Cara Menemukan Ide Bisnis yang Untung dari Niche

ide bisnis

IDE BISNIS – Sedang mencari ide bisnis yang pas tapi belum ketemu-ketemu mana yang cocok?

Mungkin Anda perlu menganalisisnya dari niche market lebih dulu. Apa itu niche market dan bagaimana cara menentukannya, simak ulasannya berikut ini!

software untuk mengukur kinerja karyawan

Apa Itu Niche Market?

Niche market merupakan target atau segmen pasar yang cakupannya spesifik.

Misalnya seperti ini, Anda memiliki ide bisnis untuk berdagang tas, kalau berbicara soal niche marketnya, maka akan membahas ke bagian yang lebih spesifiknya.

Bagaimana menemukan bagian yang lebih spesifik?

Karena market kita tentunya adalah manusia, maka Anda bisa merinci apa saja yang ada pada manusia. Misalnya umur, jenis kelamin, pekerjaan, hobi, gaya hidup, penghasilan, tempat tinggal, alat transportasi.

Setelah mengumpulkan rincian ini, Anda dapat lebih mendetailkan rincian tersebut. Sebagai contoh, anggap saja Anda memilih hobi.

Hobi ada apa saja? Beberapa yang terpikirkan oleh kita mungkin travelling, memancing, menulis, main game, olah raga. Dari semua hobi tersebut hobi mana yang paling membutuhkan tas?

Kira-kira travelling selalu butuh tas. Lalu Anda bisa merinci lagi dari proses travelling. Orang-orang yang suka jalan-jalan ke kota besar di luar negeri.

Orang yang ingin berpetualang tanpa beban. Orang yang ingin ke gunung, ke pantai, snorkeling, ke hutan, ke tempat bersalju.

Dari sini kita bisa melihat bahwa market travelling pun cukup luas. Anda bisa menciptakan berbagai jenis produk untuk setiap jenis travelingnya.

Orang yang berpetualang tanpa beban tentunya memerlukan tas yang ringan, nyaman dengan desain yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Mungkin Anda bisa membuat tas ransel dengan model khusus.

Orang yang suka melihat kota-kota besar mungkin akan lebih memilih koper stylish yang nyaman dan praktis. Tas koper ini juga bisa dipadukan dengan tas kecil dengan tema desain yang mirip.

Selain menggunakan niche market sebelum menentukan ide bisnis, Anda juga bisa menggunakan diversified market dan mass market.

Diversified market merupakan segmentasi pelanggan berdasarkan tingkat kebutuhan dan keinginannya.

Jenis-jenis pelanggan seperti ini bisa Anda temukan di platform-platform e-commerce ternama yang ada di Indonesia.

Di tempat tersebut, pelanggan akan membeli berbagai jenis produk yang berbeda dan berdasarkan dengan apa yang mereka butuhkan.

Mass market yang merupakan kebalikan dari niche market.

Apa yang membuat niche market dan mass market berbeda? Jawabannya sederhana yaitu terletak pada ukuran dari target pasarnya.

Mass market sudah jelas memiliki target pasar yang luas dan sifatnya heterogen. Sedangkan niche market sifatnya lebih spesifik dan khusus.

Namun pertanyaannya, mengapa niche market harus ditentukan lebih dulu sebelum mencari ide bisnis yang cocok?

Apa Pentingnya Niche Market?

Ketika ingin menemukan ide bisnis yang tepat, maka ada peran penting niche market di dalamnya.

Niche market berperan penting dalam menyokong keberlangsungan dari perusahaan startup atau bisnis yang nantinya akan Anda tekuni.

Namun selain itu, apalagi alasan yang membuat kalau niche market ini akan menjadi sangat-sangat penting?

Bisnis jadi lebih menonjol

Apapun ide bisnis yang dimiliki, jika Anda sudah menganalisis lebih dulu perihal niche marketnya, maka dapat dipastikan kalau usaha yang digeluti pasti akan cenderung memiliki ciri khas dan lebih mudah untuk diingat konsumen.

Jika bisnis yang Anda geluti sudah lebih menonjol ketimbang yang lain, maka secara otomatis akan sangat membantu menarik klien dan pelanggan ideal untuk usaha Anda.

Ada peluang besar menaikkan harga

Menjalankan ide bisnis pada pasar yang segmentasinya lebih spesifik, Anda bisa menawarkan harga yang lebih tinggi, karena pelanggan cenderung akan kesulitan apa yang Anda jual di tempat manapun, sehingga mereka tidak akan punya pilihan untuk kembali lagi membeli di perusahaan Anda.

Membantu dalam mencari pelanggan setia

Ketika Anda sudah menganalisis niche market dari ide bisnis yang dimiliki, maka hal itu akan sangat membantu Anda dalam mencari pelanggan yang setia alias loyal terhadap usaha yang digeluti.

Semakin banyak pelanggan yang loyal dan setia pastinya akan menjadi kabar baik untuk Anda.

Kompetitor minim

Setelah menentukan niche market dari ide bisnis yang sudah dimiliki, maka keuntungan berikutnya yang akan Anda peroleh yaitu kompetitor Anda akan jauh lebih mini.

Semakin minim kompetitornya, maka akan semakin mudah usaha Anda untuk jauh lebih laris ketimbang usaha yang lain.

BACA JUGA : Bisnis Model Canvas dalam Perancangan Bisnis

Cara Menentukan Niche Market untuk Ide Bisnis

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menentukan niche market dari ide bisnis yang sudah miliki atau Anda sedang mencari ide usaha dari niche market, maka beginilah cara untuk menentukan niche market tersebut:

Mengidentifikasi apa yang disukai

Cara pertama untuk menemukan ide bisnis dari niche market yaitu dengan mencari tahu apa yang sebenarnya Anda sukai.

Langkah pertama untuk mengetahui apa yang sebenarnya Anda suka yaitu dengan mendaftarkan 10 topik soal apa yang menjadi ketertarikan dan minat Anda.

Melalui cara seperti ini, maka Anda bisa membuka jalan menemukan niche marketnya dari usaha yang akan digeluti.

Pertanyaannya sederhana apa yang membuat hal tersebut harus berdasarkan pada apa yang Anda suka?

Sederhana, pada saat Anda tidak memiliki ketertarikan dan minat sama sekali pada ide usaha yang akan mulai dirintis, maka kecenderungan untuk berhenti di tengah jalan maka akan cenderung besar.

Sebaliknya, ketika Anda memiliki ketertarikan dan minat maka kemungkinan-kemungkinan terburuk akan jauh lebih bisa diminimalisir.

Produk atau layanan yang ditawarkan harus unik

Apapun ide bisnis yang akan dilakoni, tidak memiliki pesaing pastinya akan memberikan kemudahan tersendiri, dibandingkan ketika Anda harus bertarung dengan para kompetitor yang pastinya akan jauh lebih sulit dari yang bayangan.

Maka dari itu, Anda harus bisa menemukan ide usaha apa yang kira-kira unik alias beda dari yang lain, tetapi banyak orang yang membutuhkan.

Dengan cara seperti ini, maka pasti akan memberikan kemudahan bagi Anda di masa depan dalam menjalankan roda bisnis yang ditekuni.

Bagaimana menambahkan keunikan pada produk Anda?

Tips agar bisa menemukan ide bisnis mengenai penjualan produk atau layanan yang unik, maka Anda butuh melakukan survey lebih dulu mengenai apa kebutuhan hidup yang penting tetapi belum bisa terpenuhi hingga saat ini.

Misalnya seperti contoh tas tadi. Anda yang suka travelling menggunakan pesawat dan selalu menggunakan tas koper kecil agar bisa disimpan di kabin.

Namun Anda menyadari bahwa koper Anda sering ditolak masuk kabin karena berat melebihi aturan max yang ditetapkan, misalnya 7 kg.

Anda merasa kesulitan harus menimbang koper setiap kali bepergian. Sebagai solusi dari masalah ini, Anda pun menciptakan koper yang dapat menimbang dirinya sendiri.

Produk baru ini dapat menjadi ciri khas brand tas Anda, dan pastinya akan dicari banyak orang. Solusi dari masalah merupakan sumber untuk menciptakan keunikan produk.

Mencari tahu soal kompetitor

Meskipun ide bisnis yang akhirnya akan dipilih adalah lini bisnis yang tidak memiliki pesaing, tetapi kehadiran kompetitor nyatanya tidak akan memberikan dampak yang buruk untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Sebelum menghadapi kompetitor, sangat penting bagi Anda untuk melakukan analisis secara menyeluruh soal calon kompetitor di bisnis Anda.

Kemudian dilihat, apakah tetap ada peluang yang menonjol di tengah kebanyakan orang.

Anda bisa menggunakan tools seperti Google Keyword Planner hingga Google Trends untuk mencari tahu manakah pesaing yang nantinya akan menjadi pesaing paling potensial.

Selanjutnya, Anda hanya perlu untuk mengeksplorasi produk-produk terlaris yang banyak dicari konsumen dan melihat apakah sebagai seorang pengusaha, Anda bisa mendapatkan kriteria yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Anda.

Memastikan niche akan memberikan keuntungan

Hal berikutnya yang tidak boleh lupa untuk dilakukan yaitu pada saat sudah menentukan produk atau layanan apa yang akan dijual, maka Anda harus mengetahui keuntungan yang nantinya bisa didapatkan melalui ide usaha yang dimiliki.

Apabila produk atau layanan yang Anda miliki dengan kompetitor sejenis, maka cobalah untuk membandingkannya dengan punya kompetitor.

Apabila niche market dari ide yang Anda miliki memang unik dan menjadi yang pertama, maka Anda harus banyak melakukan riset soal apa-apa sana yang akan menarik minat calon pelanggan.

Sebaliknya, apabila tidak ada, maka Anda harus mundur dari ide tersebut, jadi berusaha menemukan ide yang baru.

Melakukan uji coba

Hal berikutnya yang harus dilakukan tentu saja melakukan uji coba ide tersebut. Salah satu cara untuk melakukan uji coba adalah Anda bisa menyediakan website khusus untuk pre-order produk atau jasa yang ditawarkan.

Anda dapat memberikan harga khusus pre-order sebagai daya tarik juga. Apakah orang-orang akan tertarik dengan harga dan keunikan yang produk Anda tawarkan? Jika ada banyak, berapa banyak orang yang tertarik.

Anda juga dapat membuat kolom tanya jawab untuk melihat apa yang diharapkan oleh calon konsumen Anda.

Contohnya terraplanter, meskipun produk ini cukup unik, pembuatnya tidak merasa sangat percaya diri dengan memproduksi banyak unit dan menjual dengan harga tinggi.

Namun mereka membuat sebuah landing page di kickstarter.com yang menampilkan penjelasan produk secara detail, lalu memberikan penawaran pre order dengan berbagai harga mulai dari 2000 pembeli pertama, pembelian 2,3,4,5 pcs sekaligus juga diberikan harga normal.

Website kickstarter juga memberikan fasilitas tanya jawab, update proyek, komentar dan komunitas yang mendukung agar segera dibuat produk tersebut.

Menurut informasi di kickstarter, proyek terraplanter ini dimulai pada tahun 2018 hanya dengan prototype saja.

Hingga akhirnya selesai pada tahun 2020 dengan jumlah pemesanan lebih dari 50.000 dan nilai penjualannya mencapai 6,3 juta dolar.

Anda bisa lihat selengkapnya di sini : https://www.kickstarter.com/projects/terraplanter/terra-planter-the-inside-out-hydroponic-planter-pot/description

Apabila percobaan pertama tidak memberikan hasil yang memuaskan, maka Anda tidak boleh pesimis, karena untuk menjadi seorang pebisnis sukses dibutuhkan sifat yang pantang menyerah.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai niche market, selamat berbisnis, semoga beruntung!

 

Aplikasi HR Berbasis Cloud KaryaOne

Ide Bisnis – KaryaOne

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *