Fitur HR Software Favorit Perusahaan Indonesia

hr software perusahaan

Tentu ada banyak pekerjaan dan tanggung jawab yang harus dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Berbicara mengenai tujuan perusahaan, aset terbesar dalam hal ini adalah para karyawan.

Namun, terus berkembangnya perusahaan, pengelolaan karyawan dengan jumlah yang sangat banyak bisa menjadi sebuah kesulitan bagi HRD (Human Resource Development).

Untuk memudahkan dan mempersingkat tugas-tugas HRD, perusahaan khususnya korporasi sebaiknya mempertimbangkan penggunaan HR software.

Jika masih belum terlalu mengenal sistem ini, berikut adalah beberapa keunggulan penggunaan HR software untuk perusahaan besar di Indonesia.

Menyelesaikan Tugas dengan Cepat

HR software memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai macam administrasi secara cepat dan efisien. Pasalnya, ada banyak fungsi atau fitur HR software yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan masing-masing kebutuhan perusahaan, apalagi jika dapat digunakan melalui perangkat mobile.

Berkomunikasi Secara Mudah

Tidak hanya media sosial atau online chat, HR software juga memungkinkan Anda untuk saling berkomunikasi antar rekan kerja dengan mudah. Misalnya, ketika seorang manajer ingin memberikan umpan balik bagi karyawan atau ketika ada karyawan yang ingin berdiskusi mengenai sesuatu dengan rekan timnya tanpa harus bertemu secara fisik.

Baca juga:  4 Alasan Anda Harus Menggunakan Aplikasi Absensi Karyawan

Fungsi HR software ini juga bisa menjadi sarana untuk pemberian reward kepada karyawan. Informasi mengenai reward bisa secara langsung tersebar luas bagi setiap karyawan lainnya dalam perusahaan terkait.

Mengelola Payroll, Absensi dan Penjadwalan

Agar tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga, Anda bisa menggunakan HR software untuk mengelola payroll, data absensi dan juga penjadwalan kerja seperti pengaturan shift.

Pekerjaan yang bisa dilakukan secara otomatis tersebut juga akan mengurangi eror dan misscommunications yang biasa terjadi ketika HRD mengolah banyak data karyawan secara manual.

Perekrutan dan Perencanaan Suksesi

Memiliki modul khusus proses rekrutmen akan memudahkan Anda dalam membuat informasi lowongan kerja hingga melakukan proses onboarding karyawan baru. Di samping itu, HR software juga membantu Anda untuk mempersiapkan karyawan berpotensi yang akan menempati posisi baru atau dipromosikan (perencanaan suksesi untuk karyawan).

Analytic Tool

Selain fitur untuk membuat report secara berkala, HR software juga bisa mendukung Anda dalam pengambilan keputusan dengan menyediakan data yang diperoleh dari hasil analytic tool. Data report bisa tersedia secara real-time dan mampu membantu perusahaan untuk menilai karyawan, mengelola jadwal lembur hingga mengurus aspek dalam bidang HR lainnya.

Baca juga:  Apa itu Payroll Software? Pengertian dan Manfaat

Database Karyawan

Tidak sedikit perusahaan yang memiliki kantor cabang di sejumlah daerah bahkan negara, misalnya saja Apple, Google, Facebook dan sebagainya. Dalam hal ini, HR software memungkinkan Anda untuk mengakses informasi mengenai seluruh database karyawan di manapun Anda berada.

Misalnya, Anda yang berada di kantor pusat bisa melihat informasi mengenai karyawan yang berada di kantor cabang kota/negara lain. Hal ini sangat berguna terlebih ketika Anda merupakan manajer atau pemilik perusahaan yang sering berada di luar kantor.

Sumber:
HRISPayrollSoftware: HR Software for Large Corporations

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *