Inilah 6 Hal yang Diinginkan Karyawan di Tempat Kerja

hal yang diinginkan karyawan

Sebagai pemilik perusahaan, salah satu tugas Anda adalah mencari tahu apa kebutuhan dan keinginan karyawan dalam mendukung pekerjaan mereka. Mungkin Anda berpikir mengenai promosi, kenaikan gaji atau cuti, namun tidak hanya hal itu saja.

Setidaknya ada enam hal yang diinginkan karyawan di tempat kerja mereka agar bisa mencapai tujuan perusahaan:

1. Mentor

Satu hal yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan oleh karyawan Anda adalah mentor. Karyawan ingin merasa ada orang yang bisa menerima pemikiran mereka, seseorang yang bisa mereka pelajari (role model), seseorang yang mendorong mereka dan seseorang untuk menunjukkan talenta mereka.

Hal ini adalah bagian yang sangat penting dalam pengembangan karir dan kesuksesan karyawan dan perusahaan secara keseluruhan.

Berdasarkan survei terhadap 500 eksekutif Fortune, 96% dari mereka mengatakan bahwa mentoring merupakan alat pengembangan yang penting, dan 75% mengatakan bahwa mentor memainkan peran kunci dalam kesuksesan karir pribadi mereka.

Jika kondisi Anda tidak memungkinkan untuk menjadi mentor bagi semua karyawan, pastikan Anda menghubungkan mereka dengan orang lain di organisasi Anda yang dapat menjadi mentor. Misalnya seperti seorang manajer, karyawan yang lebih berpengalaman, atau kepala departemen yang berbeda.

Selain itu, luangkan waktu untuk membuat program mentoring yang formal sebagai cara membantu karyawan dalam mengembangkan talenta mereka.

2. Pendidikan

Karyawan ingin diberikan kesempatan mendapatkan pendidikan saat mereka bekerja untuk Anda.

Sebagian besar karyawan tidak ingin merasa seperti terjebak dalam pekerjaan yang tidak membuat mereka berkembang dengan cepat. Sebaliknya, mereka ingin merasa seperti sedang belajar dan tumbuh dengan cara yang akan membantu karir mereka.

Baca juga:  6 Kendala yang Sering Dihadapi Karyawan Baru

Untuk mendidik karyawan, Anda dapat menjadwalkan pelatihan atau sesi belajar satu per satu dengan mereka. Anda juga bisa mendaftarkan mereka untuk mengikuti kursus online gratis, mengajaknya ke pameran atau seminar.

Bahkan ada perusahaan yang menawarkan karyawannya untuk melanjutkan pendidikan mereka dengan biaya dari perusahaan.

Bila Anda meluangkan waktu untuk berinvestasi dalam kesuksesan dan pertumbuhan karyawan Anda, mereka menjadi lebih berkomitmen untuk berinvestasi dan membantu kesuksesan dan pertumbuhan bisnis Anda.

3. Transparansi

Karyawan ingin merasa seperti mereka tahu dengan segala hal yang terjadi dengan perusahaan tempat mereka bekerja. Misalnya apakah target per bulannya tercapai, perubahan apa yang sedang terjadi, produk apa yang akan diluncurkan berikutnya dan sebagainya.

Anda mungkin tidak bisa atau tidak mau membagikan semua rahasia perusahaan, dan hal itu wajar. Anda dapat bersikap transparan tanpa harus memberitahukan detail informasi yang benar-benar rahasia.

Berbagi cerita dan informasi lainnya untuk memberi tahu karyawan bahwa Anda bersedia bersikap transparan terhadap mereka.

Untuk memulainya, minta karyawan untuk ikut serta dalam semua pertemuan tim untuk berpartisipasi memberikan pendapat dan ikut berdiskusi. Atau bicarakan kemajuan maupun masalah yang sedang dihadapi perusahaan.

4. Komunikasi dan Apresiasi

Karyawan ingin agar Anda menghargai masukan mereka seakan-akan mereka adalah orang kepercayaan Anda. Mereka ingin Anda bertanya mengenai pendapat akan sesuatu, kebutuhan mereka ataupun hal-hal sederhana lainnya.

Baca juga:  7 Penyebab Iklan Lowongan Kerja Sepi Peminat

Sebagai pebisnis, penting untuk meluangkan waktu dan berkomunikasi dengan baik dengan karyawan Anda untuk mengetahui pemikiran mereka.

Dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa karyawan memiliki banyak informasi untuk dibagikan yang dapat membantu Anda melakukan perubahan atau penyempurnaan yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda.

5. Tujuan

Tidak hanya bagi Anda, tapi tujuan perusahaan juga penting bagi karyawan Anda. Selain ingin merasa bangga terhadap perusahaan, karyawan ingin merasa menjadi bagian dari suksesnya tujuan yang dicapai.

Selain gaji atau keamanan, karyawan ingin merasa perusahaan tempat mereka bekerja tidak hanya untuk mencari uang saja. Melainkan mereka ingin bekerja di tempat yang benar-benar peduli dengan pelanggan dan yang mampu membawa perubahan bagi dunia. Mereka ingin membantu perusahaan mencapai hal tersebut.

Untuk membantu karyawan Anda merasa memiliki tujuan, tanyakan kepada mereka apa yang mereka minati, lalu cari tahu bagaimana Anda bisa mengikutsertakannya dalam peran mereka.

6. Teknologi

Karyawan Anda juga menginginkan akses ke teknologi dan peralatan yang membuat pekerjaan mereka lebih mudah. Ada banyak alat di luar sana yang dapat membantu untuk mengurangi skala beban proses kerja, memperbaiki proses kerja dan mengotomatisasi pekerjaan tertentu.

Misalnya saja membantu tim HRD mengelola karyawan dengan menggunakan aplikasi human resource information system (HRIS).

Sumber:
WhenIWork: What Your Employees Really Want From You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *