4 Alasan Mengapa HR Jadi Kunci Sukses Perusahaan

Back to Blog
manajer hr sukses

Kata-kata human resource memang belum terlalu populer di telinga masyarakat Indonesia jika dibandingkan dengan Human Resource Development (HRD). Keduanya memang mempunyai arti yang sama, tetapi secara maksudnya jelas berbeda.

Tidak semua perusahaan mempunyai HRD, tetapi semua perusahaan pasti mempunyai human resource (HR). HR adalah salah satu pondasi agar sebuah perusahaan bisa terus berjalan dan mencapai target-target yang telah ditentukan sebelumnya.

Di dalam artikel kali ini, kita akan mencoba membahas mengapa HR bisa jadi kunci sukses sebuah perusahaan. Simak di sini, ya.

Membuat budaya perusahaan yang baik

Apakah Anda tahu bahwa setiap perusahaan besar di dunia pasti mempunyai budaya perusahaan yang sangat baik? Google, mislanya, sebagai perusahaan terbesar di dunia tentu mempunyai deretan karyawan yang terbaik di antara yang terbaik.

Sekarang coba bayangkan bagaimana jika Google tidak bisa membuat budaya perusahaan yang baik. Google merupakan salah satu pioner perusahaan yang membuat kantornya dog-friendly, ramah lingkungan, dan terdapat ruangan khusus untuk beristirahat.

Walaupun Anda tidak mempunyai tim HR sendiri, perusahan bisa membuat budaya perusahaan sejak dini. Pertama, ajarkan visi misi perusahaan ketika ada karyawan baru.

Baca juga:  Apa itu Payroll Software? Pengertian dan Manfaat

Kedua, Anda bisa mengajarkan kebiasaan yang baik agar karyawan betah dan bisa diajak kerja sama. Selain itu, Anda juga bisa mencicil untuk memberikan fasilitas yang menarik bagi karyawan.

Membagi jenis pekerjaan dengan tepat

Tugas HR selanjutnya adalah membagi jenis pekerjaan dengan tepat. Ini adalah hal yang paling sederhana dan sering dilupakan oleh para pemilik perusahaan. Terkadang mereka tidak bisa mengetahui dengan pasti apa jenis pekerjaan yang tepat untuk seorang karyawan.

Nah, dengan memiliki tim HR dan strategi HR yang tepat, Anda bisa mempunyai prioritas bagian perusahaan mana yang harus segera diisi. Dan bagaimana rencana setiap karyawan ke depannya, apakah akan naik pangkat atau dipindah ke divisi lain.

Mengerti setiap karyawan

Mungkin ketika perusahaan yang Anda pimpin hanya mempunyai sekitar 5-7 karyawan, Anda merasa tidak perlu repot-repot mengetahui bagaimana tipe setiap karyawannya.

Tetapi bagaimana jika Anda mempunyai karyawan lebih dari 20 atau bahkan 50? Anda bisa membentuk tim HR yang terdiri dari manajer level, sampai supervisor. Tugas mereka adalah mengetahui bagaimana sifat dan kelebihan masing-masing karyawan.

Selanjutnya Anda harus melakukan meeting bulanan atau minimal enam bulan sekali untuk melihat bagaimana kondisi setiap karyawan.

Baca juga:  Cara Memilih Software HR Terbaik untuk Perusahaan

Dari situ Anda akan mengetahui apakah ada karyawan yang tidak tepat posisinya, karyawan yang berpotensi lebih, dan karyawan yang kinerjanya tidak terlalu bagus.

Mengetahui kapan sebaiknya perusahaan butuh karyawan

Sama seperti poin sebelumnya, setelah Anda mempunyai tim HR sendiri, mereka bisa melakukan pengambilan keputusan seperti kapan sebaiknya divisi mereka membutuhkan karyawan baru.

Dengan meeting regular yang Anda lakukan setiap bulan atau bahkan setiap minggu, Anda akan dengan mudah mengetahui divisi mana yang sedang butuh bantuan atau bahkan membutuhkan karyawan baru.

Dengan begini, Anda tidak perlu takut pekerjaan menumpuk yang bakal merugikan perusahaan Anda.

Itulah empat alasan mengapa HR bakal sangat membantu perusahaan Anda untuk mencapai tujuan bersama. Walaupun Anda tidak mempunyai tim HRD sendiri, bukan berarti tidak bisa membuat tim HR.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk lebih maju lagi dalam membangun perusahaan.

Sumber:
Entrepreneur: 3 Reasons Why HR is Critical to Your Company’s Success

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog