Fitur Andalan HR Software yang Dibutuhkan UKM

hr software ukm

Kebutuhan HR software untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah) tentu berbeda dengan kebutuhan perusahaan besar. Biasanya, sektor UKM memiliki karyawan dengan tugas yang beragam, sehingga tidak ada beberapa karyawan dengan tugas atau jabatan yang sama.

Melihat hal ini, Anda sebagai pemilik UKM harus memilih HR software yang sesuai dan mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut. Pastikan HR software yang dipilih memiliki fitur atau fungsi yang bisa membantu berjalannya UKM Anda.

Di bawah ini merupakan beberapa fitur HR software yang cocok digunakan untuk UKM:

Manajemen Absensi dan Kehadiran

Semua bisnis, termasuk UKM memakan banyak waktu untuk mengurus data absensi dan kehadiran para karyawannya, termasuk menulis cek untuk payroll. Tetapi, dengan menerapkan HR software dengan fitur manajemen absensi dan kehadiran, pekerjaan Anda akan jauh lebih mudah dan cepat dilakukan.

Selain itu menyimpan semua data informasi karyawan dalam sistem memungkinkan Anda untuk menggunakannya ketika ingin melihat kedisiplinan karyawan.

Aksesibilitas Mobile

HR software yang bisa diakses melalui perangkat mobile tentu saja memberi keuntungan bagi bisnis UKM. Pasalnya, sektor bisnis UKM yang harus terus berkembang menuntut para manajer dan karyawan untuk sering pergi keluar kantor dan mempelajari pasar (salah satunya).

Baca juga:  4 Alasan Anda Harus Menggunakan Aplikasi Absensi Karyawan

Oleh karenanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai macam keperluan tanpa harus hadir di kantor secara fisik. Misalnya melihat jadwal, mengajukan izin/cuti, melihat informasi internal kantor dan sebagainya.

Manajemen Kepatuhan

HR software dapat mempermudah Anda untuk menyesuaikan proses berjalannya UKM Anda dengan peraturan pemerintah yang ada.

Pada dasarnya, HR software membantu Anda untuk melihat kepatuhan bisnis maupun karyawan terhadap peraturan yang ada dengan cara melihatnya dari informasi yang telah dikumpulkan.

Misalnya, penyesuaian gaji karyawan dengan UMP (Upah Minimum Provinsi), pemberian BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, peraturan umum perusahaan dan sebagainya.

Manajemen Perekrutan

Sering kali, UKM kesulitan untuk menjelaskan mengenai prosedur melamar kerja dan keuntungan yang bisa didapat para kandidat jika mereka direkrut. Pasalnya, tidak sedikit pemilik UKM yang belum berpengalaman maupun tidak memiliki waktu untuk menjelaskannya.

Sementara itu, terdapat HR software dengan fitur yang memungkinkan pelamar bisa mendaftar langsung ke UKM Anda sekaligus melihat apa saja keuntungan atau tunjangan yang ditawarkan.

Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Walaupun tidak semua bentuk bisnis membutuhkan HR software untuk membantu merancang pelatihan dan pengembangan karyawan, namun fitur ini cocok digunakan oleh sektor UKM.

Baca juga:  Keuntungan dan Manfaat HRIS Bagi Perusahaan

Program pelatihan dan pengembangan diri yang bisa diikuti karyawan dengan mudah melalui sistem HR software bisa mendorong potensi mereka demi mencapai tujuan bisnis Anda. Tingkat motivasi dan produktivitas karyawan dinilai akan bertambah dengan adanya kemudahan yang menguntungkan mereka ini.

Sumber:
HRISPayrollSoftware: HRIS Software for Small Businesses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *