Inilah Daftar Golongan dan Pangkat PNS

golongan dan pangkat pns

Di Indonesia, menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak, selain menjadi pelayan negara, mereka yang merupakan seorang PNS bisa mendapatkan berbagai fasilitas dan tunjangan yang diberikan oleh negara.

Sebut saja seperti tunjangan untuk anak dan istri, jaminan pensiun, jam kerja yang lebih singkat (dibandingkan karyawan swasta) dan sebagainya. Puluhan ribu orang, khususnya anak muda saling berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai seorang PNS.

Sedikit berbeda dengan karyawan swasta, sebelum melakukan tugasnya, PNS akan diangkat oleh pejabat yang berwenang. Mereka kemudian diberikan tugas dalam suatu jabatan negeri atau mengemban tugas negara lainnya.

Apa Saja Pangkat PNS Per Golongan?

Ada banyak pangkat per golongan bagi PNS di dalam instansi pemerintahan yang dibedakan dengan nama III/C, II/A, II/B dan lainnya. Golongan tersebut disesuaikan dengan jabatan masing-masing, prestasi ataupun masa kerja yang telah ditempuh.

Jika Anda tertarik memasuki dunia kerja dalam instansi pemerintahan, ketahui dahulu perbedaan pangkat PNS per golongan yang ada di Indonesia:

GolonganNama Pangkat
GOLONGAN I (Juru)
I AJuru Muda
I BJuru Muda Tingkat 1
I CJuru
I DJuru Tingkat 1
GOLONGAN II (Pengatur)
II APengatur Muda
II BPengatur Muda Tingkat 1
II CPengatur
II DPengatur Tingkat 1
GOLONGAN III (Penata)
III APenata Muda
III BPenata Muda Tingkat 1
III CPenata
III DPenata Tingkat 1
GOLONGAN IV (Pembina)
IV APembina
IV BPembina Tingkat 1
IV CPembina Utama Muda
IV DPembina Utama Madya
IV EPembina Utama
Baca juga:  Informasi Peraturan THR (Tunjangan Hari Raya)

Ada banyak sekali jabatan atau posisi yang bisa Anda dapatkan dalam keseluruhan golongan tersebut sesuai dengan penempatan daerah dan golongan Anda berada, seperti di bawah ini:

pangkat pns per golonganvia: id.wikipedia.org

Lain halnya dengan golongan dan pangkat PNS yang telah diatur dalam perundang-undangan, pengelompokan atau pemberian jabatan pada perusahaan swasta disesuaikan dengan peraturan masing-masing perusahaan.

Promosi atau kenaikan jabatan dalam perusahaan swasta pun tak bergantung pada lama waktu seseorang bekerja pada perusahaan tersebut seperti halnya pada PNS.

Melainkan diputuskan dari penilaian terhadap prestasi dan perkembangan yang dilakukan oleh setiap karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *