oil Indonesia memberikan gaji sebesar Rp 12 juta per bulan untuk fresh graduate dan Rp 70 – 100 juta per bulan untuk level menengah dan senior.

2. Dokter Spesialis

Biasanya orang tua menginginkan anak mereka untuk bekerja sebagai dokter. Bagaimana tidak, selain pekerjaan yang bergengsi, seorang dokter apalagi dokter spesialis ternyata digaji dengan nilai yang cukup tinggi.

Dokter spesialis di rumah sakit swasta digaji mulai dari angka Rp 50 juta per bulannya. Namun jumlah tersebut jauh berbeda dengan rumah sakit pemerintah yang menggaji dokter spesialis mereka sebesar Rp 10 juta per bulan dan Rp 4,8 juta per bulan untuk dokter umum.

3. Pilot Pesawat Komersial

Berdasarkan survey yang dilakukan tahun 2017, diketahui gaji seorang pilot di Indonesia mencapai Rp 47,5 juta per bulannya. Jumlah ini tentu dapat dikatakan sepadan karena dibutuhkan biaya yang besar untuk bisa menempuh pendidikan di sekolah penerbangan dan tuntutan jam penerbangan yang tinggi.

Baca juga:  Metode Penilaian Kinerja Karyawan Perusahaan

4. Information Technology (IT) Specialist

Pada era dengan teknologi tinggi seperti saat ini, tentu saja IT specialist merupakan salah satu profesi dengan gaji terbesar di Indonesia, apalagi mereka yang bekerja di perusahaan besar.

Pada tahun 2015 lalu tercatat gaji IT specialist ini minimal mendapatkan 16 juta rupiah per bulan, sesuai tingkat kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

5. Ahli Konstruksi

Profesi dengan gaji terbesar di Indonesia selanjutnya adalah ahli konstruksi mengingat industri infrastruktur yang terus berkembang pesar.

Seorang project manager di bidang konstruksi bertugas untuk memimpin tim hingga mengatur budget proyek dan digaji rata-rata Rp 30 – 70 juta per bulannya.

Berdasarkan surat edaran Menteri Pekerjaan Umum Indonesia pada bulan Maret 2013, ahli konstruksi dengan pendidikan S1 atau fresh graduate bisa mendapat gaji sebesar Rp 20 juta.

Sedangkan ahli konstruksi dengan latar belakang pendidikan S3 serta “jam terbang” atau pengalaman yang lama bisa digaji mencapai Rp 60 juta per bulan.

6. Ahli Fisika

Tidak diketahui dengan detail apa saja pekerjaan atau profesi yang melibatkan seorang ahli fisika. Berdasarkan survey pada tahun 2015, seorang ahli fisika di Indonesia memperoleh gaji yang sangat tinggi yaitu mencapai angka Rp 1,48 miliar per tahun.

7. Human Resources Manager (Manajer HRD)

Berdasarkan data survey pada tahun 2017, penghasilan seorang manajer HRD (Human Resource Development) bisa mencapai angka di atas Rp 30 juta.

Baca juga:  Cara Mencari Kandidat Karyawan Berkualitas

Di perusahaan Kalbe Farma misalnya, gaji manajer HRD bisa mencapai angka Rp 32,5 juta per bulan, sementara di PT. Indofood, manajer HRD memiliki penghasilan Rp 55 juta per bulannya.

8. Ahli Pertambangan

Resiko pekerjaan dan kesulitan yang dihadapi membuat para ahli pertambangan digaji dengan angka yang cukup besar dibandingkan dengan rata-rata UMP (Upah Minimum Provinsi) di Indonesia.

Para fresh graduate yang bekerja di bidang ini digaji Rp 6 – 8 juta per bulan. Sementara itu staff yang bekerja pada level menengah dan senior bisa digaji sebesar Rp 30 juta per bulannya.

9. Marketing

Hampir semua industri membutuhkan ahli sales, marketing dan advertising, misalnya saja industri yang bergerak di bidang ritel, elektronik, F&B, telekomunikasi dan masih banyak lagi.

Walaupun sering dianggap sebagai pekerjaan yang sepele, namun ternyata gaji profesi ini bisa mencapai angka Rp 10 juta per bulannya. Bahkan, mereka yang merupakan seorang profesional dalam bidang ini bisa memiliki penghasilan yang mencapai Rp 40 juta per bulan.

10. Direktur Keuangan

Profesi lainnya yang bisa memberikan Anda gaji yang besar adalah direktur keuangan. Profesi ini bisa mendapat penghasilan hingga Rp 300 juta per bulannya. Sementara itu posisi general manager keuangan misalnya, bisa memperoleh gaji yang berkisar antara Rp 60 – 80 juta per bulan.

Sumber:
GlobalIndonesianVoices: 10 Highest Paid Jobs in Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *