8 Tanda HR manager yang Buruk Ada di Tempat Kerja Anda

Dalam setiap pekerjaan, akan ada masanya Anda harus berurusan dengan bagian HR (human resource).

Contohnya, saat Anda adalah karyawan baru dan membutuhkan kontrak kerja, atau saat Anda menginginkan naik gaji, Anda pasti memerlukan bantuan HR.

Sayangnya, tidak semua HR manager bisa diajak kerjasama. Berikut 8 (delapan) tanda yang menunjukkan HR manager yang buruk berada di tempat kerja Anda

Aplikasi HR Berbasis Cloud KaryaOne

Tidak up-to-date dengan peraturan terbaru Negara

Setiap Negara pasti memiliki peraturan mengenai ketenagakerjaan. Begitu pun dengan Indonesia, UU Ketenagakerjaan harus selalu HR manager perhatikan agar karyawan dan perusahaan sama-sama tidak dirugikan.

Namun jika HR manager Anda tidak mengikuti perkembangan UU Ketenagakerjaan, maka bisa dibilang HR manager Anda termasuk dalam HR manager yang buruk.

Hal ini karena HR manager termasuk lalai dengan tugasnya dan cenderung tidak peduli dengan kesejahteraan karyawan dan perusahaan.

Mencalonkan kandidat yang tidak sesuai dengan standar perusahaan

Jika Anda bekerja di bagian HR, maka Anda akan dibawahi oleh seorang HR manager. HR manager lah yang mempunyai wewenang untuk memilih kandidat karyawan baru yang akan memasuki tahap interview perusahaan.

Namun, HR manager yang buruk adalah yang selalu memberikan kandidat karyawan yang buruk untuk masuk ke tahap interview.

Hal ini akan berpengaruh buruk ke perusahaan karena karyawan yang kurang berkualitas akan menghambat kinerja dan progres perusahaan menuju ke arah yang lebih baik.

Tidak peduli mengenai pekerjaan karyawan

HR manager buruk adalah mereka yang tidak mengetahui bagaimana perusahaan bekerja dan beroperasi.

Ditambah lagi jika HR manager tersebut tidak memperhatikan komplain dan kebutuhan karyawan yang akan membantu menaikkan performa perusahaan.

HR manager yang buruk adalah yang tidak peduli dengan kondisi keseluruhan karyawan dan perusahaan.

Tipikal “Yes Man”, termasuk pada keputusan buruk

HR manager yang baik adalah mereka yang berpihak kepada segala sesuatu yang berkaitan dengan produktivitas perusahaan serta pengembangan karyawan.

Jika dilihat dari sisi ini, karyawan jelas memegang peranan penting dalam jalannya perusahaan.

Namun jika HR manager selalu setuju dengan setiap langkah yang karyawan lakukan, bahkan ke keputusan-keputusan yang merugikan perusahaan, hal tersebut justru ciri-ciri HR manager yang buruk.

Tidak menyetujui pengecualian

Perusahaan akan selalu memiliki peraturannya tersendiri yang harus ditaati oleh semua bagian di dalam perusahaan.

Namun, dalam setiap perusahaan akan selalu ada pengecualian yang bisa dimaklumi dan didiskusikan.

Jika HR manager Anda termasuk yang tidak dapat memberi dan memahami pengecualian untuk beberapa aturan perusahaan, maka HR manager Anda bisa termasuk ke dalam golongan HR manager yang buruk.

Membela diri atas kesalahan yang dibuat sendiri

Sama seperti karyawan lainnya, HR manager juga bisa membuat kesalahan.

Namun, jika HR manager Anda termasuk yang membela diri dan memperbaiki kesalahannya sendiri padahal kondisi keseluruhan sedang kacau, maka HR manager Anda adalah manager yang buruk.

Hal ini akan semakin buruk jika kesalahan yang dia buat disalahkan ke orang lain atau ia tidak menyadari bahwa itu adalah kesalahan yang dia buat.

Tidak memecat karyawan toxic

Menjadi HR manager membutuhkan sikap tegas namun bijaksana. Contohnya saja saat ada karyawan yang toxic.

Alih-alih memberinya surat peringatan atau memecatnya, HR manager seringkali justru menunggu hingga karyawan tersebut keluar dengan sendirinya.

Lebih buruk lagi jika ia memutuskan untuk memindahkannya ke departemen lain. Memecat seorang karyawan memang bukan perkara mudah.

Namun jika berkaitan dengan performa tim dan perusahaan, menindak tegas karyawan toxic adalah sebuah keharusan.

Membuat peraturan baru terus-menerus

HR manager yang buruk adalah yang mudah membuat peraturan baru sebagai satu-satunya solusi akan masalah yang terjadi.

Hal ini tidak akan baik bagi keberlangsungan perusahaan. Peraturan yang terus-menerus dibuat dan diganti akan membingungkan operasional perusahaan.

Itulah 8 (delapan) tanda HR manager buruk. Jika ada salah satu dari tanda-tanda yang dimiliki oleh HR manager Anda, ada baiknya Anda komunikasikan dengan HR manager tersebut atau pimpinan lain Anda secara langsung. Komunikasi yang baik akan mengurangi pandangan negatif Anda.

____________

KaryaOne adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

Banner KaryaOne - Solusi Manajemen Absensi, Penggajian dan Manajemen Kinerja Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *